Tuesday, February 10, 2009

Rencong...Senjata pusaka Rakyat Aceh

Rencong atau Rincong atau Rintjoeng adalah senjata pusaka bagi rakyat Aceh dan merupakan simbol keberanian,keperkasaan,pertahanan diri dan kepahlawanan aceh dari abad ke abad.


Menurut salah satu sumber Rencong telah dikenal pada awal Islam Kesultanan di abad ke-13.

DIjaman Kerajaan Aceh Darussalam rencong ini tidak pernah lepas dari hampir setiap pinggang ( selalu diselipkan dipinggang depan ) rakyat Aceh yang rata-rata punya keberanian luar biasa baik pria maupun wanita karena rencong ini bagi orang Aceh ibarat tentara dengan bedilnya yang merupakan simbol keberanian,kebesaran,ketinggian martabat dan keperkasaan orang Aceh sehingga orang-orang portugis atau portugal harus berpikir panjang untuk mendekati orang Aceh.di masa ini Rencong mempunyai tingkatan yang menjadi ciri khas strata nasyarakat, untuk seorang Raj/Sulthan dan Ratu/Sulthanah untuk sarungnya terbuat dari gading dan untuk belatinya terbuat dari emas hingga sampai ke strata masyarakat bawah untuk sarung terbuat dari dari tanduk kerbau ataupun kayu dan untuk belati terbuat dari kuningan atau besi putih tergantung kemampuan ekonomi masing-masing.

Aceh sebagai sebuah kekuatan militer penting di dunia Melayu, dengan persenjataan yang sangat penting. Karena hubungan internasional dengan dunia barat, bentuk rencong juga mulai mengikuti perkembangannya, terutama Turki dan anak benua India.Rencong juga mempunyai kesamaan dengan blade yang dipakai oleh prajurit Turki di masa Sulthan Mahmud kerajaan Ottoman Turki dan juga Mughal scimitar dari beberapa orang dengan gaya rapiers dan daggers ( bahasa bule ) yang bergantung gantung dari ikat pinggangdi tembok gantung Madras, India tahun 1610-1620.

sumber Belanda Yang merujuk pada persenjataan Acehdi abad ke 14. Contoh persenjataan ini dapat dilihat dalam ilustrasi buku baik pada perang kolonial Belanda yang dihasilkan oleh Pusat Data Dokumentasi dan di Aceh pada tahun 1977.

Sebuah majalah artikel populer yang menyatakan bahwa bentuk rencong itu invented di Aceh pada abad 16 pada jaman Sultan AI Kahar,Sultan yang mempunyai hubungan dekat dengan Khalifah Turki Ottoman,disaat meminta bantuan untuk menyerang Portugis.

Menurut salah satu sumber juga,Pada abad ke 18 Tokoh pahlawan sastra Pocut Muhammad untuk memerintahkan membuat rencong sebanyak-banyak karena persediaan baja yang menumpuk,rencong ini dapat dilihat di Museum Praha, Ceko.Rencong yang paling berharga dari abad ke 19 dengan ukiran huruf Arab ada di museum Jakarta .

Di masa lalu,simbolisme Islam dari rencong telah dihubungkan dengan Perang Suci atau jihad.dengan kekuatan senjata ditangan dan keyakinan pada kuasa Allah. Rencong seperti memiliki kekuatan yang ghaib.sehingga si masyarakat Aceh sangat terkenal pepatah :

"Tatob ngon reuncong jeuet Ion peu-ubat, nyang saket yang tapansie Haba."

Di masa Aceh mengusir Portugis dari seluruh tanah sumatra dan tanah malaka serta masa penjajahan Belanda rencong merupakan senjata yang mematikan disamping pedang dan bedil yang digunakan di medan perang, tidak hanya oleh para Sulthan,Laksamana,Pang, Pang sagoe, Uleebalang,Teuku,Teungku Agam,Sayed,HabibCut Ampon ,Cut Abang ( para kaum pria ) namun juga oleh Teungku Inong,Syarifah,Cut Kak, Cut Adoe,Cut Putroe, Cut Nyak ( kaum wanita ). Senjata ini diselipkan di pinggang depan setiap pria dan wanita perkasa Aceh sebagai penanda Keperkasaan dan ketinggian martabat, sekaligus simbol pertahanan diri, keberanian, kebesaran, dan kepahlawanan ketika melawan penjajah Belanda.

Dalam perjuangan dan pertempuran melawan Portugis dan Belanda, sejarah mencatat nama-nama besar pahlawan-pahlawan dan srikandi Aceh, seperti Tgk Umar,Panglima Polem,Teungku Chik Ditiro, Laksamana Malahayati,Pocut Meurah Intan, Pocut Baren, Cut Nyak Dhien, Cut Meutia, dan Teungku Fakinah yang tidak melepaskan rencong dari pinggangnya.

Rencong memiliki makna filosofi religius dan keislaman, Gagangnya yang berbetuk huruf Arab diambil dari padanan kata Bismillah. Padanan kata itu bisa dilihat pada gagang yang melekuk kemudian menebal pada bagian sikunya. Gagang rencong berbentuk huruf BA,gagang tempat genggaman merupakan aksara SIN, lancip yang menurun ke bawah pada pangkal besi dekat gagangnya merupakan aksara MIM, Pangkal besi lancip di dekat gagang yang erupai lajur-lajur besi dari pangkal gagang hingga dekat ujungnya melambangkan aksara LAM ,Bagian bawah sarung memiliki bentuk huruf HA, sehingga keseluruhan hurup "BA, SIN, MIM, LAM, HA", susunan huruf yang terbaca membentuk kalimat Bismillah.Ini merupakan lambang yang memperlihatkan karakteristik masyarakat Aceh yang sangat berpegang teguh pada kemuliaan ajaran Islam.












Secara umum rencong atau Rincong yang menjadi senjata andalan dalam sejarah masyarakat Aceh dikenal, ad
a 5 macam yaitu :

- RIncong Meucugek :

Mengapa disebut rincong meucugek karena pada gagang rencong tersebut terdapat suatu cugek atau meucugek ( dalam istilah Aceh )seperti bentuk panahan dan perekat.

















































- Rincong Pudoi :
Dalam masyarakat Aceh istilah pudoi berarti belum sempurna alias masih ada kekurangan. kekurangannya dapat dilihat pada bentuk gagang rencong tersebut.

- Rincong Meupucok :
Keunikan dari Rincong ini memiliki pucuk di atas gagangnya yang terbuat dari ukiran dari gading atau emas. Bagian pangkal gagang dihiasi emas bermotif pucok rebung/tumpal yang diberi permata ditampuk gagang,keseluruhan panjang rencong ini lebih kurang 30 cm.bilah terbuat dari besi putih.sarungnya dibuat dari gading serta diberi ikatan dengan emas.

-Rincong puntong
Keunikan dari Rincong puntong pada Hulu Puntung, dengan belati yang ditempa dengan loga, kepala Rencong dari tanduk kerbau dan sarung dari kayu.












































- Rincong Meukure:
Rincong ini mempunyai perbedaa dengan yang lain pada mata rincong yang diberi hiasan tertentu seperti gambar bunga,ular,lipan dan sejenisnya.

seiring perjalanan waktu senjata Rencong semenjank Aceh bergabung dengan Indonesia sampai sekarang perlahan-perlahan pusaka ini berubah fungsi hanya menjadi barang suvernir atau cenderamata dan pelengkap pakaian adat Aceh pengantin pria.














Semoga Pemerintah daerah dapat menyelamatkan dan melestarikan asset sejarah Aceh dari abad ke abad ysng sangat berharga ini, kalau pusaka ini tidak berharga Aceh tidak akan digelar dengan ACEH TANOH RINCONG.












Artikel dan gambar dari berbagai sumber dalam dan luar negeri.

Related Posts by Categories



34 comments:

audy February 10, 2009 at 9:54 AM  

waah, thank u banget yaah infonya, dulu saya pernah dikasih rencong souvernir kecil, item...tapi ilang pas pindahan..hiks...btw...cara megang rencong tu ngadep ke mana yaah....

ilham maulana February 10, 2009 at 10:07 AM  

rencong memang benar2 unik dan mencerminkan aceh....

Baka Kelana February 10, 2009 at 10:12 AM  

@ audy :Berpedoman dari stilasi huruf Arab dan tradisi kami gagang rencong yang stilasi huruf "alif" yang menjadi pengait genggaman harus menhadap keatas, Tidak menghadap ke bawah seperti umunya senjata pusaka tradisional.

@ ilham maulana :Tidak ada di tempat lain Tgk Ilham..khusus di Tanoh Rincong

ipanks February 10, 2009 at 11:39 AM  

inilah keindahan rencong dari aceh.bagus banget gambarnya, jelas

Michael Risdianto February 10, 2009 at 12:17 PM  

Waktu mancing di Pulau Weh, sebelum saya kembali ke Jkt kawan-kawan saya di Banda Aceh memberi saya sebuah rencong sebagai tanda persaudaraan...

Atca February 10, 2009 at 12:56 PM  

wahh
keren2 ya rencongnya...mahal harganya bang?
hehehe sapa tau pengen beli buat koleksi..

gdenarayana February 10, 2009 at 2:45 PM  

wow, lengkap sekali infonya neh bang ;)

walah kirain rencong itu cuma satu jenis, ternyata ada macamnya juga :D

www.katobengke.com February 10, 2009 at 3:13 PM  

wah aq baru tahu tuh kalau rencong tuh ada unsur magicnya.......
wah pantasan pejuang2 aceh pada ditakuti pada zaman hindia belanda.......

www.katobengke.com February 10, 2009 at 11:53 PM  

artinya abang punya pisau juga yah...eehhh...rencong......
mau dong....kalau dikasih am abang....
heheh......

stainly February 11, 2009 at 12:51 AM  

tengkyu pak infornya ..
baru kali ini ngelihat bentuknya rencong

MATA HATI February 11, 2009 at 3:05 AM  

Bentuknya nyaris spt keris ya.. n filosofinya itu lho..seneng bs th lbh jauh..posting keren boz

suryaden February 11, 2009 at 3:51 AM  

saya pernah punya satu oleh-oleh dari aceh, sayang jatuh dimana nggak ketahuan... nyesel sekali sampe sekarang...

bunda February 11, 2009 at 7:29 AM  

bang ...saya senang baca postingan ini, teringat saya ketika peresmian Pupuk Iskandar Muda dan AAF mendapat souvenir dr Pak Bupati (Thayeb) saat itu. masih kusimpan dgn baik.

sudah sembuh kah MPnya abang?
tetap semangat ya bang

Erik February 14, 2009 at 2:29 PM  

Sejak SD saya sudah mendengar kata rencong, baru kali ini saya bisa melihat fotonya...

Lyla February 15, 2009 at 11:43 AM  

jadi inget pelajaran sejarah wkt masih sekolah suruh nyebutin senjata dari masing2 daerah... dulu hafal banget hehehe...

Yusa February 16, 2009 at 4:58 AM  

wah foto Mas Baka jadi lebih rapih sekarang hehehe...:D ..menarik membaca sejarah..

tengkuputeh February 17, 2009 at 10:02 PM  

Wah artikel yang lengkap Cut Bang...
Bagus utuk promosi dan menambah pengetahuan...
Oh ya, Abu usul ke depan Cut Bang Baka membahas tentang Tiwah, senjata ini belum terekspos oleh masyarakat di luar Aceh...

fahrisalakbar February 20, 2009 at 1:38 AM  

Teuman, pajan ta peureubah leumoe????
Nyoe nak peuget khanduri keu bandum awak nyoe.... :)

Alex February 23, 2009 at 10:23 AM  

Sekarang susah cari rencong yang asli untuk perang, untuk berantam. Yang buatannya bagus dari besi putih dan bukan kuningan utk souvenir :)

Mumang ulee meuputa-puta tamita rencong yang asli, yang khas untuk prang. Kalo utk souvenir leupah meuhambo.

bodrox February 23, 2009 at 8:38 PM  

kern yah, bentuk rencongnya. Ukirannya itu loh, dan juga 'shape' hulunya yang ganjil, pasti ada filosopinya.

oops hey March 15, 2009 at 10:07 PM  

bang... bisa pesen rincong ngga ?... serius ni.. kira2 harganya berapa ya?..

PutraAtjeh July 25, 2009 at 5:48 PM  

rincoeng lambang kekuatan aceh,pue na beutoi tgk?

Anonymous,  August 7, 2010 at 12:46 PM  

is speedily Links london Chainsapproaching and men across the earth will start stress out about it. links of london sweetie bracelet Choosing a Valentine's Gift can be somewhat grueling, friendship bracelets especially if she and you are entirely close and all you want to do is dash her sympathy during this unusual reason. links of london uk All you necessity is some planning, the little thoughts, and a whole lot of honey. links of london silver If you are mystified for an idea for the Valentines Day gift now then why not ponder a discount links of london section of .Links Of London Bracelet is the classic and thoughtful gift to believe, links of london bracelet sale however, this is regularly above people's budgets. When selecting cheap links of london bracelet Bracelet get something that she will like, attire and show off to her links. links of london bracelet uk If she never wears jewels then bountiful her a wristlet is a very discount links of london bracelets risky and inadvisable gift.

Anonymous,  August 23, 2010 at 11:16 AM  

When UGG Classic Tall moment in Classic Tall Boots time Classic Tall uggs pertains find ugg 5815 expensive jewelry regarding UGG Cardy Mother you'll notice Cardy Boots engagement rings is among the actual
Classic Tall uggs ideal presents you can actually produce your mother. You Cardy Ugg boots can find explanation Cardy uggs why folks should display his or her's mother's ugg 5819 with gifts. A birthday and mom's birthday are usually a couple of the extremely UGG Classic Short

Anonymous,  August 23, 2010 at 11:31 AM  

When UGG Classic Tall moment in Classic Tall Boots time Classic Tall uggs pertains find ugg 5815 expensive jewelry regarding UGG Cardy Mother you'll notice Cardy Boots engagement rings is among the actual
Classic Tall uggs ideal presents you can actually produce your mother. You Cardy Ugg boots can find explanation Cardy uggs why folks should display his or her's mother's ugg 5819 with gifts. A birthday and mom's birthday are usually a couple of the extremely UGG Classic Short

shopping blog September 2, 2010 at 8:35 AM  

The curve of pandora jewelry the end of the ironing board to Pandora charms act as the shoulder. Now, mist pandora bracelets and charms the shirt with your spray bottle and then buy Pandora you start ironing over the front of the discount pandora bracelets shirt. When you approach the part of Pandora necklace the shirt that has the buttons on the pandora necklace beads edges, you pull the bottom part of the shirt taught and then work against Pandora necklace sale the direction you are pulling at with the iron. Next you will then proceed to pull the shoulder taught by cheap pandora charms once again pulling the end of the shirt so that you can iron the front of the shirt where your pectoral muscles would be.

free credit report annual June 2, 2011 at 8:10 PM  

Telah upaya luar biasa untuk mempertahankan seperti retensi yang baik....

facebook marketing July 19, 2011 at 7:44 PM  

I think it such a long time that you have not update your site. I am waiting for your new post.

KI.SAMUDRA January 19, 2012 at 5:05 PM  

Makasih imponya...cuma kasih tau dong mahar jenis-jenis keris dan dimana dapat diperoleh..ditunggu broo

jual pusaka February 8, 2012 at 11:20 PM  

ingin memilki koleksi rencong asli aceh kira2 bisa di pesan dan terjamin keaslian nya yang bertuah di daerah mana ya pak??

Ebastian January 3, 2013 at 10:08 AM  

Bisa Nggak Saia Minta Tolong Di Kirimi Rencong yang Panjang Bilahnya 30 cm kalau ada yang lebih panjang lebih baik, kira2 berapa harganya dan biaya pengiriman sampai Denpasar-Bali

Ebastian
085857587060, 081805409277, dan 085238846838

http://www.anis-merah-bali.com

Post a Comment

“sekadar meluah rasa, melepas hasrat, melerai ragu. Andai sepi coretan ini, kesepianlah yang sedang bersarang di jiwa.Andai riang coretan ini,kerianganlah yan sedang bertakhta dihati. Mengikut rentak hidupku,musafir dibumi Ilahi. Semoga rahmat-Nya sentiasa memayungi kita bersama”.

Bila artikel ini bermamfaat , tinggalkan komentar kawan

Bergabung Yok...

My Blog List

Guestbook






  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008 Aceh Blogging

Back to TOP