Wednesday, September 24, 2008

HE PINGPING DAN SVETLANA P...sepasang manusia unik bertemu di London



Seorang pria Mongolia bertemu dengan seorang wanita Rusia itu biasa, Tapi ini luar biasa karena Pingping bertemu Svetlana Pankratova. Pertemuan kedua manusia unik yang berbeda ras dan warga negara ini tentu saja menjadi daya tarik yang luarbiasa bagi ratusan lensa kamera wartawan dan warga yang berada di alun-alun Trafalgar Square, London, Inggris,belum lama ini.sumber dari Liputan6.com, London 18/09/2008 13:27 (TOZ)

Apa yang unik dari sepasang manusia unik ini...?




He Pingping adalah seorang warga negara mongolia yang saat ini masih menyadang rekor pria terpendek di dunia, Pria yang sudah berumur 20 tahun ini hanya tinggi 74,61 centimeter.

dan...

Svetlana Pankratova adalah seorang warga negara Rusia yang saat ini masih menyandang rekor pemilik kaki terpanjang di dunia, Wanita yang sudah berumur 36 tahun ini memiliki kaki setinggi 132 centimeter dan total tinggi badannya 196 centimeter.

Pria asal Momgolia dan wanita asal Rusia itu bertemu untuk meramaikan rilis "Guinness World Records 2009." Guinness World Records tahun ini dijadwalkan akan dirilis Rabu (17/9) ini.

Rasa minder telah dibuang jauh-jauh dari kehidupan dua insan unik ini. Pingping bahkan berpose berani di antara kaki Svetlana. Percaya diri memang kunci utama keduanya untuk maju dan berani tampil di depan publik.

Inspirasi berharga dari kedua mahluk unik ciptaan Tuhan ini adalah jangan rendah diri akan kekurangan fisik tapi itulah sebenarnya kelebihan yang membedakan dengan orang lain

Readmore.....“HE PINGPING DAN SVETLANA P...sepasang manusia unik bertemu di London”

CUT adalah gelar kebangsawan wanita Aceh

Cut adalah gelar kebangsawan wanita Aceh yang sudah ada sejak jaman kesultanan Aceh. Dan gelar Cut ini diperuntukkan untuk kaum wanita Aceh, gelar ini diturunkan sampai ke anak cucunya .

Contoh :

Jaman Kerajaan Aceh

Cut Nyak Dhien (Alm ) putri dari Teuku Nanta Setia ( Alm ).




Jaman Republik Indonesia

Cut Zudiake ( Cut Keke ) putri dari Teuku Angkasa dan Cut Juriati



Di jaman kerajaan Aceh wanita bangsawan yang bergelar Cut tersebut biasanya menikah dengan laki-laki bangsawan yang bergelar Teuku hingga dan masih berlaku hingga saat ini.

Contoh :

Jaman Kerajaan Aceh

Cut Meutia ( Alm ) yang bersuamikan Teuku Muhammad /yang lebih dikenal dengan nama Teuku Cik Tunong ( Alm).



Jaman Republik Indonesia

Cut Nur Asyikin BTM ( Alm ) yang bersuamikan Teuku Bachrumsyah.

Readmore.....“CUT adalah gelar kebangsawan wanita Aceh”

Tuesday, September 23, 2008

AHMAD SUDIRMAN...Sekilas dan latar belakang tentang Ahmad Sudirman

Bagi orang Aceh khususnya dan orang Indonesia umumnya yang belum mengetahui tentang siapa sebenarnya Ahmad sudirman, anda membisa membaca sebuah artike dibawah ini yang saya terima dari "Malik Mahmud" yang merupakan sebuah jawaban dari pertanyaan Lukman Daud, lukman_daud@gmail.com

Berikut pertanyaan dari saudara Lukman Daud, lukman_daud@gmail.com

"Hai saudara Ahmad Sudirman, anda selalu kalau bicara membawa2 agama ALLAH, jadi agar semua jelas mana munafik atau bukan tolong anda jawab pertanyaan kami: (1) Anda dari suku apa di Indonesianya? (2) Anda lahir dimana? (3) Dimana anda sekolah SD,SMP atau SMA sebelum ke mesirnya? (4). Kenapa anda harus pindah ke Swedia? (5) Apa kerja anda di Swedia? (6). Siapa Istri anda dan dari suku apa? (7). Katanya anda pernah jumpa tokoh2 aceh di swedia? apa emang peran anda untuk membantu rakyat aceh (8)Apa kaitan anda dengan GAM yang bermarkas di Swedia?" (Lukman Daud, lukman_daud@gmail.com , 24 Februari 2007)

Dan berikut jawabannya

Baiklah saudara Lukman Daud di Acheh.

Tentang keberadaan Ahmad Sudirman di Swedia adalah terang dan nyata serta jelas. Dimana Ahmad Sudirman dilahirkan di Tanjungpinang, Riau tanggal 21 November 1954. Ayah berasal dari Tasikmalaya dan Ibu berasal dari Garut. Menempuh S1 dalam bidang psikologi tahun 1978 dari Universitas Islam Bandung. Tanggal 16 Agustus 1979 meninggalkan Indonesia menuju Mesir. Tahun 1980 di Mesir masuk The American University in Cairo dalam bidang computer software dan meraih programmer.

Pada bulan Pebruari 1981 di Cairo, Mesir menulis tentang pancasila dan Daulah Islam Rasulullah yang diberi judul "Dibawah Belenggu Rezim Penguasa" yang ditulis untuk kalangan sendiri (tidak dipublikasikan), tetapi ternyata tulisan ini sampai juga ke tangan Soeharto di Jakarta.

Karena Soeharto waktu itu menganggap bahwa tulisan ini menentang Pemerintah yang sah, maka pada tanggal 4 April 1981 Kepala Sub Bidang Protokol & Konsuler Sekretaris Ketiga Noer Hassan Wirajuda (sekarang Menteri Luar Negeri) memanggil untuk bertemu dan meminta agar semua perkataan yang tertulis dalam tulisan tsb dicabut. Tetapi permintaan tersebut ditolak. Karena permintaan pencabutan isi tulisan ditolak, maka Paspor dicabut. Kemudian pada tanggal 24 April 1981 dan tanggal 13 Mei 1981 diminta keterangan oleh Duta Besar Ferdy Salim dan Konsuler Noer Hassan Wirajuda. Melalui surat panggilan bernomor B/480/IV/81/DB tertanggal 30 April 1981 menyimpulkan bahwa tulisan "Dibawah Belenggu Rezim Penguasa" dianggap sebagai suatu pelanggaran hukum karena berisikan penghinaan dan fitnah terhadap Pemerintah RI dan diputuskan untuk dipulangkan selekasnya. Kemudian Kuasa Usaha a.i. Zainuddin Saat mengeluarkan surat bernomor B/508/V/81/D tertanggal 16 Mei 1981 memutuskan untuk memulangkan pada tanggal 18 Mei 1981 jam 18.20 memakai pesawat JAL 468. Usaha pemulangan tersebut ditolak. Karena usaha pemulangan tersebut diabaikan, maka pihak Penguasa di Jakarta lewat wakilnya yang ada di Cairo meminta pihak imigrasi Mesir melalui Kementrian Luar Negeri Mesir untuk menangkap dan memulangkan. Tetapi, pihak imigrasi Mesir justru membebaskan dan mempersilahkan untuk pergi kemana yang disukai. Pihak tokoh-tokoh Islam dan pergerakan kaum Muslimin serta Bagian perlindungan politik, UNHCR di Mesir memberikan bantuan. Akhirnya pemerintah Kerajaan Swedia memberikan perlindungan politik melalui UNHCR di Mesir. Pada tanggal 29 juli 1981 meninggalkan Mesir menuju Swedia. Dengan diterimanya tawaran dari pemerintah Kerajaan Swedia, maka pada tanggal 8 September 1981 pemerintah RI mencabut semua hak dan warganegara Indonesia Ahmad Sudirman dan dilarang masuk wilayah Negara Republik Indonesia sejak itu.

Kemudian di Swedia menempuh pendidikan bahasa swedia di universitas Stockholm dari bulan Agustus 1982 sampai Juni 1983 dan menempuh pendidikan dalam bidang mechanical engineering dari tanggal 2 Agustus 1983 sampai 4 Mei 1984 dan meraih mechanical engineer.

Dari Mei 1984 sampai November 1986 bekerja sebagai mechanical engineer di Sunbybergs Mechanical engineering company. Kemudian dari bulan November 1986 sampai Oktober 1987 bekerja di Ericsson Radio System.

Pada tanggal 11 Juni 1986 diterima sebagai warganegara Swedia.

Dari bulan Oktober 1987 sampai November 1988 kembali bekerja di Sunbybergs Mechanical engineering company.

Dari bulan Desember 1988 sampai Oktober 1989 bekerja di Radiosystem Sweden.

Di Swedia disamping bekerja juga aktif dalam bidang pendidikan Islam.

Dari sejak bulan oktober 1989 sampai Agustus 1995 dipercaya oleh IBM Sweden kurang lebih enam tahun tahun untuk menjadi software applications developer and system developer.

Kemudian dari bulan Agustus 1995 sampai Agustus 1999 bekerja di Modular Ink Technology (MIT). Dan dari bulan September 1999 sampai Juni 2004 bekerja di XaarJet sebagai system developer and database (DB2) applications developer.

Dari tahun 2005 sampai 2006 menempuh pendidikan dibidang spesialisasi mengenai industri dan mendapat Philosophy candidate dan master of science degree dari Stockholm Institute of Education. Sekarang sedang berusaha menempuh program untuk mendapatkan philosophy degree dalam bidang industri.

Adapun istri berasal dari Mandailing bermarga Nasution Sumatera.

Sejak tahun 1981 bertemu dan berjumpa dengan para tokoh GAM di Swedia. Ahmad Sudirman pendukung dan penyokong penuh perjuangan GAM dibawah Pimpinan Teungku Hasan Muhammad di Tiro.

Bagi yang ada minat untuk menanggapi silahkan tujukan atau cc kan kepada ahmad@dataphone.se agar supaya sampai kepada saya dan bagi yang ada waktu untuk membaca tulisan-tulisan saya yang telah lalu yang menyinggung tentang Khilafah Islam dan Undang Undang Madinah silahkan lihat di kumpulan artikel di HP http://www.dataphone.se/~ahmad

Hanya kepada Allah kita memohon pertolongan dan hanya kepada Allah kita memohon petunjuk, amin *.*

Wassalam.

Ahmad Sudirman

http://www.dataphone.se/~ahmad/
ahmad@dataphone.se

Mengenai kebenaran data dan artikel ini Wallahu,alam, dan kalau anda ingin membaca opini-opini atau artikel-artikel yang di tulis oleh Ahmad Sudirman anda bisa berkunjung ke http://www.dataphone.se/~ahmad/

Berikut beberapa artikel dari Ahmad Sudirman

Indonesia tanah airku
Kepincangan fungsi pemerintah bukan penyebab timbul perjuangan rakyat Aceh
Semangat untuk mendalami sejarah Aceh adalah salah satu modal utama untuk memperjuangkan Aceh

Readmore.....“AHMAD SUDIRMAN...Sekilas dan latar belakang tentang Ahmad Sudirman”

LUANGKAN WAKTU



Luangkan waktu untuk berpikir;
Karena itu merupakan sumber kekuatan.

Luangkan waktu untuk membaca;
Karena itu merupakan dasar kebijaksanaan.

Luangkan waktu untuk bermain;
Karena itu merupakan rahasia awet muda.

Luangkan waktu untuk berdiam;
Karena itu merupakan kesempatan untuk mencari Tuhan.

Luangkan waktu untuk peduli;
Karena itu merupakan kesempatan untuk menolong sesama.

Luangkan waktu untuk mengasihi dan dikasihi ;
Karena itu merupakan pemberian terbesar dari Tuhan.

Luangkan waktu untuk tertawa;
Karena itu merupakan musik untuk jiwa.

Luangkan waktu untuk berlaku ramah;
Karena itu merupakan jalan menuju kebahagiaan.

Luangkan waktu untuk bermimpi;
Karena dengan itu masa depan dibentuk.

Luangkan waktu untuk berdoa;
Karena itu merupakan kekuatan terbesar di bumi.

Readmore.....“LUANGKAN WAKTU”

ACEH BLOGGER COMMUNITY (ABC)....Saatnya Blogger Aceh bersatu

Assalamu,alaikom warahmatullahi wabarakaatuh...

Wahai para Blogger Aceh yang masih sesat di dunia maya, sekaranglah saat nya kembali pulang dan bergabunglah dengan Aceh Blogger Community ( ABC ) , biar dunia tahu bahwa putra-putri Aceh juga memiliki SDM yang peduli terhadap dunia Blogger.

Aneh pada sesat kemana para putri-putri Aceh...? padahal sudah banyak putra-putra Aceh yang sudah bergabung ke ABC ,Kemana para cut nyak dhien, cut meutia serta cut-cut yang lainnya....pulanglah dan bergabunglah...disini kita bisa saling berbagi,saling menunjang,saling promosi dan saling mengenal satu sama lainnya demi kemajuan dan kekuatan blogger Aceh yang bernaung di bawah satu wadah yaitu Aceh Blogger Community ( ABC )

Aceh Blogger Community ( ABC ) lahir pada tanggal 31 Oktober 2007 adalah ide cemerlang dan brilliant dari beberapa putra Aceh yang tergabung dalam Aceh Forum Community ( AFC ) yang pada saat itu sedang membahas salah satu thread Banner "Blog Aneuk Aceh" Ayo Tebar Pesona.

Aceh Blogger Community ( ABC ), mulai online pada tanggal 1 November 2007 dengan tujuan untuk menyatukan para blogger Aceh yang masih berserakan dan berhamburan di rimba maya blogger baik yang berada di Aceh, indonesia dan seluruh belahan dunia dalam sebuah wadah silaturrahmi dan menyambung hubungan baik antar sesama Blogger Aceh.

Aceh Blogger Community ( ABC ) juga merupakan ajang berkampanye, berexpresi, pendidikan dan juga media penyatu umat dalam keadaan santai atas dasa suka dan duka ( saya salin dari About us ABC , maklumin aja cut kak ngoen cut ampon baroe meuruno teumeuleh ..he..he..he..)

Terima kasih bagi anda yang telah membaca tulisan ini, baik buruknya tulisan ini mohon dimaklumi karena saya adalah newbie di dunia blogger yang baru belajar dan akan terus belajar, dan bagi yang anda yang mau bergabung (sorry...tidak ada paksaan loh, ini cuma himbauan )nanti anda akan diberikan bonus yaitu sebuah banner ABC (asli karya anak Aceh ) nach ini dia banner nya :
( nanti di ABC anda tinggal memilih banner yang anda suka, sampai saat ini sudah enam buah model banner ).

Sukses selalu untuk Aceh Blogger Community ( ABC )

Salam kenal untuk anak semua Aceh di seluruh dunia

Saleuem meuturi ke aneuk Aceh ban sigoem donya

Baka Kelana


Readmore.....“ACEH BLOGGER COMMUNITY (ABC)....Saatnya Blogger Aceh bersatu”

Wednesday, September 17, 2008

SMS BAHASA ACEH terindah untuk lebaran



RANUP SIGAPU JAMPU NGOEN GAMBE...
PEUDEUK LAM BATE KEU JAME TEUKA....
BUKOEN LEE SAYANG RANUB SILASEH…
PUCOK MEUTINDEH URAM MEUPUTA….
MEUCEUREH HATE BAK LOEN MEUSUNDA...
KADANG NA JANJI KAYEM MEURAWE...
NYANG SAKET HATE ABA LOEN GASA...K
ADANG CIT SINGOEH ULOEN HANA LE..
DI YOUMIL AKHE BEK JEUT KEU DESYA…
BULEUEN PUASA JINOE KAABEH...
KA JADEH SAMPE BAK UROE RAYA.....

MEU'AH DESYA LOEN BATEN NGOEN LAHE..
SEREUTA MEU’AH DESYA LOEN BEU ABEH-ABEH
JINOE TAPEUGLEH BAK UROE RAYA.... -....

Leumang boh labu paso lam buloh,
Seulei ruti goeh made in cina,
Loen kirem saleuem takoet hana troeh,
Loen kirem bungkoh takoet meutuka,
Loen kirem peng hana pat loen boeh,
Kareuna bungkoeh mantoeng bak cina,
Loen kirem lagu kaset ka putoh,
Salueuem loen putroeh lewat multiply,
Loen mumat jaroe posisi jioh,
Meu'ah Cut da beh ube na desya,
Kadang na leupah bak loen meuratoh,
Kadang pieh naroh loen khen keugata,

Minal aidin wal faidzin
Mohon meu’ah lahe ngoen baten
Seulamat uroe raya Aidil Adha 1428 H

Readmore.....“SMS BAHASA ACEH terindah untuk lebaran”

BUAH NANGKA TAK BERKULIT ... di Mekarsari - Bogor



Buah nangka tanpa kulit, belum lama ini hadir di lokasi wisata Taman Buah Mekarsari, Bogor, Jawa Barat. Pohonnya tak berbeda dengan pohon nangka pada umumnya. Jenis nangka ini lebih populer disebut naked jackfruit. Keberadaannya menjadi andalan di lokasi wisata tersebut.

Nangka tanpa kulit sebenarnya amat terkenal di berbagai negara, terutama India. Buah ini pertama kali ditemukan di Bekasi Utara oleh seorang warga bernama Ihsan. Pihak Mekarsari kemudian meneliti nangka tersebut. Dilaporkan jenis nangka tak berkulit itu telah tersebar di sejumlah kota, yakni Pontianak, Kalimantan Barat, dan Bogor serta Cirebon, Jabar.

Salah satu pengunjung asal Tangerang, Purwaningsih, mengatakan sengaja mengunjungi Mekarsari demi menyaksikan bentuk nangka tanpa kulit. Namun, hingga saat ini belum diketahui kualitas rasa buah dari pohon silangan naked jackfruit dan nangka biasa. Manajemen Mekarsari, Catherina Day, mengatakan pohon silangan itu akan terus diperbanyak.

Rencananya, jika buah nangka tanpa kulit sudah matang akan diuji rasa dan khasiatnya. Jika terbukti memiliki rasa yang lebih enak dan bergizi tinggi, pihak Mekarsari akan terus membudidayakan tanaman yang tergolong langka itu.

Sumber : IKA/Budi Santoso Liputan 6 hari ini

Readmore.....“BUAH NANGKA TAK BERKULIT ... di Mekarsari - Bogor”

Tuesday, September 16, 2008

SMS TERINDAH buat Lebaran 2

Lebaran tinggal menghitung hari, semua umat muslim masih berjuang untuk meraih kemenangan dibulan suci ini,sebelum lebaran tiba coba baca-baca disini,buat persiapan ngirim sms ama teman,sahabat,saudara,kekasih,suami,istri,kakek,nenek,ayah,ibu,
adik,abang,kakak,ipar,paman,bibi,mpok,dll.

Bilangan TAHUN ibarat pohon
BULAN ibarat dahan-dahannya
HARI-HARI laksana rantingnya
Setiap JAM laksana daun-daunnya
Setiap MENIT laksana buahnya
Setiap DETIK laksananya bijinya
Bila tahun itu untuk ibadah
Maka akan menjadi pohon yang kuat
Berbuah harum dan manis.
Selamat hari raya idul fitri 1429 H
Mohon maaf lahir dan batin.


Perhatian2, kereta ke solo suda tiba
pemudik harap antri dengan disiplin
pintu taubat masih terbuka
Mohon maaf lahir dan batin

Sepuluh jari kutangkupkan
Maaf lahir batin kupohonkan
Taqobalallahu minna waminkum
Minal aidin wal faizin

Berbuat khilah adalah SIFAT
Meminta maaf adalah KEWAJIBAN
Dan kembalinya fitrah adalah TUJUAN
Mohon maaf lahir dan batin

Kala LISAN berkata dusta
Kala CANDA torehkan luka
Kala SIKAP telah ternoda
HATI suci tulus dan ikhlas
Mohon maaf lahir dan batin

Maaf kalo selama ini aku selalu bikin kesal
memang gak gampang ngertiin kamu
Tapi aku 100% cita kamu
Met lebaran

Makan rendang dengan nasi hangat
lebaran datang kuucapkan selamat
Gulai ikan berkuah santan
Semua salah mohon dimaafkan

The holiday comes with a warm of
forgivesess and kindness
for the sake of Allah
Forgive me from any mistakes
Taqaballahu mina waminkum

Walau bukan yang pertama
Harapannya sih gua yang paling tulus
Selamat idul fitri 1429 H
Maafin lahir batin ya

Setelah 48 jam berusaha
1645x klik2an
89x pending
80x pindah posisi
90x kata makian
akhirnya message has been delivered!
untuk pesan yang terkirim bunyinya:
Mohon maaf lahir dan batin

Readmore.....“SMS TERINDAH buat Lebaran 2”

SANG DERMAWAN Tersandung Tragedi Zakat



Haji Syaichon Fikri (55) yang tinggal di Jl. Dr Wahidin Sudirohusudo Gang Pepaya No. 169 Kelurahan Purutrejo Kecamatan Purworejo Kota Pasuruan, Jawa Timur, dikenal masyarakat sebagai seorang dermawan.

Juragan aneka kulit hewan ternak itu telah lama secara rutin membagi-bagikan zakat kepada warga, terutama setiap tanggal 15 Ramadhan.

Ketua RT 03/04 M Shaleh Riyanto yang ditemui di rumahnya, Senin (15/9) malam mengatakan, keluarga Syaichon dikenal warga sekitar sebagai orang yang baik.

Selain secara rutin memberi zakat pada setiap Ramadhan, Syaichon juga sering berderma kepada warga di sekitarnya.

"Salah satu contohnya, mushala yang digunakan warga sekitar untuk kegiatan pemberian zakat itu, juga dibangun Haji Syaichon," kata Shaleh.

Meski mushala tersebut dibangun dari dana pribadinya, tempat ibadah tersebut digunakan bagi seluruh umat. Sholeh juga mengatakan, hubungan Syaichon dengan tetangganya setiap harinya juga akrab dan terbuka.

Bapak empat anak itu sudah menempati rumah di Kelurahan Purutrejo sejak tahun 1983.

Namun kegiatan membagi-bagikan zakat kepada warga dilakukan sejak 1990-an. "Secara rutin Haji Syaichon memberi zakat kepada warga setiap 15 Ramadhan," kata Shaleh.

Syaichon dikenal warga sekitar sebagai orang yang mampu karena menggeluti usaha sebagai pengepul kulit aneka satwa ternak dari para penjagal, disamping usaha jual beli mobil.

"Pembagian zakat yang dilakukan keluarga Syaichon selama ini aman-aman saja. Paling ada sejumlah orang yang pingsan karena saling berdesakan," kata Shaleh.

Namun pembagian zakat kali ini sungguh tragis. Sebanyak 21 orang tewas, dan sepuluh orang lainnya mengalami luka-luka dan pingsan akibat terinjak-injak.

Shaleh mengungkapkan, setiap membagi-bagi zakat, warga sekitar selalu memaklumi jika Haji Syaichon menggunakan gang dengan cara menutupnya.

"Wajar jika ada seseorang yang mempunyai hajat terpaksa menutup jalan. Kegiatan tersebut kan tidak setiap hari," kata Shaleh. Bahkan Shaleh menilai persiapan Syaichon untuk melaksanakan membagi-bagi zakat lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Jika tahun-tahun sebelumnya para penerima zakat tersebar masuk ke gang-gang dan pematang sawah, kali ini dikumpulkan dalam satu gang.

Warga yang telah masuk dalam gang juga telah dijelaskan lewat pengeras suara di mushala bahwa warga yang telah masuk, dijamin akan mendapat zakat. Untuk itu para warga diminta untuk sabar dan tertib.

Namun realitasnya, warga tidak serta merta mengikuti ajakan tersebut. Warga yang datang tanpa mendapat kupon terlebih dulu tanpaknya masih merasa was-was dan ingin segera mendapat bagian terlebih dulu.

Padahal setiap tahunnya, tidak ada warga yang telah datang yang tidak kebagian zakat.

Seperti halnya tahun-tahun sebelumnya, pembagian zakat selalu diumumkan lewat radio. Warga yang akan mendapatkan zakat diminta datang tanapa syarat tertentu, baik warga Kota mapun Kabupaten Pasuruan.

Namun para penerima zakat diutamakan para kaum perempuan yang telah berkeluarga.

Nurul (30) seorang warga Bangil mengetahui ada pembagian zakat lewat radio. Untuk itu ia berangkat bersama tetangga lainya sejak pukul 06.00 pagi. Namun sesampai di lokasi, ratusan calon penerima zakat telah saling berdesakan.

Karena biasanya berlangsung aman, pembagian zakat itu tak pernah meminta bantuan polisi. Namun kali ini kondisinya berbeda, jumlah calon penerima zakat tampaknya bertambah. Diperkirakan mencapai ribuan orang.

Pada tahun-tahun sebelumnya pembagaian zakat dilakukan dengan cara membuat antrian melewati sebuah pematang selokan, kemudian Hj Hanifah Hasan, istri Haji Syaichon yang duduk di sudut gang, memberikan uang zakat kepada warga.

Oleh karena itu hampir setiap tahun, adegan warga jatuh ke selokan selalu terjadi.

Kali ini pembagaian zakat dipersiapkan lebih rapi. Warga calon penerima zakat dikumpulkan dalam satu gang. Warga yang akan ikut antri juga telah diberi jadwal, pada pukul 09.30 harus sudah masuk ke gang, karena tepat pukul 10.00 pembagian segera dimulai dan berakhir pukul 12.00 siang.

Sedangkan bagi mereka yang datang terlambat tidak diperkenankan lagi memasuki gang yang telah ditutup dengan pagar bambu. Agaknya pengumpulan warga pada sebuah gang yang tertutup dengan maksud agar lebih tertib justru mengundang bencana.

Warga yang telah masuk gang tidak bisa lagi keluar masuk. Termasuk warga yang telah jatuh pingsan akibat terlalu lama antri juga tidak diperkenkan keluar lagi.

Kondisi warga yang telah lelah antri semakin buruk akibat saling desak dan dorong untuk berebut ke satu pintu pembagian zakat di halaman mushala yang hanya dibuka sekedar cukup masuk satu orang saja.

Derasnya dorongan dari arah timur, barat, dan utara menuju ke pintu mushala membuat gerakan tak normal.

Lautan warga yang berdesak-desakan itu akhirnya ambruk ke utara, namun dorongan warga dari arah timur dan barat tetap terus merangsek ke pintu mushala, akibatnya warga yang telah jatuh dan tertumpuk tidak bisa bangun dan terus terinjak-injak.

Kejadian tersebut berlangsung sekitar seperempat jam setelah pembagian zakat dimulai.

Meski mengetahui sejumlah warga telah jatuh, warga lain dari arah timur dan barat terus merangseknya. Sedangkan pintu mushala tidak juga dibuka, karena panitia ketakutan kewalahan jika warga masuk dengan jumlah banyak.

Kondisi tersebut membuat warga yang jatuh tertumpuk dan terinjak-injak semakin kehabisan nafas dan pingsan di lokasi kejadian.

Sementara pembagian zakat masih terus berlangsung dengan antrian hanya satu per satu orang saja.

Antrian pembagian zakat baru berhasil dibubarkan setelah dua SST polisi datang sekitar pukul 11.00. Polisi datang terlambat, sejumlah korban telah tewas, luka-luka dan pingsan.

Walikota Pasuruan Aminurrokhman menyayangkan terjadinya tragedi pembagian zakat yang sampai menelan korban jiwa tersebut. Terlebih pembagian zakat dilakukan tanpa sepengetahuan aparat mulai dari RT/RW hingga aparat keamanan di tingkat Muspida Kota Pasuruan.

Hal senada juga diungkapkan Ketua MUI Kota Pasuruan HA Dhofir. Ia menyayangkan adanya kegiatan pembagian zakat yang melibatkan ribuan orang tanpa melakukan koordinasi dengan aparat keamanan.

Bahkan HA Dhofir yang Ketua Badan Amal Zakat (BAZ) Kota Pasuruan juga menyayangkan pembagian zakat yang tidak dikoordinasikan dengan BAS Kota Pasuruan.

"BAZ setiap tahun rutin menyalurkan zakat," kata Dhofir.
Walikota Pasuruan Aminurrokhman menghargai seseorang untuk menyalurkan zakat pribadinya secara langsung ke penerima. Namun ia mengingatkan, bahwa pemerintah juga mempunyai hak untuk mengatur demi ketertiban masyarakat umum.

Itu sebabnya Bupati Dade Angga yang juga kehilangan saudaranya akibat tewas berdesakan saat antri zakat, mengimbau kepada seluruh kepala desa dan camat di wilayahnya untuk memantau dan menertibkan pembagian zakat yang melibatkan massa cukup besar.

Sebaliknya bagi para dermawan yang akan menyalurkan zakat secara langsung diimbau melapor ke polisi terdekat.

"Gratis. Tidak bayar," kata Kapolresta Pasuruan AKBP Harry Sitompul. Kapolresta juga menyayangkan atas tragedi pembagian zakat yang menimbulkan korban jiwa.

Pembagian zakat yang dilakukan keluarga Haji Syaichon, katanya, tidak dikorodinasikan dengan polisi, sehingga saat kejadian tidak ada polisi seorang pun.

"Kami tidak tahu kalau ada kegiatan yang melibatkan massa," ujarnya.

Nasi telah menjadi bubur, korban telah berjatuhan. Niat mulia Haji Syaichon membagi zakat telah berubah menjadi tragedi karena dilakukan dengan cara-cara yang kurang baik.

Seandainya keluarga Haji Syaichon mau sedikit bersusah payah mengantarkannya zakat hartanya ke rumah-rumah fakir miskin, mungkin kejadian itu tidak perlu terjadi.

Sumber ; Musyawir 16/09/08 06:03 Antara hari ini

Readmore.....“SANG DERMAWAN Tersandung Tragedi Zakat”

Monday, September 15, 2008

SMS TERINDAH buat Lebaran

Sebelum lebaran tiba ada baiknya kita cari kata-kata yang terindah buat ucapin SMS lebaran untuk teman,orang tua,suami,istri,kakak,adik,ipar dan siapa aja yang mau kita SMS, Khusus di saat lebaran lebih dari 1 milyar sms yang dikirim oleh pengguna selular dari seluruh negeri ini sehingga membuat operator kelabakan.

Koleksi SMS pilihan buat Lebaran :

Kata terindah adalah ALLAH
Lagu paling merdu adalah ADZAN
Media terbaik adalah AL-QURAN
Senam tersehat adalah SHALAT
Diet paling sempurna adalah PUASA
Kebersihan paling menyenangkan adalah WUDLU
Perjalanan terindah adalah HAJI
Khayalan terbaik adalah INGAT DOSA dan TAUBAT
Selamat hari raya idul fitri 1429 H
Mohon maaf lahir dan batin

Tiada pemberian terindah selain MAAF
Tiada perbuatan mulia selain MEMAAFKAN
Selamat idul fitri 1 syawal 1429 H
Mohon maaf lahir dan batin

Untuk LISAN yang tak terjaga
Untuk JANJI yang terabaikan
Untuk HATI yang berprasangka
Untuk SIKAP yang menyakitkan
Dihari yang fitri ini
Dengan tulus hati
Mohon maaf lahir dan batin
Semoga Allah selalu membimbing kita

Jika LANGKAHKU membekas lara
KATAKU merangkai dusta
LAKUKU menoreh luka
Dari JERITAN lubuk bathinku
Dengan KETULUSAN hatiku
KUMOHONKAn maaf lahir dan bathinku
Taqobalallahu minna wa minkumum
Minal aidin wal faizin
Selamat hari raya idul fitri 1 syawal 1429 H.

SAHUR sudah kita tinggalkan
berganti malam TAKBIR
Dan HARI FITRI menjelang
MOHON MAAF atas segala kesalahan
Selamat hari raya idul fitri 1429 H.

Bila khilaf yang pernah KUUKIR masih terpahat di hati
Kupinta ikhlas HAPUSKAN semua demi gapai ridho-Nya dihari yang suci ini
Mohon maaf lahir dan batin
Selamat hari raya idul fitri 1429 H.

Pegilah KELUH,kutak mau berteman denganmu
Enyahlah KESAH,kau bukan takdirku
MUJAHADAH jadi temanku
DAKWAH adlah nafasku
ALLAH adalah kekasihku
Maafkan segala kesalahn dihari fitri ini

BUNGA MAWAR indah berseri
MENGHIAS DIRI dihari suci
SMS dikirim pengganti diri
SIMBOL dari silaturrahmi
Minal aidin wal fa izin
Mohon maaf lahir dan batin

ORANG BIJAK santun bicaranya
ORANG BAIK sopan perilakunya
ORANG CERDAS tepat tindakannya
IRANG STRES kerjanya baca sms melulu
Jangan masukkan dihati
Minal aidin wal fa izin
Mohon maaf lahir dan batin
Selamat hari raya idul fitri 1429 H

Let's write all THE MISTAKES
Down in THE SAND
And let THE WIND og forgiveness
erase it away
Happy idul fitri
Minal aidin wal faizin

BRYAN ADAMS said "Please forgive me"
RIO FEBRIAN bilang "Ooo..maafkan diriku..."
RUBBEN STUDDARD sing "Well this my sorry for..."
YUNI SHARA "Mengapa tiada maaf bagiku..."
ELTON JOHN said"Sorry seems to be the hardest word..."
Kata MPOK MINAH "Maaf...bukan saya gak ngerti...'
AKU bilang"Minal aidin wal faizin..."

Walau hati tak sebening XL
Banyak khilah yang bikin FREN kecewa
Kuminta SIMPATI-mu untuk BEBAS-kan diri
Dari roaming dosa
Tetapi FLEXI-bel menerima takdir-Nya
Menjalani MATRIK kehidupan ini
Agar ibadah kita tidak ESIA-sia
Selamat hari raya idul fitri 1429 H
Mohon maaf lahir dan batin
Minal aidn wal fa izin

Readmore.....“SMS TERINDAH buat Lebaran”

BEBERAPA SITUS INTERNET DI BLOK DI INGGRIS...untuk mencegah remaja bunuh diri

Pemerintah Inggris berupaya untuk memblok sejumlah situs yang dianggap mendorong para remaja Inggris bunuh diri.


Ada orang yang bunuh diri dan menyiarkannya lewat intenet

Walaupun tidak ada yang memastikan apakah memang ada kaitan langsung, atau hubungan sebab akibat antara situs internet dengan bunuh diri.

Bagaimanapun Direktorat Kehakiman Inggris yakin bahwa perlu diambil sebuah langkah untuk menghentikan gelombang bunuh diri remaja Inggris.

Tapi apa memang tinggi aksi bunuh diri di kalangan remaja Inggris? Jika dibandingkan dengan di Jepang, mungkin tidaklah tinggi. Bagaimanapun angka sejauh ini telah mengejutkan masyarakat Inggris, lembaga sosial, dan juga politisi.

Di Bridgbend, Inggris Barat, sudah 17 remaja yang bunuh diri sejak Januari 2007. Itu hanya di satu daerah saja, dan sampai sekarang masih menjadi misteri apa yang sebenarnya membuat para remaja itu seperti terjangkit trend bunuh diri.

Karena internet?


Apakah penyebab bunuh diri ini internet? Pertanyaan ini jelas susah dijawab.

Harian The Independent yang memberitakan upaya pemerintah ini mengutip sebuah lembaga sosial yang menduga internet berperan penting dalam kematian sebagian besar bunuh diri di kalangan remaha Inggris.


17 remaja Bridgend, Wales, bunuh diri sejak Januari 2007

Lembaga sosial yang membantu orang-orang yang putus asa, Samaritan dan Childline, memperkirakan sekitar 30 bunuh diri di Inggris berkaitan dengan situs internet.

Tapi bagaimana kaitannya?

Yang dituding adalah situs sosial yang menjadi ajang komunikasi dari banyak orang di berbagai belahan dunia.

Lewat situs itulah dipajang rincian bagaimana caranya melakukan bunuh diri atau seseorang didorong-dorong untuk bunuh diri.

Dalam satu kasus, seorang pria --yang bukan remaja-- bahkan merekam dirinya sendiri ketika sedang bunuh diri dengan sorak sorai mendukung oleh para pengguna internet lain.


Perlu perlindungan


Di Jepang, yang mencatat puncak bunuh diri pada tahun 2005 dengan 91 kematian, orang masih ingat satu kasus bunuh diri yang melibatkan 6 orang.

Tiga pria dan tiga perempuan yang berkenalan lewat internet kemudian sepakat untuk bunuh diri bersama dengan menghirup C02.


Ada orang-orang yang butuh perlindungan dari pengaruh internet

Mereka masuk ke dalam mobil, menutup pintu dan jendela, lantas membakar arang di dalam mobil. Diduga rencana itu bahas terlebih dahulu di internet.

Tanpa internet, diasumsikan, jalin menjalin komunikasi mereka tidak akan bereskalasi dengan demikian cepat sampai mengambil keputusan; bunuh diri bersama.

Di Inggris sebenarnya jumlah bunuh diri menurun, dengan proporsi 8,3 bunuh diri per 100.000 orang pada Tahun 2005 hingga 2007, dari proporsi 8,5 sebelumnya.

Targetnya pada tahun 2009 hingga 2011 adalah menjadi 7,3 bunuh diri per 100.000 orang.

Dan salah satu caranya adalah mengendalikan agar orang tidak sampai merasa disemangati untuk bunuh diri lewat internet dengan pengawasan secara teratur terhadap isi komunikasi di situs-situs sosial.

Tapi, seperti kata sebuah sumber di Direktorat Kehakiman Inggris, langkah itu masih amat awal.

Jelas pula tak semua orang mempunyai kepribadian yang demikian mudahnya untuk dipengaruhi agar melakukan bunuh diri, namun di dunia modern ini, kata sumber tersebut, ada saja orang-orang yang perlu dilindungi secara khusus dari internet.


Liston P. Siregar-BBC

Readmore.....“BEBERAPA SITUS INTERNET DI BLOK DI INGGRIS...untuk mencegah remaja bunuh diri”

Sunday, September 14, 2008

AFFILIATE PROGRAM

Affiliate program atau dengan kata lain program afiliasi merupakan suatu bentuk kerjasama dimana kita sebagai pemilik halaman web atau blog selaku penghubung atau reseller antara pemilik program dengan pembeli/customer/klien akan mendapatkan komisi seandainya terjadi transaksi yang dilakukan melalui web atau blog afiliasi kita.

Progarm afiliasi ini cukup direkomendasikan sebagai awal pembelajaran didunia bisnis online dan sangat cocok bagi kita yang baru mengenal bisnis online. Kemudahan-kemudahan dari program afiliasi diantaranya adalah :
1. Tidak ada biaya produksi, karena yang dijual adalah produk orang lain. Anda hanya sebagai penghubung atau reseller.
2. Dapat dikerjakan kapanpun, dan dimanapun anda berada. Tidak terikat waktu dan tempat asalkan ada akses internet.
3. Potensi penghasilan cukup besar dan tidak terbatas. Jika anda melakukannya dengan konsisten, dan pantang menyerah.
4. Anda dapat belajar banyak dari Program Affiliate apa saja produk yang dapat dijual dan bagaimana cara menjual yang efektif.

Ada beberapa tipe Affiliate Program yang bias kita ikuti, masing-masing tipe mempunyai cara kerja tersendiri. Tapi basicnya sama, yakni "Komisi".

1. Pay-Per-Sale, sesuai dengan namanya kita akan mendapatkan komisi sesuai dengan jumlah produk atau layanan yang berhasil kita jual melalui "link khusus" atau "affliate link" kita.

Contoh pertama : Formula bisnis



Komisi Pay-Per-Sale cukup besar, sekitar 50-75% untuk setiap penjualan bahkan bisa lebih, hmm.. lumayan kan.

Contoh kedua :Amazone

Pay-Per-Sale dibagi kedalam 2 program yaitu :
a. Lifetime commission affiliate program, sesuai dengan namanya adalah penghasilan affiliate program anda untuk seumur hidup. Artinya Affiliate Merchant mempunyai suatu "sistem yang sangat pintar" untuk melacak setiap pelanggan atau prospek yang kembali membeli produk/jasa melalui affiliate link yang pertama kali mengenalkan si pelanggan tadi ke Affiliate Merchant.
b. Recurring Affiliate Program, biasanya ini dari merchant produk/jasa yang sifatnya langganan bulanan. Seperti keanggotaan suatu situs, web hosting. Persentase komisi yang didapat memang tidak terlalu besar, tapi continue setiap bulannya selama pelanggan masih berlangganan

2. Pay-Per-Lead, kita akan mendapatkan komisi untuk setiap orang (lead)yang mengisi form (isian), survey, atau sign-up terhadap layanan yang diberikan.

Contoh :goaio.com

3.Two-Tier programPerusahaan akan memberikan komisi dari penjualan langsung dan dari penjualan yang diihasilkan dari afliasi anda rekrut.

Contoh : sitesell.com

4.Bounty Perusahaan akan membayar hadiah ( bounty ) kepada anda sekali setelah pengunjung digiring kesitus perusahaan pengiklan atau pemilik program.namun apabila pengunjung tersebut membeli langsung secara langsung dari situs merchant (perusahaan pengiklan/pemilik program) anda tidak mendapatkan apa-apa.

5. Pay-Per-Click ( PPC ), kita akan mendapatkan komisi sesuai dengan jumlah klik terhadap link refferal yang diberikan oleh merchant kepada kita.

Dan masih banyak lain lagi seperti Cost per visit (CPV), Cos Per Clik (CPC) Ddan Cost per thousand impressions ( CPM )anda tinggal memilih afliasi yang cocok dengan katagori atau situs blog atau web anda.

Readmore.....“AFFILIATE PROGRAM”

KASUR PER BERLAPIS EMAS Dijual Rp780 juta!

Pernah membayangkan tidur di atas kasur dengan per berlapis emas? Mungkin belum pernah dibayangkan, karena barangnya tak ada di depan mata. Kini, bolehlah Anda coba membayangkannya. Sebab, kasur dengan per berlapis emas 18 karat itu sudah hadir di Indonesia. Harganya? Rp780 juta!

Berminat? Jika ya, maka Anda akan menjadi satu-satunya orang di Indonesia yang memiliki kasur tersebut.Kasur dengan 800 per berlapis emas itu merupakan inovasi dari sebuah produsen kasur terkemuka. Per-nya langsung didatangkan dari Inggris.

Kasur jenis ini, hanya diproduksi sebanyak 5 buah sebagai prototype-nya. Kelimanya disebar ke 5 negara, 3 di antaranya Inggris, Jerman dan Indonesia.

"Prototype kasur per berlapis emas ini pertama kali diproduksi pertengahan tahun 2008, dan pertama kali hadir di Indonesia bulan September 2008, serta merupakan hasil produksi laboratorium riset Dunlopillo," kata Sales & Marketing Manager Dunlopillo, M. Anton SIM, yang ditemui dalam pameran furniture di Assembly Hall JCC, Sabtu (13/9).

Per berlapis emas, menurut Anton lebih cocok dengan kondisi Indonesia yang lembab. Sebab, emas yang merupakan logam mulia lebih tahan karat dibandingkan jenis logam lainnya. Oleh karenanya, per berlapis emas ini digaransi selama pemakaian 10 tahun.

"Biasanya pemakaiannya bisa lebih dari 10 tahun, yaitu antara 15 sampai 20 tahun," ujar Anton. Kelebihan lainnya, per lebih kuat dan memiliki performa optimum, dapat digunakan di suhu dan cuaca apapun, serta aman bagi anak-anak.

Kasur berukuran 180X200 cm itu rencananya akan diproduksi secara massal. Bagaimana kalau ada yang berminat? "Kapan waktunya akan diproduksi massal, kita belum tahu. Tapi, kalau ada yang berminat bisa indent 3 bulan," kata Anton.Kasur ini memperoleh rekor MURI sebagai kasur springbed per berlapis emas pertama di Indonesia.

Kompas-Minggu, 14 September 2008 | 06:53 WIB

Readmore.....“KASUR PER BERLAPIS EMAS Dijual Rp780 juta!”

Saturday, September 13, 2008

TIMPHAN KUE KHAS ACEH saat lebaran



Timphan adalah kue/hidangan khas Aceh disaat lebaran/hari raya baik hari raya Idul fitri maupun Idul Adha, Timphan ini dibuat 1 atau 2 hari sebelum lebaran dan daya tahannya bisa mencapai lebih kurang seminngu,Timphan adalah menu hidangan utama buat tamu yang berkunjung kerumah saat lebaran.

Bagi orang Aceh baik yang berada di Aceh sampai seluruh dunia tiada yang tidak mengenal ama kue/adonan yang satu ini,karena sudah menjadi tradisi turun temurun dan rahasia umum di Aceh bahwa yang namanya Timphan setiap ibu-ibu atau wanita di Aceh bisa membuatnya.

Timphan yang merupakan makanan lembek berbalut daun pisang muda ini yang paling terkenal adalah Timphan rasa srikaya. Sebelum menjelang lebaran bisanya ibu-ibu sudah menyiapkan daun pisang muda baik memetik di kebun atau beli dipasar.

Saking terkenalnya Timphan ini di Aceh, sehingga banyak ungkapan/pribahasa dengan kata Timphan diantaranya yaitu “Uroe goet buluen goet Timphan ma peugoet beumeuteme rasa” ( Hari baik bulan baik Timphan ibu buat harus dapat kurasakan).

Adapun bahan-bahan dan cara membuatnya sebagai berikut, tergantung seberapa porsi yang diinginkan , dibawah ini kita ambila bahan untuk 15 porsi (1 porsi lebih kurang sama dengan 114 kalori ):

Bahan :

Pisang raja dihaluskan 250 gram
Tepung ketan 200 gr
Santan kental 2 sdm
Air kapur sirih 1 sdm
Garam1/4 sdt

Isi :

Telur ayam 2 butir
Santan kental 50 ml
Gula pasir 100 GR
Nangka masak cincang kecil 25 gr
Tepung terigu ½ sdt
Daun pandan 1 lembar
Kelapa muda parut halus 50 gr
Vanilli ¼ sdt.

Cara membuatnya :

1. Campurkan semua bahan dasar dengan cara aduk tepung ketan dan pisang yang sudah dihaluskanserta masukkan santan,air kapur dan garam hingga tercampur rata,adonan ini digunakan untuk kulit.

2. Kocok telur dan gula hingga kental dengar mixer atau sejenisnya (sebelum ada mixer dulu ibu-ibu di Aceh ngeremas pake tangan) lalu masukkan tepung terigu dan santan kental, aduk hingga rata,tambahkan nangka masak yang sudah dicincang kecil-kecil dan kelapa muda parut halus lalu beri daun pandan, masak sampai kental,kemudian angkat beri vanilli lalu aduk rata lagi. Setelah matang dinginkan dan gunakan sebagai iosi timphan.

3.Ambil daun pisang muda yang telah dipotong –potong sesuai untuk satu ukuran timphan olesi dengan minyak lalu tipiskan adonan kulit tadi diatas daun kemudian beri adonan isi terus digulung, dibungkus seperti gambar di atas, kukus hingga matang selama lebih kurang 10 menit.

Selamat mencoba dan silakan nikmati

Readmore.....“TIMPHAN KUE KHAS ACEH saat lebaran”

BLOGGER MALAYSIA Dipenjara Berdasarkan UU Keamanan Negara

Pemerintah Malaysia menjebloskan seorang pengelola blog (blogger) ke penjara berdasarkan UU Keamanan Negara (Internal Security Act atau ISA).

Raja Petra Kamaruddin, pengelola Blog Malaysiatoday.com, menurut ISA Malaysia telah menghina Islam dan Nabi Muhammad SAW.

Media massa Malaysia, Jumat, melaporkan Raja Petra "diciduk" 10 polisi di rumahnya pukul 13.10 waktu setempat di Sungai Buloh, Selangor.Dia dibawa ke suatu tempat yang tidak diketahui.

Menurut istrinya, Marina Lee Abdullah, penahanan dengan dasar ISA kepada Raja Petra adalah yang kedua kalinya.Raja Petra sebelumnya ditahan pada tahun 2001 ketika menjadi "webmaster" pada blog www.freeAnwar.com karena tulisan-tulisannya yang membela Anwar Ibrahim.

Menteri Dalam Negeri Malaysia Syed Hamid Albar membenarkan penahanan "raja blogger" Malaysia itu dengan dalih tulisan di blognya dapat mengganggu dan mengancam keselamatan dan ketentraman masyarakat.

Artikel yang dinilai menganggu ketentraman masyarakat awam dan menghina agama Islam adalah berjudul "I Promise to be a good, non-hypocritical Muslim" dan "Not all Arabs are descendants of the Prophet".

Tulisan itu telah menimbulkan protes dan kemarahan dari Jabatan Kemajuan Islam Malaysia, Yayasan Dakwah Islamiah Malaysia, Majlis Agama Islam Wilayah Persekutuan dan Jabatan Agama Islam Wilayah Persekutuan.

Mereka membuat aduan kepada polisi mengenai Raja Petra terkait artikel yang disiarkan melalui blog tersebut.

Blog Raja Petra sempat dibredel oleh pemerintah Malaysia melalui perusahaan telekomunikasinya. Masyarakat tidak bisa mengakses blog Malaysiatoday.com namun mulai pekan lalu blog itu bisa kembali diakses.

Menurut Syed Hamid, polisi punya wewenang menahan Raja Petra selama 60 hari berdasarkan pasal 731 UU tersebut.

Selisih beberapa jam, pemerintah Malaysia juga mengunakan ISA untuk menangkap seorang wartawan harian Sin Chew Daily bernama Tan Hoon Cheng sekitar pukul 20.30 waktu setempat.

Polisi menciduk wartawan tersebut di rumahnya di Bukit Mertajam, Pinang dan membawanya ke suatu tempat rahasia.

Tan Hoong adalah wartawan yang menulis berita mengenai pernyataan ketua UMNO Bukit Bendera Pulau Pinang, Ahmad Ismail, yang dinilai masyarakat etnis Cina menghina dan berbau rasial.

Ahmad menolak pernyataannya dinilai menghina etnis Cina dan rasialis. Ia menilai wartawan Sin Chew Daily telah salah memahami dan salah tulis. Hingga saat ini, ia menolak minta maaf walaupun menerima tekanan dari masyarakat dan partai politik Cina serta pimpinan UMNO.

UMNO akhirnya menjatuhkan hukuman kepada Ahmad dengan mencopot jabatannya dan memberhentikan keanggotaan UMNO selama tiga tahun.

Diam-diam, pemerintah Malaysia juga mengejar wartawan Sin Chew Daily itu
Sumber : ANTARA News - 13/09/08 00:02

Readmore.....“BLOGGER MALAYSIA Dipenjara Berdasarkan UU Keamanan Negara”

Friday, September 12, 2008

KOTAMADYA SABANG



Kota Sabang letaknya berada di Pulau Weh merupakan bagian dari Daerah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Pulau Weh dikenal dengan slogan: Point Of Zero Kilometer Republic Indonesia (Titik Nol Kilometer Indonesia), ditandai dengan didirikan monumen untuk menandai dimulainya perhitungan jarak dan luas teritorial Negara Republik Indonesia.



Profil Pulau Weh (Kota Sabang) secara umum terletak diantara 05` 46` 28` dan 05` 54` 28` lintang utara dan 95` 13` 02` s/d 95` 22` 28` bujur Timur di ujung paling Barat Wilayah Republik Indonesia. Pulau Weh berada pada ketinggian rata-rata 28 meter di atas permukaan laut, berbatas dengan:

Sebelah Utara : Kota Madya B. Aceh dan aceh Besar

Barat : Kecamatan Pulau Aceh

Selatan : Samudera Indonesia

Timur : Selat Malaka



Pulau Weh memiliki beberapa pulau di sekitarnya diantaranya; Pulau Rubiah, Klah, Seulako dan Pulau Rondo. Penduduk Sabang jumlahnya 28,703 jiwa, terdiri atas berbagai etnik suku, agama dan bangsa, termasuk Cina dan India.

Untuk mencapai ke Kota Sabang satu-satunya cara bagi wisatawan adalah dengan menyeberangi lautan dari pelabuhan Krueng Raya atau pelabuhan Ulee le di Banda Aceh dengan menggunakan kapal ferry yang akan menyeberang ke pelabuhan Balohan Sabang, jarak tempuhnya kurang lebih 2 jam. Dari pelabuhan Balohan pilih minibus atau taxi untuk menuju kota Sabang atau ketempat wisata yang dituju. Jarak tempuh dengan menggunakan busmini dari kota Sabang menuju ke kawasan wisata Iboih ( Pulau Rubiah) kurang lebih 45 menit.

Kota Sabang dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan sarana umum yang memadai (hotel, restoran, rumah sakit, apotek, sarana komunikasi-warpostel, sarana transportasi, Kantor Polisi, Pompa Bensin, Mesjid, Gereja, Bank, Money Changer, Toserba).

Kota Sabang sebagai ODTW Bahari memiliki tempat-tempat wisata bawah laut dengan beragam jenis binatang dan tumbuhan laut yang ada di dalamnya, antara lain: Pantai Iboih di lokasi Pulau Rubiah (dikenal juga dengan taman lautnya), Batee Dua Gapang, Batee Meuroron, Arus Balee, Seulako�s Drift, Batee Tokong, Shark Plateau, Pantee Ideu, Batee Gla, Pantee Aneuk Seuke, Pantee Peunateung, Lhong Angen, Pantee Gua, Limbo Gapang, Batee Meuduro dll.

MENUJU SABANG

Sabang memang jauh, tetapi begitu mudah untuk mencapainya. Satu-satunya cara untuk menuju ke Pulau weh adalah lewat Banda Aceh, ibukota provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, mempunyai penerbangan langsung dari Penang dan Kuala Lumpur di Malaysia dan dari Medan, juga beberapa kota besar di Indonesia.

Melalui jalan darat, banyak bus modern non stop dari kota Medan, akan melalui banyak tempat, seperti lewat jalur barat dan pantai utara atau dataran tinggi Aceh dan Taman Gunung Leuser.

Dari Banda Aceh pilih minibus/labi-labi yang menuju Pelabuhan Krueng Raya di mana ada ferry yang akan menyeberang ke pelabuhan Balohan di Pulau Weh dua kali sehari. Atau menggunakan kapal cepat Km Pulo Rondo/ Km Baruna Duta dari pelabuhan ulee lheu ke pelabuhan Balohan Dari Balohan pilih minibus atau taxi untuk menuju kota Sabang, kemudian naik mini bus ke wisata yang terkenal di sana.

AKOMODASI

Iboih memiliki lebih dari 50 bungalow dan 6 restoran yang dapat dipilih. Kebanyakan bungalow yang ada adalah yang sederhana tetapi nyaman. Ada yang mempunyai kamar mandi ada juga yang tidak. Para pengunjung tidak akan mengalami kesulitan dalam mencari makanan, baik makanan lokal maupun eropa, semua bisa didapat dari restoran maupun warung nasi.



Gapang memiliki lebih dari 30 bungalow dan 4 restoran. Beberapa ada yang begitu mewah dan mahal, tetapi ada juga yang sederhana tetapi nyaman. Ada yang memiliki kamar mandi, AC dan TV, tapi ada juga yang tidak memiliki kamar mandi sama sekali. Banyak pilihan makanan yang dapat dipilih dari restoran dan kedai nasi yang ada.



Pantai Lhueng Angen mempunyai 10 bungalow dan 1 restoran, sederhana tetapi nyaman. Makanan eropa bisa didapat dari restoran yang dekat dengan bungalow.

SEJARAH SABANG

Sekitar tahun 301 sebelum Masehi, seorang Ahli bumi Yunani, Ptolomacus berlayar ke arah timur dan berlabuh di sebuah pulau tak terkenal di mulut selat Malaka, pulah Weh! Kemudian dia menyebut dan memperkenalkan pulau tersebut sebagai Pulau Emas di peta para pelaut.

Pada abad ke 12, Sinbad mengadakan pelayaran dari Sohar, Oman, jauh mengarungi melalui rute Maldives, Pulau Kalkit (India), Sri Langka, Andaman, Nias, Weh, Penang, dan Canton (China). Sinbad berlabuh di pulau Weh dan menamainya Pulau Emas.

Pedagang Arab yang berlayar sampai ke pulau Web menamakannya Shabag yang berarti Gunung meletus. Mungkin dari sinilah kata Sabang berasal, dari Shabag. Dari sumber lain dikatakan bahwa nama pulau Weh berasal dari bahasa Aceh yang berarti terpisah. Pulau ini pernah dipakai oleh Sultan Aceh untuk mengasingkan orang-orang buangan.

Yang paling penting bagi sejarah Weh adalah sejak adanya pelabuhan di Sabang. Sekitar tahun 1900, Sabang adalah sebuah desa nelayan dengan pelabuhan dan iklim yang baik. Kemudian belanda membangun depot batubara di sana, pelabuhan diperdalam, mendayagunakan dataran, sehingga tempat yang bisa menampung 25.000 ton batubara telah terbangun. Kapal Uap, kapal laut yang digerakkan oleh batubara, dari banyak negara, singgah untuk mengambil batubara, air segar dan fasilitas-fasilitas yang ada lainnya. Sebelum Perang Dunia II, pelabuhan Sabang sangat penting dibanding Singapura. Di saat Kapal laut bertenaga diesel digunakan, maka Singapura menjadi lebih dibutuhkan, dan Sabang pun mulai dilupakan.

Pada tahun 1970, pemerintahan Republik Indonesia merencanakan untuk mengembangkan Sabang di berbagai aspek, termasuk perikanan, industri, perdagangan dan lainnya. Pelabuhan Sabang sendiri akhirnya menjadi pelabuhan bebas dan menjadi salah satu pelabuhan terpenting di Indonesia. Tetapi akhirnya ditutup pada tahun 1986.

Sumber : nad.go.id

Readmore.....“KOTAMADYA SABANG”

TURKI : BUKA PUASA di Kiri, Minum Bir di Kanan

Inilah cerita tentang kota Istanbul, Turki, di bulan Ramadhan. Di sepanjang jalan kawasan Kodikoy Carsi, banyak sekali restoran dan cafe bernuansa perpaduan Eropa dan Asia.

Orang berlalu-lalang dengan macam ragam penampilan. Ada wanita cantik berpakaian seronok berjalan glendotan dengan lelaki berkaos oblong dan bercelana jeans belel. Ada yang anggun berjilbab beriringan dengan pria berjanggut berbaju gamis. Turis-turis asing juga hilir mudik di sana.

Menjelang adzan maghrib, inilah yang hanya terjadi di Turki: Muslim yang berbuka puasa harus berbaur dengan kelompok sekuler di restoran kawasan Kodikoy Carsi.

Restoran yang menyediakan iftar (hidangan buka puasa) juga menyajikan bir, anggur dan minuman keras lainnya. Yang buka puasa di meja kiri, yang minum bir di meja kanan.

"Inilah keunikan negeri kami," kata Erhan Takepe, warga Turki yang menjadi staf lokal KBRI Ankara.

Ini menarik karena di Turki, seperti dikemukakan wartawan Turkish Daily News Mustafa Akyol, iftar dan minuman keras mewakili dua hal yang berbeda 180 derajat, bahkan mendorong terjadinya konflik budaya.

Muslim Turki yang taat menganggap alkohol haram, bukan hanya meminumnya, tapi sekedar menggunakan minyak wangi beralkohol juga dijauhi.

Tapi, warga Turki lain yang sekuler, menganggap minum minuman keras, termasuk di bulan Ramadhan, adalah hal yang lumrah saja. Hanya sedikit yang berhenti minum-minum untuk menghormati warga yang puasa.

Dari 70 juta jiwa penduduk Turki, mayoritas beragama Islam, meskipun sebagian hanya "Islam KTP". Menurut Mustafa Akyol, sebanyak 60 persen dari total populasi Muslim Turki menjalankan puasa. Artinya, 40 persen lainnya bebas makan minum di bulan Ramadhan.

Yang berpuasa dan tidak berpuasa bisa jalan beriringan. Inilah hebatnya atau anehnya Turki. Kalau di Indonesia, orang makan minum di jalan waktu Ramadhan pasti sudah ditonjok, paling tidak ditegur.

"Di Turki, yang berpuasa dan yang tidak puasa, saling tidak peduli," kata Erhan yang sudah hampir 15 tahun bekerja di KBRI.


Tak ada pembatas

Necmi Oscan, pelayan restoran Kofte & Balikevi, mengatakan pihaknya selain menyajikan iftar bagi yang puasa, juga menjual minuman keras dari mulai bir, anggur, sampai vodka. Pengunjung restoran bisa duduk dimana saja mereka suka. Tidak ada pembatasan ruangan untuk yang Muslim dan yang sekuler.

"Di Turki tidak ada masalah. Yang puasa silahkan berbuka, sementara temannya menenggak bir. Mereka duduk di meja yang sama. Tidak peduli, semua senang. Ini Turki kawan, bukan Indonesia," kata Oscan.

Turki sampai saat ini masih sangat kuat memegang sekularisme. Terhitung, sejak ambruknya Khilafah Islamiyah Turki tahun 1924, negeri itu menjadi simbol sekulerisme dipelopori pendiri Turki sekuler, Mushtafa Kamal Ataturk.

Di negeri itu, masalah agama dipisahkan dari masalah kenegaraan dan kemasyarakatan. Agama menjadi wilayah pribadi sehingga tidak penting bagi negara dan pemerintah mengurusi pelaksanaan ibadah puasa atau haji.

Oleh karena itu di Istanbul, misalnya, tidak pernah ada aturan dari kantor walikota untuk menutup tempat hiburan atau melarang penjualan minuman keras selama Ramadhan.

Tidak pula ada kelompok massa yang merusak bar, pub, karaoke, panti pijat, atau diskotik.

Akan tetapi tidak ada pula yang meramaikan bulan suci secara berlebihan dengan spanduk-spanduk "Marhaban Ya Ramadhan", televisi-televisi yang hingar bingar dengan acara bernuansa Ramadhan atau orang-orang di kampung yang membangunkan sahur dengan menabuh beduk, kentongan atau tiang listrik.

Itulah suasana bulan ramadhan di Istanbul, Turki. Apa yang terjadi di kawasan Kadikoy Carsi mungkin bisa menunjukkan prototipe Turki sekarang ini. Seperti dikemukakan Adnan Oktar, cendikiawan Muslim yang di dunia lebih dikenal dengan nama pena Harun Yahya, Turki kini berada di persimpangan jalan.

Apakah negeri itu akan kembali meraih kejayaan Ottoman Empire di masa lalu atau melesat menjadi bangsa Barat yang bebas di masa depan.

"Islam kembali bangkit di Turki, dan negeri ini siap mendorong renaissance Muslim di Eropa," katanya.


Sangat khawatir

Bagi kaum sekularis, mereka makin banyak melihat wanita-wanita berjilbab di tempat umum. Mereka menjadi sangat khawatir Turki akan menjadi Iran atau Arab Saudi.

Sebaliknya, kaum Muslim konservatif, terus-menerus mengeluh adanya erosi moral dan nilai-nilai keluarga serta berkembangnya budaya hedonisme di masyarakat Turki.

Mustafa Akyol melihat Turki sekarang berada di tengah-tengah. Negeri itu belum seperti Teheran, bukan pula seperti Amsterdam. Turki kini menjadi, meminjam istilah kolumnis Haluk Sahim, sebuah "strangeland". Negeri yang unik dan aneh, negeri yang bukan ini dan bukan itu.

Yang jelas, Turki masa kini adalah sebuah negeri yang memiliki masyarakat heterogen dan penuh warna, yang mengalami kehidupan bersama (Islam, Nasrani, Yahudi) secara damai selama 500 tahun.

Kodikoy Carsi merupakan miniatur Turki dimana terdapat kehidupan damai antarwarga yang berbeda serta berlainan agama. Hanya di Kodikoy Carsi, santri dan abangan bisa berdampingan. Hanya di Kodikoy Carsi yang beriman dan pendosa, fundamentalis dan sekularis, bisa bersenda gurau.

Karena hanya di Kodikoy Carsi di masa Ramadhan ini, orang bisa buka puasa dengan khidmat tanpa terganggu dengan pendosa yang menenggak minuman keras. Iftar di kiri, bir di kanan, tidaklah menjadi masalah. Ini Turki, bung!

sumber : ANTARA NewS-11/09/08 18:33(Akhmad Kusaeni)

Readmore.....“TURKI : BUKA PUASA di Kiri, Minum Bir di Kanan”

Thursday, September 11, 2008

GEDUNG REKTOR UNSYIAH Terbakar



Liputan6.com,
11/09/2008 10:03 Banda Aceh: Pusat kegiatan adiministrasi atau Biro Rektor Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, dini hari tadi ludes terbakar. Meski tak ada korban jiwa, kerugian materiil diperkirakan mencapai Rp 10 miliar.

Kebakaran menghanguskan sejumlah dokumen dan peralatan kantor yang berada di lantai dua dan tiga. Sebanyak enam mobil pemadam kebakaran kesulitan memadamkan api yang tak terjangkau tembakan air. Petugas pemadaman terpaksa menyemprot dari bawah. Amukan si jago merah baru dikuasai dua jam kemudian.

Namun lebih dari separuh gedung tersebut telah musnah. Termasuk ruang rektor dan sejumlah ruang pembantu rektor. Sementara itu, beberapa saksi mata mengatakan sumber api berasal dari lantai tiga yang dengan cepat menjalar ke lantai dua serta nyaris menghanguskan lantas dasar.

Sedangkan puluhan petugas pemadam kebakaran kewalahan memadamkan api karena kondisi mobil pemadam yang sudah tua. Itu menyebabkan petugas tak bisa bekerja secara maksimal. Polisi juga nampak dikerahkan ke lokasi kejadian guna mengamankan aset yang selamat.

Hingga saat ini polisi masih menghimpun keterangan dari petugas keamanan dan piket jaga pada malam kejadian. Sementara Rektor Darni Dawood mengaku sedih dengan musibah ini. Sebab, sejumlah dokumen penting musnah dan membutuhkan waktu lama untuk membenahinnya. Sedangkan ribuan mahasiswa mengaku pasrah atas musibah tersebut.(IKA/Tim Liputan SCTV)

Readmore.....“GEDUNG REKTOR UNSYIAH Terbakar”

SEJARAH berdirinya kota Banda Aceh



Islam masuk ke Indonesia pada akhir abad pertama hijriah dipantai-pantai Tanah Aceh sepanjang Selat Malaka yang dibawa oleh para pedagang Arab dan Persia dalam perjalanan niaga menuju ke Timur Jauh dan singgah di Tanah Aceh untuk berniaga serta memperbaiki kapal mereka.

Pada akhir abad kedua hijriah, barulah Islam secara terang-terangan di syiarkan oleh Para Pendakwah yang bertolak dari Teluk Persia menyinggahi Teluk Kambey (India sekarang) dan mendarat di Bandar Perlak dalam tahun 173 hijriah.

Pada tahun 225 H tepatnya pada hari Selasa tanggal 1 Muharram 225 H diproklamirkan Kerajaan Islam Perlak sebagai Kerajaan Islam Pertama di Asia Tenggara dengan raja pertamanya Sultan Alaidin Saiyid Maulana Abdul Aziz Syah.

Setelah Kerajaan Islam Peureulak, barulah berdiri Kerajaan Islam Samudera Pase, Kerajaan Aceh Darussalam dan Kerajaan-kerajaan Islam lainnya di seluruh Indonesia dan Asia Tenggara.

Berdasarkan naskah tua dan catatan-catatan sejarah,Kerajaan Aceh Darussala dibangun diatas puing-puing kerajaan-kerajaan Hindu dan Budha seperti Kerajaan Indra Purba, Kerajaan Indra Purwa, Kerajaan Indra Patra dan Kerajaan Indra Pura.Dari penemuan batu-batu nisan di Kampung Pande salah satu dari batu nisan tersebut terdapat batu nisan Sultan Firman Syah cucu dari Sultan Johan Syah, maka terungkaplah keterangan bahwa Banda Aceh adalah ibukota Kerajaan Aceh Darussalam yang dibangun pada hari Jum'at, tanggal 1 Ramadhan 601 H ( 22 April 1205 M) yang dibangun oleh Sultan Johan Syah setelah berhasil menaklukkan Kerajaan Hindu/Budha Indra Purba dengan ibukotanya Bandar Lamuri. Tentang Kota Lamuri ada yang mengatakan ia adalah "Lam Urik" sekarang terletak di Aceh Besar. Menurut Dr. N.A. Baloch dan Dr. Lance Castle yang dimaksud dengan Lamuri adalah "Lamreh" di Pelabuhan Malahayati (Krueng Raya sekarang). Sedangkan Istananya dibangun di tepi Kuala Naga (kemudian menjadi Krueng Aceh) di Kampung Pande sekarang ini dengan nama "Kandang Aceh".

Dan pada masa pemerintahan cucunya Sultan Alaidin Mahmud Syah, dibangun istana baru di seberang Kuala Naga (Krueng Aceh) dengan nama Kuta Dalam Darud Dunia (dalam kawasan Meligoe Aceh atau Pendopo Gubernur sekarang) dan beliau juga mendirikan Mesjid Djami Baiturrahman pada tahun 691 H.

Banda Aceh Darussalam sebagai ibukota Kerajaan Aceh Darussalam dan sekarang ini merupakan ibukota Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam telah berusia 797 tahun (tahun 2002 M) merupakan salah satu Kota Islam Tertua di Asia Tenggara.

Seiring dengan perkembangan zaman Kerajaan Aceh Darussalam dalam perjalanan sejarahnya telah mengalami zaman gemilang dan pernah pula mengalami masa-masa suram yang menggentirkan. Adapun Masa gemilang Kerajaan Aceh Darussalam yaitu pada masa pemerintahan "Sultan Alaidin Ali Mughayat Syah, Sultan Alaidin Abdul Qahhar (Al Qahhar), Sultan Alaidin Iskandar Muda Meukuta Alam dan Sultanah Tajul Alam Safiatuddin".

Sedangkan masa percobaan berat, pada masa Pemerintahan Ratu yaitu ketika golongan oposisi "Kaum Wujudiyah" menjadi kalap karena berusaha merebut kekuasaan menjadi gagal, maka mereka bertindak liar dengan membakar Kuta Dalam Darud Dunia, Mesjid DJami Baiturrahman dan bangunan-bangunan lainnya dalam wilayah kota.

Kemudian Banda Aceh Darussalam menderita penghancuran pada waktu pecah "Perang Saudara" antara Sultan yang berkuasa dengan adik-adiknya, peristiwa ini dilukiskan oleh Teungku Dirukam dalam karya sastranya, Hikayat Pocut Muhammad. Masa yang amat getir dalam sejarah Banda Aceh Darussalam pada saat terjadi Perang Dijalan Allah selama 70 tahun yang dilakukan oleh Sultan dan Rakyat Aceh sebagai jawaban atas "ultimatum" Kerajaan Belanda yang bertanggal 26 Maret 1837. Dan yang lebih luka lagi setelah Banda Aceh Darussalam menjadi puing dan diatas puing Kota Islam yang tertua di Nusantara ini Belanda mendirikan Kutaraja sebagai langkah awal Belanda dari usaha penghapusan dan penghancuran kegemilangan Kerajaaan Aceh Darussalam dan ibukotanya Banda Aceh Darussalam.

Dan sejak itu ibukota Banda Aceh Darussalam diganti namanya oleh Gubernur Van Swieten ketika penyerangan Agresi ke-2 Belanda pada Kerajaan Aceh Darussalam tanggal 24 Januari 1874 setelah berhasil menduduki Istana/Keraton yang telah menjadi puing-puing dengan sebuah proklamasinya yang berbunyi : Bahwa Kerajaan Belanda dan Banda Aceh dinamainya dengan Kutaraja, yang kemudian disahkan oleh Gubernur Jenderal di Batavia dengan beslit yang bertanggal 16 Maret 1874, semenjak saat itu resmilah Banda Aceh Darussalam dikebumikan dan diatas pusaranya ditegaskan Kutaraja sebagai lambang dari Kolonialisme.

Pergantian nama ini banyak terjadi pertentangan di kalangan para tentara Kolonial Belanda yang pernah bertugas dan mereka beranggapan bahwa Van Swieten hanya mencari muka pada Kerajaan Belanda karena telah berhasil menaklukkan para pejuang Aceh dan mereka meragukannya. Setelah 89 tahun Banda Aceh Darussalam dikubur hidup-hidup dan Kutaraja dihidupkan, maka pada tahun 1963 Banda Aceh dihidupkan kembali, hal ini berdasarkan Keputusan Menteri Pemerintahan Umum dan Otonomi Daerah bertanggal 9 Mei 1963 No. Des 52/1/43-43. Dan semenjak tanggal tersebut resmilah Banda Aceh menjadi nama ibukota Propinsi Nangroe Aceh Darussalam bukan lagi Kutaraja sampai dengan sekarang ini.

Sumber : Situs informasi pariwisata Banda Aceh

Readmore.....“SEJARAH berdirinya kota Banda Aceh”

Wednesday, September 10, 2008

Teuku Wisnu artis top sinetron keturunan Aceh

Siapa sih yang gak kenal ama yang namanya artis...Teuku Wisnu, putra Jakarta Keturunan/berdarah Aceh yang popular lewat sinetornya CINTA FITRI. So pasti putri-putri remaja dach pada kenal yang namanya Teuku Wisnu.

Romantis..........



Murah senyum....



Energik....



Populer



Ganteng loh...



Cool abizzz...



Teuku Wisnu yang merupakan anak ke 4 dari 4 bersaudara dari Ayah tercintanya Teuku Yusar dan ibunda Wuwuh A Puri lahir di Jakarta pada tanggal 4 Maret 1985 .

Teuku Wisnu yang mempunyai tinggi 178 cm dan berat 68 kg sangat hobby main bola dan suka menonton rupanya penggemar berat film Harry Potter, Lord of The Ring, Taxi 3, Lentera Merah, Angker Batu, dan Rocky Balboa dan ngefans banget ama yang namanya music RnB, alternative rock, hip-hop dan warna kesukaannya adalah hitam dan putih.

Dan Saat ini Wisnu tercatat sebagai Mahasiswa FISIP di Jurusan Hubungan Internasional Universitas Moestopo Jakarta.

Wisnu masuk ke dunia hiburan Indonesia berawal dari sebuah kecelakaan mobil. Waktu itu, bungsu dari empat bersaudara ini membawa mobil milik tantenya dan mengalami kecelakaan di jalan tol dalam kota. Karena tidak mempunyai uang untuk memperbaiki kerusakan mobil tantenya, Wisnu, atas saran temannya, mengikuti casting sebuah iklan.Sejak itulah nama dan sosok Teuku Wisnu mulai dikenal masyarakat.

Teuku Wisnu sudah membintangi sejumlah sinetron, film, iklan dan sempat menjadi presenter serta sudah mendapat 2 x penghargaan.

Sinetron nya Teuku Wisnu :

- Makin Sayang
- Benar Benar Cinta
- Dua Hati
- Culunnya Pacarku
- Hidayah
- Legenda eps Si Manis Jembatan Ancol
- Cinta Fitri dan
- Zahira

Film nya Teuku Wisanu :

- Gue Kapok Jatuh Cinta ,2005
- Lentera Merah ,2006

Iklannya Teuku Wisnu :

- Frestea
- Fren
- Pop Mie
- Baso Bakar So Good

Penghargaan atau prestasi yang sudah didapat oleh Teuku Wisnu :

- SCTV Award Tahun 2007 kategori Aktor Ngetop
- Finalis VJ Hunt MTV

Sumber artikel dan foto : lautanindonesia.com dan artis.inilah.com

Readmore.....“Teuku Wisnu artis top sinetron keturunan Aceh”

NANGGROE ACEH DARUSSALAM

Aceh – Nanggroe Aceh Darussalam (NAD)



Aceh atau secara rasmi, Nanggroe Aceh Darussalam adalah sebuah Daerah Istimewa yang terletak di Pulau Sumatra. Aceh terletak di barat laut Sumatra dengan kawasan seluas 57,365.57 km per segi atau merangkumi 12.26% pulau Sumatra. Aceh memiliki 119 buah pulau, 73 sungai yang besar dan 2 buah danau. Aceh dikelilingi Selat Melaka di sebelah utara, Provinsi Sumatera Utara di timur dan Lautan Hindi di selatan dan barat. Ibukota Aceh adalah Banda Aceh yang dulunya dikenali sebagai 'Kutaradja'.


Sejarah

Babad Cina seawal 6 AD telah menyatakan kewujudan sebuah kerajaan di bahagian hujung utara pulau Sumatra yang mereka kenali sebagai Po-Li. Naskhah Arab dan India kurun
ke-9 juga telah mengatakan perkara yang sama. Berbanding dengan kawasan-kawasan Indonesia yang lain, Aceh merupakan daerah pertama yang mempunyai hubungan langsung dengan dunia luar.

Aceh memiliki sebuah sejarah yang lama. Aceh memainkan peranan penting dalam tranformasi yang dijalani rantau ini sejak penubuhannya.

Marco Polo, pada 1292, sewaktu dalam pelayaran ke Parsi dari China telah bersinggah ke Sumatra. Beliau melaporkan terdapat enam pelabuhan yang sibuk di bahagian utara pulau tersebut. Mereka termasuk perlabuhan Perlak, Samudera dan Lambri. Kerajaan Islam yang pertama kali ditubuhkan di Aceh adalah Kerajaan Perlak pada tahun 804, lebih 100 tahun setelah Islam tiba di Nusantara. Penawanan pelabuhan di Melaka oleh Portugis pada 1511 telah menyebabkan ramai pedagang Arab dan India memindahkan perdagangan mereka ke Aceh. Ketibaan mereka membawa kekayaan dan kemakmuran kepada Aceh, dan
menandakan bermulanya dominasi Aceh dalam perdagangan dan politik di utara Sumatra khususnya dan Nusantara amnya. Keadaan ini berkekalan sehinggalah ia mencapai puncaknya antara 1610 dan 1640.

Kemunduran Aceh bermula sejak kemangkatan Sultan Iskandar Thani pada 1641 disebabkan dominasi perdagangan oleh Inggeris dan Belanda. Ini juga menyebabkan mereka untuk berlumba menguasai seberapa banyak kawasan di Nusantara untuk keg
iatan perdagangan mereka. Perjanjian London yang ditandatangani pada 1824 telah memberi kuasa kepada Belanda untuk menguasai segala kawasan British di Sumatra sementara Belanda akan menyerahkan segala kuasa perdagangan mereka di India dan juga berjanji tidak akan menandingi British untuk menguasai Singapura.

Belanda telah mendapati lebih sukar untuk menawan Aceh daripada apa yang mereka
jangkakan. Perang Aceh, yang berlansung dari 1873 ke 1942 (tetapi tidak berlanjut-lanjut), merupakan sebuah peperangan paling lama dihadapi oleh Belanda dan meragut lebih 10,000 orang tentera mereka.

Pasca-pencabutan Daerah Operasi Militer (DOM), atau sering dikenal dengan Operasi Jaring Merah, pada 7 Agustus 1998 yang sudah berlangsung selama 10 Tahun sejak 1989, tuntutan kemerdekaan Aceh yang disuarakan oleh Gerakan Aceh Merdeka (GAM) kian bergema. Selain itu, muncul tuntutan referendum sebagai akumulasi kekecewaan rakyat

Aceh pada pemerintah Jakarta. Tuntutan itu dimobilisir oleh pada intelektual Aceh yang terhimpun dalam Sentral Informasi Referendum Aceh (SIRA). SIRA yang didirikan di Banda Aceh pada 4 Februari 1999 berhasil mengakomodasi keinginan rakyat Aceh untuk menentukan nasib sendiri. Misalnya tercermin dalam aksi kolosal yang dibuat oleh SIRA pada 8 November 1999 yang dihadiri oleh 2 Juta rakyat Aceh dari berbagai kabupaten. SIRA yang dipimpin oleh Muhammad Nazar berhasil memobilisir perjuangan rakyat Aceh, untuk mendapatkan hak-haknya sebagai sebagai sebuah bangsa.

Keinginan rakyat Aceh untuk menentukan nasib sendiri semakin bergema dengan kelahiran berbagai organisasi perlawanan rakyat di Aceh, seperti KARMA, Farmidia, SMUR, FPDRA, SPURA, PERAK, dan HANTAM, yang lahir dengan mengusung berbagai macam isu. HANTAM misalnya, dengan mengusung isu Antimiliterisme berhasil membuat sebuah aksi yang spektakuler pada tahun 2002, dengan aksi yang paling fenomenal, karena dalam
aksinya mereka menuntut Cease-fire antara RI dan GAM. Selain itu HANTAM dalam aksinya mengusung empat bendera, seperti bendera GAM, RI, Referendum dan Bendera PBB. Aksi yang berlangsung pada 6 Mei 2002 itu berakhir dengan penangkapan semua peserta aksi HANTAM seperti Taufik Al Mubarak, Muhammmad MTA, Asmara, Askalani, Imam, Habibir, Ihsan, dan beberapa orang lagi. Aksi itu memberikan makna khusus bahwa intervensi PBB untuk memediasi konflik Aceh tak dapat ditolak.


Agama

Mayoriti penduduk di provinsi NAD memeluk agama Islam. Selain itu provinsi NAD memiliki keistimemawaan dibandingkan dengan provinsi yang lain, kerana di provinsi ini Syariat Islam diberlakukan kepada sebahagian besar warganya yang menganut agama Islam.


Bahasa

Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Aceh dan Bahasa Indonesia Walaupun banyak yang menggunakan bahasa Aceh dalam pergaulan sehari-hari, namun tidak bererti bahwa corak dan ragam bahasa Aceh yang digunakan sama. Tidak saja dari segi dialek yang mungkin berlaku bagi bahasa di daerah lain; bahasa Aceh bisa berbeza dalam pemakaiannya, bahkan untuk kata-kata yang bermakna sama. Kemungkinan besar hal ini disebabkan banyakya percampuran bahasa, terutama di daerah pesisir, dengan bahasa daerah lainnya atau juga kerana kelestarian bahasa aslinya


Geografi

Ibukota dan bandar terbesar di Aceh ialah Banda Aceh. Bandar besar lain ialah seperti Sabang, Lhokseumawe, dan Langsa.

Aceh merupakan kawasan yang paling teruk dilanda gempa bumi 26 Disember 2004. Beberapa tempat di persisiran pantai dilaporkan musnah sama sekali. Malah Banda Aceh turut hampir musnah dilanda tsunami.

Aceh mempunyai khazanah sumber bumi seperti minyak dan gas asli.


Demografi

Penduduk Aceh merupakan keturunan berbagai suku kaum dan bang

sa. Bentuk fizikal mereka menunjukkan ciri-ciri orang Nusantara, Cina, Eropah dan India. Leluhur orang Aceh dikatakan telah datang dari Semenanjung Malaysia, Cham, Cochin China dan Kemboja. Kumpulan-kumpulan etnik yang terdapat di Aceh adalah orang Aceh yang terdapat di merata Aceh, orang Gayo di Aceh Tengah, sebahagian Aceh Timur, Bener Meriah dan Gayo Lues, orang Alas di Aceh Tenggara, orang Tamiang di Aceh Tamiang, Aneuk Jamee di Aceh Selatan dan Aceh Barat Daya, orang Kluet di Aceh Selatan dan orang Simeulue di Pulau Simeulue. Aceh juga mempunyai bilangan keturunan Arab yang tinggi. Sebuah suku bangsa berketurunan Eropah juga terdapat di Kecamatan Jaya, Aceh Jaya. Mereka beragama Islam dan dipercayai adalah dari keturunan askar
-askar Portugis yang telah memeluk agama Islam. Pada amnya, mereka mengamalkan budaya Aceh dan hanya boleh bertutur dalam bahasa Aceh dan bahasa Indonesia.

Daerah Tingkat II ( Kabupaten/Kotamadya )
Kabupaten Aceh Barat
Kabupaten Aceh Barat Daya
Kabupaten Aceh Besar
Kabupaten Aceh Jaya
Kabupaten Aceh Selatan
Kabupaten Aceh Singkil
Kabupaten Aceh Tamiang
Kabupaten Aceh Tengah
Kabupaten Aceh Tenggara
Kabupaten Aceh Timur
Kabupaten Aceh Utara
Kabupaten Bener Meriah
Kabupaten Bireuen
Kabupaten Gayo Lues
Kabupaten Nagan Raya
Kabupaten Pidie
Kotamadya Banda Aceh
Kotamadya Langsa
Kotamadya Lhokseumawe
Kotamadya Sabang
Kabupaten Simeulue
Kubapaten Pidie Jaya
Kubapaten Subussalam

Lambang Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam

Lambang Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam diambil dari Kupiah Aceh berbentuk segi lima yang mengisyaratkan falsafah hidup rakyat dan Pemerintah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam yang disebut PANCACITA.

1. CITA KEADILAN : dacing
2. CITA KEPAHLAWANAN : rencong
3. CITA KEMAKMURAN : padi, lada, kapas dan cerobong
Padi : bahan pangan pokok
Lada : kekayaan utama Aceh dimasa lampau
Kapas : bahan sandang utama
Cerobong : industrialisasi
4. CITA KERUKUNAN : kubah mesjid
5. CITA KESEJAHTERAAN : kitab dan kalam

(Kesejahteraan yang menjadi idaman dan tujuan kita hendaklah berlandaskan ilmu pengetahuan)

Warna dasar
PUTIH pertanda kemurnian, KUNING kejayaan dan HIJAU Kesejahteraan dan kemakmuran

Geografis Provinsi NAD

Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam memiliki wilayah seluas 57.365,57 Km2, yang terdiri atas kawasan hutan lindung 26.440,81 Km2, kawasan hutan budidaya 30.924,76 Km2 dan ekosistem Gunung Leuser seluas 17.900 Km2, dengan puncak tertinggi pada 4.446 m diatas permukaan laut.
Sebelah utara dengan Laut Andaman
Sebelah timur dengan Selat Melaka
Sebelah selatan dengan Provinsi Sumatera Utara
Sebelah barat dengan Samudra Hindia

Daerah Melingkupi:
119 Pulau
35 Gunung,
73 Sungai

Jumlah Daerah :
21 Kabupaten
228 Kecamatasn
642 Mukim
111 Kelurahan

Sumber BAPPEDA Pov. NAD – Terakhir diperbaharui 08-Augustus-2006 13:25:43
Sumber : http://www.nad.go.id

Readmore.....“NANGGROE ACEH DARUSSALAM”

Monday, September 8, 2008

KOMUNITAS PUTRA-PUTRI ACEH... di dunia maya

Disini saya coba mengumpulkan komunitas - komunitas anak Aceh yang sudah terbentuk di dunia maya diantaranya :

1.Aceh Foum Community ( AFC )
Aceh Forum Community ( AFC )
Together we can do ( Tema )

2.Aceh Blogger Community ( ABC )
Aceh Blogger Community ( ABC )
situs aggregrasi para blogger Aceh yang berada di Indonesia maupun di seluruh dunia ( Tema )

3.Atjeh Joomla Community ( AJC )
http://www.atjeh-joomla.org
Teruslah berkarya,berkarya terus - Generasi IT Aceh ( Tema )

4.Aceh Linux Activist ( ALA )
http://aceh.linux.or.id
Komunitas pengguna linux Aceh

5.Forum Nanggroe
http://www.nanggroe.com/forum/
Welcome nanggroe

6.SAMAN UI
http://samanui.wordpress.com
Silaturrahmi Mahasiswa Nanggroe Aceh Darussalam Universitas Indonesia”

7.Youtube Grup Aceh
http://www.youtube.com/group/Acheh
Reuweung ureung Aceh proh masalah

8.Aneuk Aceh
http://aceh.multiply.com
Kumpulan Aneuk Aceh di Multiply

9.Nanggroe Aceh Darussalam Community
http://serambimekkah.multiply.com
Kumpulan Aneuk Aceh di Multiply

10.Kota Banda Aceh
http://kotabandaaceh.multiply.com
Kumpulan Aneuk Aceh di Multiply

11.Aceh Sepanjang Abad
http://aceh1.multiply.com
Kumpulan Aneuk Aceh di Multiply

12.Kedai kopi Serambienews
http://kedaikopi.serambinews.com
Forum diskusi santai serambi online

13. ABC Yahoo Groups
ABC yahoo groups
Milis Komunitas Blogger Aceh - Disini tempatnya para blogger untuk menyalurkan saran, kritik dan pendapat untuk kemajuan Aceh Blogger Community (ABC).

14. Bahsa Aceh Group Google
http://groups.google.co.id/group/bahsa-aceh
Group mills berbahasa Aceh

15. Acehline Community
http://acehline.coolbb.net/
Computer - Internet - Hacking - Security

16. Blogger Aceh Grup Blogcatalog
http://www.blogcatalog.com/group/blogger-aceh
Tempat ngumpulnya para Blogger Tanoh Rincong dari Aceh sampoe ban sigoem donya.


Kalau ada yang ingin menambahkan silakan demi komunitas anak aceh didunia maya baik yang ada di Aceh, Indonesia maupun dunia.

Readmore.....“KOMUNITAS PUTRA-PUTRI ACEH... di dunia maya”

POHON RUKU'...ditemukan di Australia



























Walaupun berita ini sudah banyak beredar di internet dan media tapi tidak ada salahnya kalau kita melihat lagi salah satu kebesaran Allan di muka bumi ini dengan ditemukannya ( gak jelas siapa yang nemu ) Sebuah pohon yang sedang ruku’ ( ruku, adalah salah satu dari rukun sembahyang/shalat )lagi menghadap kiblat di hutan dekat Sydney, Australia.

Readmore.....“POHON RUKU'...ditemukan di Australia”

Mata air zamzam




Air Zamzam berasal dari mata air Zamzam yang terletak di bawah tanah, sekitar 20 meter di sebelah Tenggara Ka'bah. Mata air atau Sumur ini mengeluarkan Air Zamzam tanpa henti. Diamanatkan agar sewaktu minum air Zamzam harus dengan tertib dan membaca niat. Setelah minum air Zamzam kita menghadap Ka'bah.

Sumur Zamzam mempunyai riwayat yang tersendiri. Sejarahnya tidak dapat dipisahkan dengan isteri Nabi Ibrahim AS, yaitu Siti Hajar dan putranya Ismail AS. Sewaktu Ismail dan Ibunya hanya berdua dan kehabisan air untuk minum, maka Siti Hajar pergi ke Bukit Safa dan Bukit Marwah sebanyak 7 kali.Namun tidak berhasil menemukan air setetespun karena tempat ini hanya merupakan lembah pasir dan bukit-bukit yang tandus dan tidak ada air dan belum didiami manusia selain Siti Hajar dan Ismail.

Penjelasan tentang sejarah ini adalah sbb :

Saat Nabi Ibrahim AS, Siti Hajar dan Ismail tiba di Makkah, mereka berhenti di bawah sebatang pohon yang kering. Tidak berapa lama kemudian Nabi Ibrahim AS meninggalkan mereka.

Siti Hajar memperhatikan sikap suaminya yang mengherankan itu lalu bertanya ;" Hendak kemanakah engkau Ibrahim ?"

"Sampai hatikah engkau meninggalkan kami berdua ditempat yang sunyi dan tandus ini ? ".

Pertanyaan itu berulang kali, tetapi Nabi Ibrahim tidak menjawab sepatah kata pun.

Siti Hajar bertanya lagi;

"Apakah ini memang perintah dari Allah ?"

Barulah Nabi Ibrahim menjawab, "ya".

Mendengar jawaban suaminya yang singkat itu, Siti Hajar gembira dan hatinya tenteram. Ia percaya hidupnya tentu terjamin walaupun di tempat yang sunyi, tidak ada manusia dan tidak ada segala kemudahan. Sedangkan waktu itu, Nabi Ismail masih menyusu.

Selang beberapa hari, air yang dari Nabi Ibrahim habis. Siti Hajar berusaha mencari air di sekeliling sampai mendaki Bukit Safa dan Marwah berulang kali sehingga kali ketujuh (terakhir ) ketika sampai di Marwah, tiba-tiba terdengar oleh Siti Hajar suara yang mengejutkan, lalu ia menuju ke arah suara itu. Alangkah terkejutnya, bahwa suara itu ialah suara air memancar dari dalam tanah dengan derasnya. Air itu adalah air Zamzam.

Air Zamzam yang merupakan berkah dari Allah SWT, mempunyai keistimewaan dan keberkatan dengan izin Allah SWT, yang bisa menyembuhkan penyakit, menghilangkan dahaga serta mengenyangkan perut yang lapar. Keistimewaan dan keberkatan itu disebutkan pada hadits Nabi , " Dari Ibnu Abbas r.a., Rasulullah s.a.w bersabda: "sebaik-baik air di muka bumi ialah air Zamzam. Air Zamzam merupakan makanan yang mengenyangkan dan penawar bagi penyakit ".

Sumber : Hajiumroh

Readmore.....“Mata air zamzam”

Bergabung Yok...

My Blog List

Guestbook






  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008 Aceh Blogging

Back to TOP