Saturday, February 28, 2009

MUSEUM TSUNAMI ACEH

MUSEUM TSUNAMI ACEH

Museum Tsunami Aceh adalah sebuah Museum untuk mengenang kembali pristiwa tsunami yang maha daysat yang menimpa Nanggroe Aceh Darussalam pada tanggal 26 Desember 2008 yang menelan korban lebih kurang 240,000 0rang.

Museum tsunami Aceh

Gedung Museum Tsunami Aceh dibangun atas prakarsa beberapa lembaga yang sekaligus merangkap panitia. Di antaranya Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BRR) NAD-Nias sebagai penyandang anggaran bangunan, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral (DESDM) sebagai penyandang anggaran perencanaan, studi isi dan penyediaan koleksi museum dan pedoman pengelolaan museum), Pemerintah Nanggroe Aceh Darussalam (NAD)sebagai penyedia lahan dan pengelola museum, Pemerintah Kotamadya Banda Aceh sebagai penyedia sarana dan prasarana lingkungan museum dan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI)cabang NAD yang membantu penyelenggaraan sayembara prarencana museum

Menurut Eddy Purwanto sebagaiPenggagas Museum Tsunami Aceh dari BRR Aceh, Museum ini dibangun dengan 3 alasan:
1. untuk mengenang korban bencana Tsunami
2. Sebagai pusat pendidikan bagi generasi muda tentang keselamatan
3. Sebagai pusat evakuasi jika bencana tsunami datang lagi.”

Perencanaan detail Museum ,situs dan monumen tsunami akan mulai pada bulan Agustus 2006 dan pembangunan akan dibangun diatas lahan lebih kurang 10,000 persegi yang terletak di Ibukota provinsi Nanggroes Aceh Darussalam yaitu Kotamadaya Banda Aceh dengan anggaran dana sekitar Rp 140 milyar dengan rincian Rp 70 milyar dari Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BRR) untuk bangunan dan setengahnya lagi dari Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk isinya juga berisi berbagai benda peninggalan sisa tsunami.

Sebelum pembangunan dimulai panitia menyelenggarakan lomba design museum dengan Thema "Nanggroe Aceh Darussalam Tsunami Museum (NAD-TM)", lomba yang ditutup tanggal 5 Agustus 2007 berhadiah Total Rp 275 juta dengan rincian pemenang I mendapatkan Rp 100 juta,ke II Rp 75 juta,ke III Rp 50 juta dan sisanya Rp 50 juta akan dibagikan sebagai penghargaan partisipasi kepada 5 design inovatif @ Rp 10 juta.

LAHIRNYA "RUMOH ACEH AS ESCAPE HILL"

Museum tsunami Aceh

(Dari kiri ke kanan:A.D.Pirous,Kamal A.Arif dan Teuku Abdullah Sanny)

Seperti yang saya kutip dari saudara Johny Hartanta Sembiring,yang merupakan Anggota Tim Ahli Bidang Informatika setelah mengadakan pertemuan yang diadakan di Rumah Prof.Drs. Abdul Djalil Pirous yang merupakan Guru Besar Seni Rupa ITB bersama DR.Ir. Kamal A. Arif, M.Eng yang merupakan Pakar Museum dan Sejarah dan DR.Eng.Ir. Teuku Abdullah Sanny, M.Sc yang merupakan Pakar Geologi dan Seismik ITB di daerah Bukit Dago Pakar Timur,Bandung Pada hari Rabu, 10 Oktober 2007 yang dimlai pukul 16.00 WIB sampai malam hari ditutup dengan makan malam bersama dengan thema membahas Bahan Kajian Isi/Materi Museum Tsunami Aceh.

Museum Tsunami Aceh akan dibangun di kota Banda Aceh kira-kira 1 km dari Masjid Raya Banda Aceh, Adapun fungsi Museum Tsunami Aceh ini adalah :
1. Sebagai objek sejarah, dimana museum tsunami akan menjadi pusat penelitian dan pembelajaran tentang bencana tsunami.
2. Sebagai simbol kekuatan masyarakat Aceh dalam menghadapi bencana tsunami.
3. Sebagai warisan kepada generasi mendatang di Aceh dalam bentuk pesan bahwa di daerahnya pernah terjadi tsunami.
4. Untuk mengingatkan bahaya bencana gempa bumi dan tsunami yang mengancam wilayah Indonesia. Hal ini disebabkan Indonesia terletak di “Cincin Api” Pasifik, sabuk gunung berapi, dan jalur yang mengelilingi Basin Pasifik. Wilayah cincin api merupakan daerah yang sering diterjang gempa bumi yang dapat memicu tsunami.

Berikut animasi komputer bangunan Museum Tsunami Aceh yang akan dibangun dengan konsep dan design "Rumoh Aceh as escape hill" hasil maha karya Muhammad Ridwan Kamil yang kemudian menjadi Mueum Tsunami Aceh.

Perhatian: Hak cipta ada pada Muhammad Ridwan Kamil,Muhammad Yuliansyah Akbar, A.A Putra Munchana, Asep Budiman

Design Exterior Museum

Museum tsunami Aceh

Bangunan rumah tradisional masyarakat Aceh, berupa bangunan rumah panggung Aceh diambil sebagai analogi dasar massa bangunan. Dengan konsep rumah panggung, bangunan ini juga dapat berfungsi sebagai sebuah escape hill sebuah taman berbentuk bukit yang dapat dijadikan sebagai salah satu antisipasi lokasi penyelamatan jika seandainya terjadinya banjir dan bencana tsunami di masa datang.

Museum tsunami Aceh

Kemudian juga ada the hill of light, selain taman untuk evakuasi yang dipenuhi ratusan tiang, para pengunjung dapat meletakkan karangan bunga, semacam personal space dan juga ada memorial hill di ruang bawah tanah serta dilengkapi ruang pameran.

Museum tsunami Aceh

Desain ini juga sarat dengan konten lokal. Tarian saman sebagai cerminan Hablumminannas (konsep hubungan antar manusia dalam Islam) distilasi kedalam pola fasade bangunan.

Museum tsunami Aceh

Tampilan eksterior yang luar biasa yang mengekspresikan keberagaman budaya Aceh melalui pemakaian ornamen dekoratif unsur transparansi elemen kulit luar bangunan.

Design Interior Museum

Museum tsunami Aceh

Dalam desain gambar diatas terlihat sebuah lorong sempit dan remang. Melalui lorong itu kita bisa melihat air terjun di sisi kiri dan kanannya yang mengeluarkan suara gemuruh air. Lorong itu untuk mengingatkan para pengunjung pada suasana tsunami, kata Kamal A Arief.

Museum tsunami Aceh

The light of God, sebuah ruang berbentuk sumur silinder yang menyorotkan cahaya keatas sebuah lubang dengan tulisan arab “Allah” dan dinding sumur silinder dipenuhi nama para korban.sangat mengandung nilai-nilai religi merupakan cerminan dari Hablumminallah (konsep hubungan manusia dan Allah).

Museum tsunami Aceh

Dalam menyikapi konteks urban, bangunan didesain agar dapat berfungsi juga sebagai sebuah taman kota. Lahan terbuka sebagai hasil bangunan yang diangkat di desain untuk dapat menyeimbangkan skala manusia dan bangunan.

Museum tsunami Aceh

Tampilan interior yang penuh pesona dengan mengetengahkan sebuah tunnel of sorrow yang menggiring pengunjung ke suatu perenungan atas musibah dahsyat yang diderita warga Aceh sekaligus kepasrahan dan pengakuan atas kekuatan dan kekuasaan Allah dalam mengatasi sesuatu.

"RUMOH ACEH AS ESCAPE HILL" JUARA DESIGN MUSEUM TSUNAMI ACEH

Desain Rumoh Aceh Escape Hill karya M Ridwan Kamil akhirnya memenangkan sayembara lomba desain Museum Tsunami Aceh setelah mengalahkan 68 desain yang memenuhi seluruh persyaratan yang sudah ditetapkan panitia dari total 153 karya yang masuk seperti yang saya kutip dari DetikNet dan Melayu Online.Pengumuman itu dikeluarkan oleh panitia pada Jumat (17/08/2007) di Ruang Sultan Selim II, Aceh Community Center, Banda Aceh. Pemenang pertama berhak mengantongi hadiah Rp 100 juta, dari total hadiah Rp 275 juta.

"Kita memilih Rumoh Aceh as Escape Hill sebagai pemenang karena dia hampir memenuhi semua kriteria penjurian. Tidak hanya sebuah bangunan monumen, tapi juga sebuah museum tsunami yang monumental. Dalam desain itu Ridwan mengilustrasikan bencana alam dalam sebuah bangunan yang sekaligus mengekspresikan kejadian tsunami 26 Desember 2004" ungkap salah satu juri Kamal A Arief pada wartawan usai pengumuman.

"Desain gambar yang tertuang dalam karya M Ridwan Kamil memperlihatkan pada lantai pertama bangunan museum adalah ruang terbuka seperti rumah tradisional Aceh.Gambar itu bermakna bahwa ruangan terbuka itu dapat dimanfaatkan sebagai ruang publik dan jika terjadi banjir atau tsunami, maka laju air yang datang tidak akan terhalangi,” Kata Mirza Kumala.

LOKASI MUSEUM TSUNAMI ACEH

Lokasi Museum Tsunami Aceh terletak diIbukota Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam yaitu Kotamadya Banda Aceh di Jalan Sultan Iskandarmuda dekat simpang jam, di seberang lapangan Blang Padang.persisnya di bekas kantor Dinas Peternakan Aceh sebelah pemakaman kuburan belanda (Kerkhoff).

Museum Tsunami Aceh

GAMBAR DESIGN MUSEUM TSUNAMI ACEH

Gambar ini saya ambil dari http://kedaikopi.serambinews.com yang diposting oleh saudara Iradis

Museum Tsunami Aceh ~ Museum Tsunami Aceh

MUSEUM TSUNAMI ACEH MENJELANG FINISHING

Gambar ini saya ambil dari http://kedaikopi.serambinews.com yang diposting oleh saudara Iradis

Museum tsunami Aceh ~ Museum Tsunami Aceh

Museum Tsunami Aceh ~ Museum Tsunami Aceh 12

Museum Tsunami Aceh 11 ~ Museum tsunami Aceh

~

MUSEUM TSUNAMI ACEH DIRESMIKAN OLEH PRESIDEN RI - SUSILO BAMBANG YUDHOYONO

Pada tanggal 23 Februari 2008 Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono berkunjung ke Aceh untuk meresmikan Museum Tsunami Aceh di lapangan Blang Padang Banda Aceh sekalian meremikan dan menandatangani ke 12 proyek pembangunan rehabilitasi dan rekonstruksi dan infrastruktur di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) yang telah selesai dikerjakan oleh Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BRR) NAD-Nias, Departemen Pekerjaan Umum, Pemerintah Provinsi NAD, Pemerintah Kota Banda Aceh dan para lembaga mitra.

1. prasasti TamanInternasional “Aceh Thanks The World”
2. Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue
3. Politeknik Aceh
4. Bendungan Keuliling
5. Kapal Motor Penyeberangan (KMP) BRR
6. Jembatan Krueng Keureuto di Aceh Utara
7. Jembatan Cundadi Lhokseumawe
8. Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Aceh Tenggara
9. SPAM Aceh Selatan
10.Terminal Penumpang Tipe A Banda Aceh
11.Stasiun Perum Damri beserta 28 bus Damri
12.Kantor Badan SAR Nasional (Basarnas) di Aceh.

BRR SERAHKAN MUSEUM TSUNAMI ACEH KEPADA PEMDA NAD

Kepala BRR Aceh-Nias Kuntoro Mangkusubroto menserahkanterimakan aset senilai Rp 89 miliar kepada Gubernur Aceh Irwandi Yusuf Selaku Gubernur NAD, Sabtu (21/2) sore di kantor Gubernur Aceh. Aset-aset yang diserahkan itu berupa gedung Pusat Riset Tsunami dan Mitigasi Bencana senilai Rp 11 miliar, Museum Tsunami (Rp 66 miliar), gedung batik (Rp 2 miliar), serta Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Rp 9 miliar).

Dalam serah terima tersebut Kepala BRR mengatakan, Pusat Riset Tsunami dan Mitigasi Bencana yang terletak di Ulee Lheue menjadi pusat pembelajaran tsunami dan bencana di Aceh. Bahkan, Pusat Riset ini akan terkoneksi langsung dengan Pusat Tsunami di Hawai dan Jepang. Diharapkan, dengan adanya Pusat Riset Tsunami ini, masyarakat Aceh khususnya dan Indonesia bisa tanggap terhadap bencana dan mempunyai pengetahuan yang memadai terhadap tsunami.

“Kita menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Aceh yang sudah menyiapkan lokasi museum. Museum ini sangat bagus.Museum Tsunami ini akan menjadi landmark bagi Aceh untuk memperingati dan mengenang bencana tsunami,”kata Kuntoro

Irwandi

Kuntoro Mangkusubroto,Irwandi Yusuf ,Pierre Philippe Head of Operations European Commission and Andrew Steer, World Bank Country Director Indonesia

“Tentunya aset-aset yang diserahterimakan ini telah melalui proses verifikasi kedua belah pihak. Memang belum banyak yang diserahkan hari ini, tapi hari ini adalah tonggak aset yang paling besar, yaitu Museum Tsunami,” kata Irwandi Yusuf penyerahan aset ini merupakan rangkaian dari penyerahan aset kepada Pemerintah Kabupaten/Kota yang telah terlebih dahulu diserahterimakan..

Irwandi Yusuf berharap, melalui Museum Tsunami ini Pemerintah Aceh bisa menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk luar negeri, untuk memaksimalkan museum ini. “Alangkah konyolnya jika gedung itu tidak dipakai. Selain itu, kami berharap pada BRR, kalau ada aset-aset yang kurang sempurna mohon disempurnakan,”

WARGA ACEH MULAI MENGUNJUNGI MUSEUM TSUNAMI ACEH

Sejak diresmikan beberapa hari lalu oleh Presiden Susilo Bambang Yudoyono museum tsunami Aceh yang terletak di jalan T. Iskandar Muda ramai dikunjungi masyarakat Banda Aceh dan Aceh Besar. Terlihat beberapa pengunjung sedang beristirahat setelah melihat fasilitas museum.

Museum tsunami yang penuh perlambang ini berdiri seperti mercu suar di Banda Aceh dengan bentuk kapal yang terdiri dari 4 tingkat dan dihiasi dekorasi bermotif Islam.

Atapnya menggambarkan ombak sedang di lantai pertama dipamerkan rumah tradisional Aceh yang dilengkapi dengan peralatan untuk bisa bertahan menghadapi tsunami.

Museum Tsunami Aceh

Para pengunjung juga diajak berjalan melewati lorong sempit dan gelap dengan dua dinding air untuk menghadirkan suasana kepanikan saat tsunami datang.

Museum Tsunami Aceh ~ Museum Tsunami Aceh

Museum Tsunami Aceh ~ Museum Tsunami Aceh

Museum Tsunami Aceh ~ Museum Tsunami Aceh

Artikel dan gambar dari berbagai sumber

Related Posts by Categories



122 comments:

Senoaji February 28, 2009 at 5:54 PM  

keren.... wah bingung mo komentar bilang keren tapi kok dibalik itu ada peristiwa yang satir, tapi masalalu kelam memang perlu dihikmahkan, to perlu dikenang? hmmmm...

Kristina Dian Safitry February 28, 2009 at 6:00 PM  

andainya Tuhan mengizinkan pengen sekali saya kesono. meski hanya memasuki musiumnya aja,aku yakin tragedi desember itu masih terekam.
*met petang bang*

gdenarayana February 28, 2009 at 6:06 PM  

hikzzz keren banget desainnya bang ;)

lengkap infonya

met wiken bang ;)

ilham maulana February 28, 2009 at 6:21 PM  

mudah2-an orang non-aceh bisa melihat sebuah musibah yang menyedihkan ini....

dan mudah2an orang aceh tidak terlena oleh bantuan pihak2 asing....

mudah2an...

suryaden February 28, 2009 at 8:13 PM  

bagus sekali,
jadi inget deh betapa banyak sekali temen saya dan keluarganya yang hilang ditelan tsunami itu...

Atca February 28, 2009 at 9:01 PM  

wowww
bagus banget yah...kalo inget tragedi tsunami itu sedih bangetttt

Danta February 28, 2009 at 10:24 PM  

Wah mas.. museumnya keren mas..
Wah.. desain gedungnya mirip kapal ya..
hhhhmmm.. jadi pingin ke sana

abang February 28, 2009 at 10:33 PM  

Jadi terkenang waktu abang membawa "pasukan" mendarat di serambi mekkah Desember 2004 pkl. 23.00 ....Spechlesss ...banyak abang memperoleh saudara dan ayah angkat disana ...

Semoga masyarakat aceh selalu berada dalam Lindungan-NYA Amin ...

ipanks March 1, 2009 at 12:30 AM  

keren banget bang gambarnya.mudah-mudahan daku bisa berkunjung ke sana yap bang

Danta March 1, 2009 at 12:48 AM  

Oiya mas.. thx ya udah jadi top komentator di blog saya

kakve-santi March 1, 2009 at 11:17 AM  

salam...

tsunami telah berlalu, yang ada kini semangat baru...

rampadan March 1, 2009 at 9:10 PM  

ya ampun, bagus banget ya gedungnya???

Yusa Indera March 2, 2009 at 10:26 AM  

Wah luar biasa keren banget museumnya Bang..infonya lengkap bgt..

aulia87 March 2, 2009 at 11:12 AM  

sebuah ulasan lugas yang dihimpun dari berbagai sumber membuat orang tahu akan keberadaan/keadaan museum tsunami di Aceh hanya ada di blog aneukagamaceh.blogspot.com.

jadi tunggu apa lagi kini saatnya anda lihat dan rasakan perenungan dari tragedi 26 Desember 2004 yang silam.

denologis March 2, 2009 at 9:44 PM  

wah, museum yang fantastis!

..:: MUHAMMAD ASFAR ::.. March 3, 2009 at 11:16 AM  

bagus banget, tapi kalo dana untuk bangun meseum itu digunakan untuk membangun rumah2 masyarakat miskin di aceh, wah pasti lebih bagus.
sepakat tidak ?

Dhe March 4, 2009 at 12:40 PM  

wow!!! keren @_@
bang baka hebat ne.. infonya^^
uuhh.. jd pengen ke banda ace, liat2..

btw.. tuks mr. baka ada pr tu dr dhe ^^
PR nya mr. baka tar dhe kerjain yah^^ sory, koz skrg lom ada potonya...

^_^

audy March 4, 2009 at 4:16 PM  

waow...disainnya bagus banget...penuh makna....moga2 perawatan bangunannya juga bagus... thanks banget infonyaaaa....seneng ni baca n liat foto2nya...

bcom March 4, 2009 at 8:34 PM  

Saya turut bangga dengan adanya museum ini, karena banyak juga rekan-rekan kami yang tewas saat tugas disana. Semoga Harwat-nya berjalan dengan lancar.... amin

genial March 5, 2009 at 12:34 AM  

ko' museumnya keren banget ya....?!?!?!

Erik March 5, 2009 at 9:45 AM  

Desian museumnya bagus banget, disain interiornyanya juga mengajak pengunjung untuk selalu ingat akan kekuasaan dan kebesaran Allah SWT.

IjoPunkJutee March 5, 2009 at 6:24 PM  

Semoga dengan dibangunnya Museum ini menandakan bahwa "kita" sudah menyiapkan antisipas dan sistem peringatan dini, sehingga tak lagi diperlukan tuk bangun museum yang kedua....amien....

karangsati March 5, 2009 at 8:34 PM  

megah sekali.

saya jadi serem. apa nggak seperti (maaf) menantang tuhan... takutnya nanti orang terlena dengan keanggunan bangunannya, hingga kehilangan hikmah dari peristiwanya.

nice posting, tulisan ini lengkap dan informatif

dwinacute March 5, 2009 at 11:30 PM  

wow bagus banget desain gedungnya. hmm jadi pingin dateng dan denger suara air terjun yang ngingetin peristiwa tsunami.

stainly March 7, 2009 at 5:19 AM  

semoga tidak terjadi lagi besok-besok ..
btw storynya complete bgt

Danta March 8, 2009 at 7:26 PM  

Mampir lagi mas.. setelah seminggu saya gak bisa ngeblog..

nietha March 8, 2009 at 8:13 PM  

Langsung tertarik untuk berkunjung ke museum tsunami. Thanks info nya

kapanpun March 9, 2009 at 12:52 PM  

sangat baik untuk mengingatkan kisah tragis bangsa indonesia

Anonymous,  March 11, 2009 at 4:46 PM  

Great...
Congratulations museum

bunda March 12, 2009 at 1:19 AM  

semoga semua yang menjadi prasasti tidak hanya sekadar simbol namun lebih bisa menjadi pelajaran bagi kita semua memaknai betapa berharganya hidup ini. jadi selalu ingat untuk bersyukur kepadaNya

Sang Penyamun March 12, 2009 at 6:57 PM  

halo mas baka,,,,,,,,,,,,,,,, kemana aja nih, lama gak kliatan, nongkrong dimana sih?

apa ikutan kampanye video mesum juga...

hahahhhahaa..........

~PakKaramu~ March 12, 2009 at 7:06 PM  

Pak Karamu melawat ke rumah orang Aceh

tengkuputeh March 13, 2009 at 10:43 AM  

Wajib dikunjungi neh...
Ayo semua datang ke Aceh...
Berwisata...

ichanx March 14, 2009 at 2:12 PM  

sedih ya inget kejadian waktu itu... btw... taun kejadian di paragraf pertama salah tuh

bunda March 14, 2009 at 6:04 PM  

bang Baka kemana aja nih, kok lama ngga beredar. sibuk di dunia nyata ya bang..atau sibuk mau persiapan pemilu?
salam hangat dan hepi wiken

Indra March 21, 2009 at 9:59 AM  

Hello
salam kenal ya..
ku indra
senang berkenalan dengan kamu
http://palembang-musi.blogspot.com/

J & C March 21, 2009 at 4:46 PM  

wih keren bangett jadinya! top buat rakyat aceh!

kalo minat mampir2 :D
www.jokesandcartoon.co.nr

salam

Anonymous,  March 24, 2009 at 12:16 PM  

Wow..indah bsnget
jsdi kepingin segera ke Banda Aceh

Xitalho March 25, 2009 at 6:40 PM  

Semoga bisa menjadi "Pengingat" dan agar masyarakat selalu waspada....

tikno March 27, 2009 at 12:29 AM  

Museum yang bagus dan megah.

omiyan April 3, 2009 at 4:05 PM  

semoga museum inni mengingatkan akan kejadian yang telah merenggut nyawa saudara-saudara kita sekaligus pengingat bila Tuhan itu masih ada

http://pelajaran-blog.blogspot.com/ April 3, 2009 at 6:19 PM  

Mungkin global warming kamu dulu yang peduli,he..he..cinta tanah sendiri!!
lam kenal dari aku
from pelajaran blog

Lidia April 3, 2009 at 10:17 PM  

hai...nice to see U.it's nice Blog I think and $end a big $$mile of course....pls visit me if U have time....and I regularly visit U....thank U !

Rozy April 14, 2009 at 8:14 AM  

wah keren
baru tau kalau ada museum tsunami aceh

bunda April 17, 2009 at 9:08 AM  

Bang Baka kemana saja ya... lama ga OL. mestinya banyak kesibukan di darat nih.
semoga tetap dalam keadaan sehat
salam

blogartik May 10, 2009 at 8:07 PM  

maju terus aceh.... linknya udah saya pasang di blog saya

m4rp4un6 May 15, 2009 at 2:08 PM  

saya jadi pengen ke Banda... APa aja ya isi di dalamnya

Admin May 19, 2009 at 12:46 PM  

yuk tukeran link dengan blog dibawah ini. Ditunggu konfirmasinya....ya.

Info Kesehatan dan ramalan bintang mingguan
http://infosehatbugar.blogspot.com

Tips mempercantik Blog
http://panduan-blogger-mania.blogspot.com
http://secretbloggertips.blogspot.com

blogartik May 21, 2009 at 8:20 PM  

link nya udah aku pasang diblog ak....

blogartik May 21, 2009 at 8:24 PM  

back link saya mana....

subagya June 1, 2009 at 11:24 PM  

wah bang baka kemana nih... hik hik hik

worldtrendz June 10, 2009 at 10:56 AM  

Hi Friend.. Interesting post.. Keep up the good work.. I have added you to my blog roll.. Hope you too will add me.. Do find time to visit my blog and post your comments.. I wil drop by your blog often.. Take care.. Cheers mate!

Rizal June 11, 2009 at 5:50 PM  

Sejarah buat cucu kita nanti :D
articles

Ksatrio Wojo Ireng June 16, 2009 at 3:25 AM  

Semoga dengan museum ini senantiasa menjadikan warga Aceh dan pengunjung dari daerah diluar Aceh senantiasa meningkatkan kesadaran akan keselamatan.. serta terus menjaga kelestarian lingkungan.

Insyallah akancoba mengunjungi musieum ini suatu hari. Salam hangat dari afrika barat!.

Bahauddin July 15, 2009 at 9:45 PM  

Semoga museum Tsunami Aceh ini mampu menjadi spirit monumental yang kemudian menggerkakkan masyarakat Aceh dan Dunia agar selalu menjaga lingkungan hidup dan kehidupan....

MATA HATI July 16, 2009 at 1:56 AM  

waaaaaaaahhhh canggih yaaaa

vahn August 25, 2009 at 6:37 AM  

keren,sampe d bikin museum...

Anonymous,  September 10, 2009 at 5:12 AM  

Bang fotonya ganteng yg dulu loh! Yg pake kacamata hitam. Hehe

Chopper Wallpaper October 4, 2009 at 3:28 PM  

SubhanAllah.....
museumnya bagus.....

Chronoart January 18, 2010 at 8:46 PM  

mau nonton dan denger Orkestra Aceh..?? Ini dibuat Khusus Untuk Memperingati Tsunami 2004

FB : http://www.facebook.com/video/video.php?v=1218292457725&ref=mf

Youtube :

http://www.youtube.com/watch?v=y8d223rq1Is

Satu untuk semua March 12, 2010 at 7:06 PM  

aku kangan ingin menyapa Aceh lagi,kenangan twrindah ku di sana..
Makasi ya bang Salam wat orang Long n Aceh.

Tempat Wisata Indonesia May 31, 2010 at 4:20 AM  

amin..semoga indonesia tidak terkena bencana lagi seperti di Aceh

Anonymous,  August 7, 2010 at 12:46 PM  

is speedily Links london Chainsapproaching and men across the earth will start stress out about it. links of london sweetie bracelet Choosing a Valentine's Gift can be somewhat grueling, friendship bracelets especially if she and you are entirely close and all you want to do is dash her sympathy during this unusual reason. links of london uk All you necessity is some planning, the little thoughts, and a whole lot of honey. links of london silver If you are mystified for an idea for the Valentines Day gift now then why not ponder a discount links of london section of .Links Of London Bracelet is the classic and thoughtful gift to believe, links of london bracelet sale however, this is regularly above people's budgets. When selecting cheap links of london bracelet Bracelet get something that she will like, attire and show off to her links. links of london bracelet uk If she never wears jewels then bountiful her a wristlet is a very discount links of london bracelets risky and inadvisable gift.

Anonymous,  August 23, 2010 at 11:26 AM  

When UGG Classic Tall moment in Classic Tall Boots time Classic Tall uggs pertains find ugg 5815 expensive jewelry regarding UGG Cardy Mother you'll notice Cardy Boots engagement rings is among the actual
Classic Tall uggs ideal presents you can actually produce your mother. You Cardy Ugg boots can find explanation Cardy uggs why folks should display his or her's mother's ugg 5819 with gifts. A birthday and mom's birthday are usually a couple of the extremely UGG Classic Short

admin August 23, 2010 at 11:21 PM  

MASSYAALLAH,kemegahannya memukau banyak orang dan menjadi kenangan yang tak terlupakan bagi rakyat aceh!

shopping blog September 2, 2010 at 8:19 AM  

The curve of pandora jewelry the end of the ironing board to Pandora charms act as the shoulder. Now, mist pandora bracelets and charms the shirt with your spray bottle and then buy Pandora you start ironing over the front of the discount pandora bracelets shirt. When you approach the part of Pandora necklace the shirt that has the buttons on the pandora necklace beads edges, you pull the bottom part of the shirt taught and then work against Pandora necklace sale the direction you are pulling at with the iron. Next you will then proceed to pull the shoulder taught by cheap pandora charms once again pulling the end of the shirt so that you can iron the front of the shirt where your pectoral muscles would be.

Liposuction October 28, 2010 at 1:45 AM  

Wow! really wonderful place with have good look on this nice collection.I think it is really nice collection.

anjieya December 24, 2010 at 10:05 AM  

Subhanallah... bagus sekali... bangunannya keren dan memakai konsep green design dengan atap modern sod roof. Great job

jally gamat January 14, 2011 at 2:01 PM  

wah mantap juga ni infonya,,
terima kasih gan bisa nambah wawasn gue,,,
terima kasih gan buat informasinya,,,

p90x February 2, 2011 at 6:23 PM  

Impressive Museum to say the least. Thanks for sharing the pics.

- Robert

Bed Pads March 3, 2011 at 6:03 PM  

I havent kata apapun untuk menghargai posting ini ..... Sungguh saya terkesan dari tulisan ini .... orang yang membuat posting ini adalah manusia besar .. terima kasih untuk berkongsi ini dengan kami.

Point Art March 17, 2011 at 12:04 PM  

sy psti akan dtg mngunjungi tmpt ini, saat saya berada di bnd aceh thn 2007 bgnn ini belum berdiri masih sayembara...hmmm mantap...

luxury property rentals March 21, 2011 at 6:34 PM  

Jeg har læst et par af artiklerne på dit websted nu, og jeg kan virkelig godt lide din stil af blogging. Jeg har tilføjet det til mine favoritter webside liste.

Tabloid Gema Baiturrahman May 2, 2011 at 11:11 PM  

Bukti dunia memperhatikan aceh
by www.gemabaiturrahman.com

volvo diaz,  May 18, 2011 at 12:05 AM  

Salut buat Desainer MUseum Tsunami Aceh semoga gedung ini benar2 bermanfaat.....
CAT :
1. Buat para pengunjung khususnya warga aceh dan bangsa indonesia umumnya jadikanlah museum ini sebagai aset berharga bagi generasi selanjutnya.
2. Dan satu lagi jagalah kebersihan

Vacation Rental Cannes May 20, 2011 at 5:40 PM  

This is truly amazing. I am very impressed on knowing that this information is being shared here and actively discussed by these commentators here. I do want to know certain updates though.

free credit report annual June 2, 2011 at 8:06 PM  

Budaya ini merupakan bagian integral dari peradaban yang menggambarkan sifat benar, tradisional, kesejahteraan dan kebesaran negeri juga.

Fotografi Matrimonio June 19, 2011 at 3:10 AM  

I wonder how you got so good. This is really a fascinating blog, lots of stuff that I can get into. One thing I just want to say is that your Blog is so perfect!

facebook marketing July 19, 2011 at 7:42 PM  

That being said, with limited shelfspace in the traditional marketplace for writers — the book store — I’d rather he get out of the way and make room for people for whom these things actually matter.

Tips Blogspot August 16, 2011 at 7:24 AM  

Wew benar-benar aneh tapi nyata ternyata ada juga ya musium macam ini. keren gan.
oh ya
Saya perkenalkan produk baru ni Metode Bisnis Online Memberikan Bukti Nyata
lalu ini trik untuk Mempercepat Loading Blog bagi teman-teman ternyata tempe itu bergizi loj, coba lihat khasiat tempe berikut.

Follow Us
cara memutihkan kulit | jasa pembuatan blog

SUPER BOWL HOTELS August 23, 2011 at 12:49 AM  

I really don't think anyone has put it that way before!. Your blog is definitely worth a read if anyone finds it. I'm lucky I did because now I've got a whole new view of this.

dawat merah August 24, 2011 at 1:56 AM  

ingat tuan-tuan...ini dibangun dengan uang takziah saudara-saudara kami yang telah mendahului kami semua pada paagi di akhir desember 2004. beu luwah kubu ureueng nyan mandum....

saleuem

ai October 4, 2011 at 9:45 PM  

mirip desain nanyang university :)

Sigid Prasetyo October 19, 2011 at 3:17 PM  

Architecture for Humanity..
Penekanan desain yang berfungsi untuk masyarakat luas,,sangat menginspirasi,..

THANKS for share

Arsitektur November 1, 2011 at 4:20 PM  

semoga museum tsunami aceh dapat menjadi magnet bagi wisatawan lokal dan internasional

Atjeh lon sayang April 25, 2012 at 6:50 PM  

nmpangshare ke blog ane ya gan :)

yusnidar,,,  May 4, 2012 at 8:59 PM  

wowww,,,,
indah nya meseum tsunami di aceh,,,
cukup bagus di buat,,,
suka bangetttt,,,,,,

Lilis November 2, 2012 at 2:25 PM  

Sebagai tambahan informasi bisa baca di link berikut ini : http://research.mercubuana.ac.id/proceeding/Kommit2004_psikologi_015.pdf

mulssafri March 27, 2013 at 1:23 PM  

izin mampir sebentar so ,,,mantap bener posnya,salut buat admin nya, (pemula)

filter air April 19, 2013 at 2:34 PM  

kaya perahu ya dari salah satu sisi nya kalo di liat

raka July 12, 2013 at 2:16 PM  

yang sabar saja yah gan semua itu kehendak tuhan, dan segeralah bertaubat sebelum terlambat

jordy alba July 31, 2013 at 8:30 AM  

Selallu ada harapan dan kesempatan, untuk kita yang mau berusaha

m.ridwan July 31, 2013 at 8:32 AM  

terimakasih atas sharenya, beginilah indahnya saling berbagi satu sama lain

smk n btkl July 31, 2013 at 8:35 AM  

Thank you so much for the very useful information for me

cepi xtm btkl August 1, 2013 at 1:33 PM  

berbagai Kata Kata Mutiara cepi gan
Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan.

semoga bermanfaat dan di terima yah :D

Coklat August 2, 2013 at 8:57 AM  

saatnya membangun kota aceh lagi, go go go aceh

Filter Air September 7, 2013 at 12:23 AM  

Jadi pengen ke museum tsunami aceh

Penjernih Air September 7, 2013 at 12:31 AM  

setuju bang jordy alba ,haha

Filter Saringan Air September 7, 2013 at 12:49 AM  

yang sabar saja yah gan semua itu kehendak tuhan, dan segeralah bertaubat sebelum terlambat

Filter Penjernih Air October 4, 2013 at 2:55 PM  

betul sob, kejadian yang benar2 menjadi pelajaran buat kita bersama

filter air October 10, 2013 at 4:45 PM  

lahh jadi galau gini gan, wkwkw

Filter Air Surabaya May 7, 2014 at 12:23 PM  

iya, musibah tsunami memang benar2 membuka mata hati manusia untuk segera bertaubat.

Nur Syatirah Badri June 3, 2014 at 10:29 PM  

saya dah sampai sana n benar mmberi ibrah pada diri terasa sgt keadaan rakyat aceh d sana rasa cam nak buat buku saja x pi bilalah bley mula

Kelly Tanoto April 20, 2015 at 4:16 AM  

www.indobet77.com

Master Agen Bola , Casino , Tangkas , Togel Terbesar
dan Terpercaya Pilihan Para Bettor

New Promo ( khusus produk 998bet )
- Bonus 100 % New Member sportsbook ( 998 bet ) .
- Bonus 100 % New Member Casino ( 998 bet ) .
( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

Promo Terbaru :
- Bonus 10% New Member Sportsbook ( SBObet, IBCbet , AFB88 ,368bet , M8bet , 998bet )
- Bonus 5% New Member Casino Online ( 338a , 1Scasino , Asia8bet , CBO855 )
- Bonus 10% Setiap Hari Bola Tangkas ( TangkasNet , 368MM , 88 Tangkas )
- Togel Online ( Klik4D )
- Sabung Ayam ( New Produk )
- CASHBACK untuk Member
- BONUS REFERRAL 5% + 1% Seumur Hidup

untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
- YM : indobet77_sb2@yahoo.com
- EMAIL : indobet77@gmail.com
- WHATSAPP : +63 905 213 7238
- WECHAT : indobet77
- SMS CENTER : +63 905 213 7238
- PIN BB : 2B65A547 / 24CC5D0F

Salam Admin ,
http://indobet77.com/

Alif Mahfud September 13, 2015 at 3:42 PM  

Assalaamu'alaikum.. Gan, saya ingin bertanya. Pertama, apakah bangunannya sudah jadi? kedua, bangunan ini masuk kedalam kategori banguna arsitektur dengan analogi apa? apakah dapat dikatakan masuk analogi dramturgi?
Mohon penyempatan waktunya untuk menjawab, gan. Saya juga mohon ijin untuk mendownload data sebagai bahan untuk tugas.
Terima Kasih...

Ibu Erna October 30, 2015 at 1:42 AM  

Saya ingin menyampaikan kepada
seluruh TKI yang bekerja di negeri orang ,,
saya PAK selamet seorang TKI DI hongkong
pengen pulang ke indonesia tapi gak ada ongkos pulang
sempat saya putus asa, apa lagi istri dengan keadaan hamil
dan gaji aku pun buat makansehari2 saja, sedangkan hutang banyak.
kebetulan istri saya buka-buka facebook mendapatkan
nomor ki dempo katanya bisa bantu orang melunasi hutang
melalui jalan TOGEL ,,dengan keadaan susah jadi saya coba
hubungi ki dempo, karna saya pikir tidak ada salah,nya kita coba dan saya minta angka bocoran hongkong angka yang di berikan ki dempo (6198) 4D alahamdulillah ternyata betul-betul tembus 100% bagi saudarah-saudarah di indonesia maupun di luar negeri apabila punya masalah hutang sudah lama belum lunas jangan putus asah beliau bisa membantu meringankan masalah anda dengan meriktualkan angka togel ghaib... SINGAPURA/HONGKONG/MALAYSIA/TOTO THAILAND 2D,3D,4D,5D, Atau 6D yang betul-betul tembus. hubungi KI DEMPO di nomor 0853-1377-7268 atau KLIK http://kidempo.blogspot.com silahkan anda buktikan sendiri karna saya sudah membuktikan angka dari KI DEMPO giliran anda untuk MEMBUKTIKANNYA!!!

JUNAIDI December 24, 2015 at 7:42 AM  

SAYA SANGAT BERSYUKUR ATAS REJEKI YANG DIBERIKAN KEPADA SAYA DAN INI TIDAK PERNAH TERBAYANKAN OLEH SAYA KALAU SAYA BISA SEPERTI INI,INI SEMUA BERKAT BANTUAN MBAH RAWA GUMPALA YANG TELAH MEMBANTU SAYA MELALUI NOMOR TOGEL DAN DANA GHAIB,KINI SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTANG-HUTANG SAYA BAHKAN SAYA JUGA SUDAH BISA MEMBANGUN HOTEL BERBINTANG DI DAERAH SOLO DAN INI SEMUA ATAS BANTUAN MBAH RAWA GUMPALA,SAYA TIDAK AKAN PERNAH MELUPAKA JASA BELIAU DAN BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU OLEH RAWA GUMPALA MASALAH NOMOR ATAU DANA GHAIB SILAHKAN HUBUNGI SAJA BELIAU DI 085 316 106 111 SEKALI LAGI TERIMAKASIH YAA MBAH DAN PERLU ANDA KETAHUI KALAU MBAH RAWA GUMPALA HANYA MEMBANTU ORANG YANG BENAR-BANAR SERIUS,SAYA ATAS NAMA PAK JUNAIDI DARI SOLO DAN INI BENAR-BENAR KISAH NYATA DARI SAYA.BAGI YANG PUNYA RUM TERIMAKASIH ATAS TUMPANGANNYA.. BUKA DANA GHAIB MBAH RAWA GUNPALA

paket Haji Umroh March 25, 2016 at 1:52 PM  

Masha Allah bagus sekali arsitektur bangunannya..

Pak Imran May 10, 2016 at 9:40 PM  

Banyak kata banyak bohong,yang percaya adanya dukun togel yang bisa mengetahui angka togel yang akan keluar dengan jalan melakukan ritual telpon OM AGUS di 085-396-801-745 saya sudah buktikan angka ritualnya benar benar jitu silahkan anda buktikan sendiri beliau juga kasih pesugihan.jual tuyul.uang ghoib.dll

PAK MUS July 5, 2016 at 11:19 PM  

saya mengucapkan banyak terimakasih kepada KI HADAK yang telah menolong saya dalam kesulitan,ini tidak pernah terfikirkan dari benak saya kalau nomor yang saya pasang bisa tembus dan ALHAMDULILLAH kini saya sekeluarga sudah bisa melunasi semua hutang2 kami,sebenarnya saya bukan penggemar togel tapi apa boleh buat kondisi yang tidak memunkinkan dan akhirnya saya minta tolong sama KI HADAK dan dengan senang hati beliau mau membantu saya..,ALHAMDULIL LAH nomor yang dikasi KI semuanya bener2 terbukti tembus dan baru kali ini saya menemukan dukun yang jujur,jangan anda takut untuk menhubungiya jika anda ingin mendapatkan nomor yang betul2 tembus seperti saya,silahkan hubungi KI HADAK DI 085=259=457=111 ingat kesempat tidak akan datang untuk yang kedua kalinya dan perlu anda ketahui kalau banyak dukun yang tercantum dalam internet,itu jangan dipercaya kalau bukan nama KI HADAK
BUKA INI DANA GHAIB TOGEL










saya mengucapkan banyak terimakasih kepada KI HADAK yang telah menolong saya dalam kesulitan,ini tidak pernah terfikirkan dari benak saya kalau nomor yang saya pasang bisa tembus dan ALHAMDULILLAH kini saya sekeluarga sudah bisa melunasi semua hutang2 kami,sebenarnya saya bukan penggemar togel tapi apa boleh buat kondisi yang tidak memunkinkan dan akhirnya saya minta tolong sama KI HADAK dan dengan senang hati beliau mau membantu saya..,ALHAMDULIL LAH nomor yang dikasi KI semuanya bener2 terbukti tembus dan baru kali ini saya menemukan dukun yang jujur,jangan anda takut untuk menhubungiya jika anda ingin mendapatkan nomor yang betul2 tembus seperti saya,silahkan hubungi KI HADAK DI 085=259=457=111 ingat kesempat tidak akan datang untuk yang kedua kalinya dan perlu anda ketahui kalau banyak dukun yang tercantum dalam internet,itu jangan dipercaya kalau bukan nama KI HADAK
BUKA INI DANA GHAIB TOGEL

SUKARMAN MALAYSIA September 19, 2016 at 1:59 PM  

SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259 ATAU KLIK SITUS DANA GAIB

Novita Anggraini October 3, 2016 at 5:40 AM  

Great to see that someone still understand how to create an awesome blog. The blog is genuinely impressive in all aspects.
judi poker

Post a Comment

“sekadar meluah rasa, melepas hasrat, melerai ragu. Andai sepi coretan ini, kesepianlah yang sedang bersarang di jiwa.Andai riang coretan ini,kerianganlah yan sedang bertakhta dihati. Mengikut rentak hidupku,musafir dibumi Ilahi. Semoga rahmat-Nya sentiasa memayungi kita bersama”.

Bila artikel ini bermamfaat , tinggalkan komentar kawan

Bergabung Yok...

My Blog List

Guestbook






  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008 Aceh Blogging

Back to TOP