Tuesday, February 10, 2009

Rencong...Senjata pusaka Rakyat Aceh

Rencong atau Rincong atau Rintjoeng adalah senjata pusaka bagi rakyat Aceh dan merupakan simbol keberanian,keperkasaan,pertahanan diri dan kepahlawanan aceh dari abad ke abad.


Menurut salah satu sumber Rencong telah dikenal pada awal Islam Kesultanan di abad ke-13.

DIjaman Kerajaan Aceh Darussalam rencong ini tidak pernah lepas dari hampir setiap pinggang ( selalu diselipkan dipinggang depan ) rakyat Aceh yang rata-rata punya keberanian luar biasa baik pria maupun wanita karena rencong ini bagi orang Aceh ibarat tentara dengan bedilnya yang merupakan simbol keberanian,kebesaran,ketinggian martabat dan keperkasaan orang Aceh sehingga orang-orang portugis atau portugal harus berpikir panjang untuk mendekati orang Aceh.di masa ini Rencong mempunyai tingkatan yang menjadi ciri khas strata nasyarakat, untuk seorang Raj/Sulthan dan Ratu/Sulthanah untuk sarungnya terbuat dari gading dan untuk belatinya terbuat dari emas hingga sampai ke strata masyarakat bawah untuk sarung terbuat dari dari tanduk kerbau ataupun kayu dan untuk belati terbuat dari kuningan atau besi putih tergantung kemampuan ekonomi masing-masing.

Aceh sebagai sebuah kekuatan militer penting di dunia Melayu, dengan persenjataan yang sangat penting. Karena hubungan internasional dengan dunia barat, bentuk rencong juga mulai mengikuti perkembangannya, terutama Turki dan anak benua India.Rencong juga mempunyai kesamaan dengan blade yang dipakai oleh prajurit Turki di masa Sulthan Mahmud kerajaan Ottoman Turki dan juga Mughal scimitar dari beberapa orang dengan gaya rapiers dan daggers ( bahasa bule ) yang bergantung gantung dari ikat pinggangdi tembok gantung Madras, India tahun 1610-1620.

sumber Belanda Yang merujuk pada persenjataan Acehdi abad ke 14. Contoh persenjataan ini dapat dilihat dalam ilustrasi buku baik pada perang kolonial Belanda yang dihasilkan oleh Pusat Data Dokumentasi dan di Aceh pada tahun 1977.

Sebuah majalah artikel populer yang menyatakan bahwa bentuk rencong itu invented di Aceh pada abad 16 pada jaman Sultan AI Kahar,Sultan yang mempunyai hubungan dekat dengan Khalifah Turki Ottoman,disaat meminta bantuan untuk menyerang Portugis.

Menurut salah satu sumber juga,Pada abad ke 18 Tokoh pahlawan sastra Pocut Muhammad untuk memerintahkan membuat rencong sebanyak-banyak karena persediaan baja yang menumpuk,rencong ini dapat dilihat di Museum Praha, Ceko.Rencong yang paling berharga dari abad ke 19 dengan ukiran huruf Arab ada di museum Jakarta .

Di masa lalu,simbolisme Islam dari rencong telah dihubungkan dengan Perang Suci atau jihad.dengan kekuatan senjata ditangan dan keyakinan pada kuasa Allah. Rencong seperti memiliki kekuatan yang ghaib.sehingga si masyarakat Aceh sangat terkenal pepatah :

"Tatob ngon reuncong jeuet Ion peu-ubat, nyang saket yang tapansie Haba."

Di masa Aceh mengusir Portugis dari seluruh tanah sumatra dan tanah malaka serta masa penjajahan Belanda rencong merupakan senjata yang mematikan disamping pedang dan bedil yang digunakan di medan perang, tidak hanya oleh para Sulthan,Laksamana,Pang, Pang sagoe, Uleebalang,Teuku,Teungku Agam,Sayed,HabibCut Ampon ,Cut Abang ( para kaum pria ) namun juga oleh Teungku Inong,Syarifah,Cut Kak, Cut Adoe,Cut Putroe, Cut Nyak ( kaum wanita ). Senjata ini diselipkan di pinggang depan setiap pria dan wanita perkasa Aceh sebagai penanda Keperkasaan dan ketinggian martabat, sekaligus simbol pertahanan diri, keberanian, kebesaran, dan kepahlawanan ketika melawan penjajah Belanda.

Dalam perjuangan dan pertempuran melawan Portugis dan Belanda, sejarah mencatat nama-nama besar pahlawan-pahlawan dan srikandi Aceh, seperti Tgk Umar,Panglima Polem,Teungku Chik Ditiro, Laksamana Malahayati,Pocut Meurah Intan, Pocut Baren, Cut Nyak Dhien, Cut Meutia, dan Teungku Fakinah yang tidak melepaskan rencong dari pinggangnya.

Rencong memiliki makna filosofi religius dan keislaman, Gagangnya yang berbetuk huruf Arab diambil dari padanan kata Bismillah. Padanan kata itu bisa dilihat pada gagang yang melekuk kemudian menebal pada bagian sikunya. Gagang rencong berbentuk huruf BA,gagang tempat genggaman merupakan aksara SIN, lancip yang menurun ke bawah pada pangkal besi dekat gagangnya merupakan aksara MIM, Pangkal besi lancip di dekat gagang yang erupai lajur-lajur besi dari pangkal gagang hingga dekat ujungnya melambangkan aksara LAM ,Bagian bawah sarung memiliki bentuk huruf HA, sehingga keseluruhan hurup "BA, SIN, MIM, LAM, HA", susunan huruf yang terbaca membentuk kalimat Bismillah.Ini merupakan lambang yang memperlihatkan karakteristik masyarakat Aceh yang sangat berpegang teguh pada kemuliaan ajaran Islam.












Secara umum rencong atau Rincong yang menjadi senjata andalan dalam sejarah masyarakat Aceh dikenal, ad
a 5 macam yaitu :

- RIncong Meucugek :

Mengapa disebut rincong meucugek karena pada gagang rencong tersebut terdapat suatu cugek atau meucugek ( dalam istilah Aceh )seperti bentuk panahan dan perekat.

















































- Rincong Pudoi :
Dalam masyarakat Aceh istilah pudoi berarti belum sempurna alias masih ada kekurangan. kekurangannya dapat dilihat pada bentuk gagang rencong tersebut.

- Rincong Meupucok :
Keunikan dari Rincong ini memiliki pucuk di atas gagangnya yang terbuat dari ukiran dari gading atau emas. Bagian pangkal gagang dihiasi emas bermotif pucok rebung/tumpal yang diberi permata ditampuk gagang,keseluruhan panjang rencong ini lebih kurang 30 cm.bilah terbuat dari besi putih.sarungnya dibuat dari gading serta diberi ikatan dengan emas.

-Rincong puntong
Keunikan dari Rincong puntong pada Hulu Puntung, dengan belati yang ditempa dengan loga, kepala Rencong dari tanduk kerbau dan sarung dari kayu.












































- Rincong Meukure:
Rincong ini mempunyai perbedaa dengan yang lain pada mata rincong yang diberi hiasan tertentu seperti gambar bunga,ular,lipan dan sejenisnya.

seiring perjalanan waktu senjata Rencong semenjank Aceh bergabung dengan Indonesia sampai sekarang perlahan-perlahan pusaka ini berubah fungsi hanya menjadi barang suvernir atau cenderamata dan pelengkap pakaian adat Aceh pengantin pria.














Semoga Pemerintah daerah dapat menyelamatkan dan melestarikan asset sejarah Aceh dari abad ke abad ysng sangat berharga ini, kalau pusaka ini tidak berharga Aceh tidak akan digelar dengan ACEH TANOH RINCONG.












Artikel dan gambar dari berbagai sumber dalam dan luar negeri.

Related Posts by Categories



42 comments:

Anonymous,  February 10, 2009 at 9:54 AM  

waah, thank u banget yaah infonya, dulu saya pernah dikasih rencong souvernir kecil, item...tapi ilang pas pindahan..hiks...btw...cara megang rencong tu ngadep ke mana yaah....

nanggroe February 10, 2009 at 10:07 AM  

rencong memang benar2 unik dan mencerminkan aceh....

Baka Kelana February 10, 2009 at 10:12 AM  

@ audy :Berpedoman dari stilasi huruf Arab dan tradisi kami gagang rencong yang stilasi huruf "alif" yang menjadi pengait genggaman harus menhadap keatas, Tidak menghadap ke bawah seperti umunya senjata pusaka tradisional.

@ ilham maulana :Tidak ada di tempat lain Tgk Ilham..khusus di Tanoh Rincong

Anonymous,  February 10, 2009 at 11:39 AM  

inilah keindahan rencong dari aceh.bagus banget gambarnya, jelas

Unknown February 10, 2009 at 12:17 PM  

Waktu mancing di Pulau Weh, sebelum saya kembali ke Jkt kawan-kawan saya di Banda Aceh memberi saya sebuah rencong sebagai tanda persaudaraan...

Anonymous,  February 10, 2009 at 12:56 PM  

wahh
keren2 ya rencongnya...mahal harganya bang?
hehehe sapa tau pengen beli buat koleksi..

Anonymous,  February 10, 2009 at 2:45 PM  

wow, lengkap sekali infonya neh bang ;)

walah kirain rencong itu cuma satu jenis, ternyata ada macamnya juga :D

www.katobengke.com February 10, 2009 at 3:13 PM  

wah aq baru tahu tuh kalau rencong tuh ada unsur magicnya.......
wah pantasan pejuang2 aceh pada ditakuti pada zaman hindia belanda.......

www.katobengke.com February 10, 2009 at 11:53 PM  

artinya abang punya pisau juga yah...eehhh...rencong......
mau dong....kalau dikasih am abang....
heheh......

Anonymous,  February 11, 2009 at 12:51 AM  

tengkyu pak infornya ..
baru kali ini ngelihat bentuknya rencong

YAYAN February 11, 2009 at 3:05 AM  

Bentuknya nyaris spt keris ya.. n filosofinya itu lho..seneng bs th lbh jauh..posting keren boz

Anonymous,  February 11, 2009 at 3:51 AM  

saya pernah punya satu oleh-oleh dari aceh, sayang jatuh dimana nggak ketahuan... nyesel sekali sampe sekarang...

Anonymous,  February 11, 2009 at 7:29 AM  

bang ...saya senang baca postingan ini, teringat saya ketika peresmian Pupuk Iskandar Muda dan AAF mendapat souvenir dr Pak Bupati (Thayeb) saat itu. masih kusimpan dgn baik.

sudah sembuh kah MPnya abang?
tetap semangat ya bang

Anonymous,  February 14, 2009 at 2:29 PM  

Sejak SD saya sudah mendengar kata rencong, baru kali ini saya bisa melihat fotonya...

Anonymous,  February 15, 2009 at 11:43 AM  

jadi inget pelajaran sejarah wkt masih sekolah suruh nyebutin senjata dari masing2 daerah... dulu hafal banget hehehe...

Anonymous,  February 16, 2009 at 4:58 AM  

wah foto Mas Baka jadi lebih rapih sekarang hehehe...:D ..menarik membaca sejarah..

Anonymous,  February 17, 2009 at 10:02 PM  

Wah artikel yang lengkap Cut Bang...
Bagus utuk promosi dan menambah pengetahuan...
Oh ya, Abu usul ke depan Cut Bang Baka membahas tentang Tiwah, senjata ini belum terekspos oleh masyarakat di luar Aceh...

Anonymous,  February 20, 2009 at 1:34 AM  

Sudah beres teungku.... :)

Anonymous,  February 20, 2009 at 1:38 AM  

Teuman, pajan ta peureubah leumoe????
Nyoe nak peuget khanduri keu bandum awak nyoe.... :)

Anonymous,  February 23, 2009 at 10:23 AM  

Sekarang susah cari rencong yang asli untuk perang, untuk berantam. Yang buatannya bagus dari besi putih dan bukan kuningan utk souvenir :)

Mumang ulee meuputa-puta tamita rencong yang asli, yang khas untuk prang. Kalo utk souvenir leupah meuhambo.

Anonymous,  February 23, 2009 at 8:38 PM  

kern yah, bentuk rencongnya. Ukirannya itu loh, dan juga 'shape' hulunya yang ganjil, pasti ada filosopinya.

Anonymous,  March 15, 2009 at 10:07 PM  

bang... bisa pesen rincong ngga ?... serius ni.. kira2 harganya berapa ya?..

PutrAtjeh July 25, 2009 at 5:48 PM  

rincoeng lambang kekuatan aceh,pue na beutoi tgk?

free credit report annual June 2, 2011 at 8:10 PM  

Telah upaya luar biasa untuk mempertahankan seperti retensi yang baik....

facebook marketing July 19, 2011 at 7:44 PM  

I think it such a long time that you have not update your site. I am waiting for your new post.

Unknown January 19, 2012 at 5:05 PM  

Makasih imponya...cuma kasih tau dong mahar jenis-jenis keris dan dimana dapat diperoleh..ditunggu broo

jual pusaka February 8, 2012 at 11:20 PM  

ingin memilki koleksi rencong asli aceh kira2 bisa di pesan dan terjamin keaslian nya yang bertuah di daerah mana ya pak??

Ebastian January 3, 2013 at 10:08 AM  

Bisa Nggak Saia Minta Tolong Di Kirimi Rencong yang Panjang Bilahnya 30 cm kalau ada yang lebih panjang lebih baik, kira2 berapa harganya dan biaya pengiriman sampai Denpasar-Bali

Ebastian
085857587060, 081805409277, dan 085238846838

http://www.anis-merah-bali.com

Unknown June 17, 2016 at 6:41 PM  

The most sought after online community site Twitter assists folks to discover about current topics and pursuits or social reactions of their favored stars. Stars prefer to get cheap twitter followers as a way to gain popularity in a shorter span. buy followers on twitter

Unknown July 1, 2016 at 4:39 PM  

You will acquire all the spent refund in terms of profits and also your profits will be rise exponentially over time because you need not to buy whole lot numerous choices for promoting your brand, from now on! buy facebook usa likes

Unknown July 2, 2016 at 7:05 PM  

A fantastic and working app fixes a genuine pain point for all individuals. Your possible customers need to first read good assessments about your excellent application prior to downloading it. web to buy app reviews

Unknown July 3, 2016 at 12:37 AM  

So this was all about Facebook Followers as well as how getting more volume of followers in today's time is just great. buy facebook follows

jaka November 19, 2016 at 10:35 AM  

terimakasih mas buat infonya dan salam sukses

tejo November 19, 2016 at 10:38 AM  

mantap bos artikelnya dan sangat menarik

sarmin November 19, 2016 at 10:40 AM  

makasih gan infonya dan semoga bermanfaat

surya maulana April 27, 2017 at 9:47 AM  

bambu rencong salah stu benda yang menjadikan nkri merdeka

Unknown June 28, 2017 at 11:15 PM  

To find a higher hype to your facebook account, Individuals expend bucks to Buy Facebook Followers to easily get exposure online. buy followers on facebook

tgl4d February 18, 2019 at 11:16 PM  

ok mantap mas dan salam sukses selalu

kungfu4d2 February 18, 2019 at 11:18 PM  

mantap mas infonya dan salam kenal

pokervita February 18, 2019 at 11:22 PM  

bagus bos artikelnya dan sangat menarik

indowlatoto February 18, 2019 at 11:24 PM  

makasih gan buat infonya dan semoga bermanfaat

Post a Comment

“sekadar meluah rasa, melepas hasrat, melerai ragu. Andai sepi coretan ini, kesepianlah yang sedang bersarang di jiwa.Andai riang coretan ini,kerianganlah yan sedang bertakhta dihati. Mengikut rentak hidupku,musafir dibumi Ilahi. Semoga rahmat-Nya sentiasa memayungi kita bersama”.

Bila artikel ini bermamfaat , tinggalkan komentar kawan

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008 Aceh Blogging

Back to TOP