Monday, February 2, 2009

Asal Mula dan Tradisi Valentine's Day

Tanggal 14 Februari tinggal beberapa hari lagi dan sebentar lagi dunia penuh dengan warna merah muda - pink , seluruh dunia termasuk Indonesia para remaja turut menyambut gembira datangnya hari kasih sayang ini.


Tahukah Sobat asal mula hari kasih sayang (valentine's day) yang dirayakan setiap 14 Februari itu? seperti yang saya kutip dari Dokter Tomi , Valentine sebenarnya adalah nama seorang pendeta yang hidup di Roma pada abad ketiga. Ia hidup di kerajaan yang saat itu dipimpin oleh Kaisar Claudius yang terkenal kejam. Ia sangat membenci kaisar tersebut, dan ia bukan satu-satunya. Claudius berambisi memiliki pasukan militer yang besar, ia ingin semua pria di kerajaannya bergabung di dalamya.

Namun sayangnya keinginan ini bertepuk sebelah tangan. Para pria enggan terlibat dalam perang. Karena mereka tak ingin meninggalkan keluarga dan kekasihnya. Hal ini membuat Claudius sangat marah, ia pun segera memerintahkan pejabatnya untuk melakukan sebuah ide gila.

Ia berfikir bahwa jika pria tak menikah, mereka akan dengan senang hati bergabung dengan militer. Lalu Claudius melarang adanya pernikahan. Para pasangan muda menganggap keputusan ini sangat tidak manusiawi. Karena menganggap ini adalah ide aneh, St. Valentine menolak untuk melaksanakannya.

Ia tetap melaksanakan tugasnya sebagai pendeta, yaitu menikahkan para pasangan yang tengah jatuh cinta meskipun secara rahasia. Aksi ini diketahui kaisar yang segera memberinya peringatan, namun ia tak bergeming dan tetap memberkati pernikahan dalam sebuah kapel kecil yang hanya diterangi cahaya lilin, tanpa bunga, tanpa kidung pernikahan.

Hingga suatu malam, ia tertangkap basah memberkati sebuah pasangan. Pasangan itu berhasil melarikan diri, namun malang ia tertangkap. Ia dijebloskan ke dalam penjara dan divonis mati. Bukannya dihina, ia malah dikunjungi banyak orang yang mendukung aksinya. Mereka melemparkan bunga dan pesan berisi dukungan di jendela penjara.

Salah satu dari orang-orang yang percaya pada cinta itu adalah putri penjaga penjara. Sang ayah mengijinkannya untuk mengunjungi St. Valentine di penjara. Tak jarang mereka berbicara selama berjam-jam. Gadis itu menumbuhkan kembali semangat sang pendeta itu. Ia setuju bahwa St. Valentine telah melakukan hal yang benar.

Di hari saat ia dipenggal,14 Februari, ia menyempatkan diri menuliskan sebuah pesan untuk gadis itu atas semua perhatian, dukungan dan bantuannya selama ia dipenjara.

Diakhir pesan itu, ia menuliskan : "Dengan Cinta dari Valentinemu."

Pesan itulah yang kemudian merubah segalanya. Kini setiap tanggal 14 Februari orang di berbagai belahan dunia merayakannya sebagai hari kasih sayang. Orang-orang yang merayakan hari itu mengingat St. Valentine sebagai pejuang cinta, sementara kaisar

Claudius dikenang sebagai seseorang yang berusaha mengenyahkan cinta.

Tradisi Valentine

– Selama beberapa tahun di Inggris, banyak anak kecil di dandani layaknya anak dewasa pada hari Valentine. Mereka berkeliling dari rumah ke rumah sambil bernyanyi.

– Di Wales, para pemuda akan menghadiahkan sendok kayu pada kekasihnya pada hari kasih sayang itu. Bentuk hati dan kunci adalah hiasan paling favorit untuk diukir di atas sendok kayu tersebut.

– Pada jaman Romawi kuno, para gadis menuliskan namanya di kertas dan memasukkan ke dalam botol. lalu para pria akan mengambil sah satu kertas tersebut untuk melihat siapakan yang akan menjadi pasangan mereka dalam festifal tersebut

– Di Negara yang sama, para gadis akan menerima hadiah berupa busana dari para pria. Jika ia menerima hadiah tersebut, ini pertanda ia bersedia dinikahi pria tersebut.

– Beberapa orang meyakini bahwa jika mereka melihat robin melayang di udara saat hari Valentine, ini berarti ia akan menikah dengan seorang pelaut. Sementara jika seorang wanita melihat burung pipit, maka mereka akan menikah dengan seorang pria miskin. Namun mereka akan hidup bahagia. Sementara jika mereka melihat burung gereja maka mereka akan menikah dengan jutawan.

– Sebuah kursi cinta adalah kursi yang lebar. Awalnya kursi ini dibuat untuk tempat duduk seorang wanita (jaman dahulu wanita mengenakan busana yang sangat lebar). Belakangan kursi cinta dibuat untuk tempat duduk dua orang. dengan cara ini sepasang kekasih bisa duduk berdampingan.

– Pikirkan lima atau enam nama pria (jika anda wanita) atau lima atau enam nama wanita (jika anda pria) yang ingin anda nikahi. Lalu putralah setangkai apel sambil menyebut nama tersebut satu persatu. Anda akan menikah dengan nama yang anda sebut saat tangkai tersebut lepas dari buahnya.

– Petiklah sekuntum bungan dandelion yang tengah mengembang. Tiuplah putik-putik pada bunga tersebut, lalu hitunglah putik yang tersisa. Itu adalah jumlah anak yang akan anda miliki setelah menikah.

– Jika anda memotong sebuah apel pada tengahnya dan menghitung jumlah biji di dalamnya, ini juga bisa menunjukkan jumlah anak yang akan anda miliki setelah menikah.

Demikianlah Asal mula Hari Valentine,Happy Valentine Happy Blogging

Related Posts by Categories



12 comments:

Anonymous,  February 2, 2009 at 7:49 AM  

bagaimana ye.. tak mau celebrate.. tp kalau ada yang mau memberikan gift.. sy pasti suker bangat ... hehe..

Baka Kelana February 2, 2009 at 9:01 AM  

@ umminani : Pasti...nanti di hari Valentine saye akan mengantarkan gift Valentine pade cik Umminani

nanggroe February 2, 2009 at 9:38 AM  

sebenarnya islam tidak pernah mengajarkan tentang valentine ini... tapi entah mengapa banyak orang islam yang merayakannya..

Angel Alone February 3, 2009 at 7:41 AM  

Bar kang mas asala mula valentine
makacih yan infonya,blog keren banget

weight_loss_solution February 4, 2009 at 11:21 AM  

wah, kalau tangkai apelnya ga lepas2 gimana dunk mas.. ^v^

Anonymous,  February 4, 2009 at 6:03 PM  

hana valentine2 bak lon, tip uroe harus kasih sayang

Anonymous,  February 5, 2009 at 11:37 AM  

banyak versi asal mula hari valentine..
sangat disesalkan banyak muda-mudi yg sekadar ikut-ikutan.

Anonymous,  February 5, 2009 at 11:19 PM  

valentine... hemmm, mestinya setiap hari untuk orang-orang tersayang

Anonymous,  February 6, 2009 at 12:41 AM  

mudah-mudahan hari perayaan cinta itu tidak dijadikan alasan dan ajang bercinta para kaum muda yg belum menikah...

Anonymous,  February 8, 2009 at 11:10 AM  

daku mau ngasih benda berupa hati ajah ahh.tapi kasih ke siapa yap?

Anonymous,  December 5, 2009 at 2:27 PM  

q gag tue ap tuh hari valentine,,,yg q tue hari itu gag ada di ajaran islam,,,,

Unknown February 14, 2018 at 2:07 PM  

If you are seeking finest and simple way to advertise your business then this service is flawlessly ideal with your requirement. buying usa facebook likes

Post a Comment

“sekadar meluah rasa, melepas hasrat, melerai ragu. Andai sepi coretan ini, kesepianlah yang sedang bersarang di jiwa.Andai riang coretan ini,kerianganlah yan sedang bertakhta dihati. Mengikut rentak hidupku,musafir dibumi Ilahi. Semoga rahmat-Nya sentiasa memayungi kita bersama”.

Bila artikel ini bermamfaat , tinggalkan komentar kawan

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008 Aceh Blogging

Back to TOP