Tuesday, October 20, 2009

Kampung Jacky Chan di Aceh


Kampung persahabatan Indonesia-Tiongkok yang lebih terkenal dengan Kampung Jacky Chan terletak di di perbukitan Desa Neuheun, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar, sekitar 17 km dari Banda Aceh.



Mengapa lebih dikenal Kampung Jacky Chan? Padahal, yang membangun pemerintah Tiongkok? Konon yang mensponsori dan menggalang dananya Jacky Chan. Tapi, dalam prasasti disebutkan bahwa Kampung Jacky Chan atau Kampung Persahabatan Indonesia-Tiongkok itu didanai China Charity Federation and Red Cross Society of China. Dan, pelaksanaan pembangunan dilakukan langsung oleh kontraktor dari Tiongkok, yakni Synohydro Coorporation China, yang diresmikan 19 Juli 2007.

Pemerintah Tiongkok membangun 606 unit rumah tipe 42 di areal 22,4 hektare untuk korban tsunami 2004,Pembangunan hunian korban tsunami itu merupakan hasil kesepakatan pemerintah Indonesia dengan pemerintah Tiongkok saat Presiden SBY berkunjung ke negeri itu pada 28 Juli 2005. Kesepakatan itu dilanjutkan oleh donatur masyarakat Tiongkok bekerja sama dengan Kabupaten Aceh Besar. Termasuk dalam hal pemilihan lokasi.

Peletakan batu pertama dilakukan Dubes Tiongkok untuk Indonesia Lian Lik Juan. Pada 19 Juli 2007, kompleks hunian korban tsunami yang menelan dana USD 7 juta (sekitar Rp 65 miliar) itu diresmikan. Pekerjaan senilai USD 7 juta merupakan proyek hibah terbesar Tiongkok di antara daerah yang sama-sama dilanda tsunami.

Nuansa negeri Tiongkok begitu kental saat memasuki gerbang Kampung Jacky chan yang sebenarnya mirip kompleks bungalo, atau vila itu.




Gerbang masuk perumahan cukup lebar dengan ornamen dibuat layaknya memasuki pintu atau gerbang bangunan umumnya di Tiongkok atau kompleks Chinatown di banyak negara. Benar-benar ciri khas Tiongkok. Di sana juga terpampang tulisan ’’Kampung Persahabatan Indonesia-Tiongkok’’ dalam huruf besar-besar di pintu masuk.

Selain bangunan yang tertata rapi, jalan mulus naik turun mengikuti kontur perbukitan sungguh elok. Rumah bantuan pemerintah Tiongkok itu lebih mirip kompleks perumahan elite di Pulau Jawa umumnya.
Apalagi, kualitas bangunan rumah masing-masing bertipe 42 itu cukup bagus. Ditambah lagi, cat warna warni pada setiap blok yang makin menambah indahnya perumahan di perbukitan tersebut.



Tak heran, pemukiman korban tsunami yang dibangun pemerintah Tiongkok di perbukitan itu sangat dikenal warga Banda Aceh, Kampung Jacky Chan sungguh sangat strategis. Selain berada di ketinggian sekira 300 meter, juga berjarak sekira 1,5 kilometer dari pantai. Posisi itu membuat kampung itu relatif aman dari tsunami serta memiliki pemandangan yang elok.Sejauh mata memandang, berada di puncak bukit Desa Neuheun, tempat perumahan korban tsunami sumbangan pemerintah Tiongkok dibangun, semuanya tampak indah. Laut, pantai, pelabuhan, permukiman, dan gunung seakan sambung-menyambung. Panorama dari atas bukit benar-benar memesona.

Tampak Kota Banda Aceh, ibu ota Provinsi Serambi Makkah, dengan rumah-rumah dan gedung tinggi. Lalu, agak sebelah kanan terlihat Pelabuhan Ulee Lheu yang sempat porak-poranda oleh tsunami tampak mulai bangkit.





Tak jauh dari perumahan, deretan pantai berpasir putih nan menawan dan sebelahnya Pelabuhan Malahayati. Jauh nun di sana, sekira 32 kilometer dari pantai, tampak jelas Pulau Weh dengan Pelabuhan Balohan.Kalau malam, sorot mobil yang jalan di Pulau Weh tampak dari atas bukit Perumahan.

Kontur Pulau Weh memang berbukit-bukit. Dari Pelabuhan Balohan yang menjadi pintu masuk kapal penumpang, jalannya terus menanjak ke Sabang, ibuKota Pulau Weh, yang jaraknya sekira 10 km.




Perumahan Jacky Chan juga dilengkapi sarana ibadah dengan masjid yang besar dan indah, ada gedung TK, SD, poliklinik, dan sarana bermain. Mulai lapangan basket, lapangan bola, gedung petemuan, hingga pasar mini. Di setiap tempat itu terpampang tulisan ’’Bangunan ini sumbangan masyarakat Tiongkok’’ lengkap dengan huruf China.



Untuk memenuhi kebutuhan air, semula warga sedikit kesulitan karena lokasinya berada di ketinggian. Namun, BRR (Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi) Aceh-Nias berhasil membangun sumur bor di wilayah itu hingga bisa memenuhi kebutuhan penghuni. Listrik pun menyala 24 jam nonstop

Penghuni Kampung Jacky Chan yang merupakan para korban tsunami 26 Desember 2004 terdiri atas beragam latar belakang profesi dan etnis.Nelayan, penarik becak motor (ojek), pedagang, pegawai, maupun wiraswasta, semua ada di sini. Sebagaian dari Aceh, ada keturunan Aceh-Jawa, Tionghoa, dan suku yang lain. Semua hidup rukun dan saling membantu karena merasa senasib.Misalnya, jika ada penghuni lain yang memiliki keperluan mendadak, ada keluarga atau anaknya sakit, dan tidak ada kendaraan, bisa diantar atau meminjam kendaraan penghuni lain.

Sumber : http://rakyataceh.com -http://sautuqalbi.blogspot.com - http://www.kaltimpost.co.id

Related Posts by Categories



149 comments:

Erik October 20, 2009 at 11:28 PM  

Wah ada kampung bintang film Cina rupanya di Aceh.

ikut bersyukur kondisi eks tsunami sudah terehabilitasi dengan baik.

Erik October 20, 2009 at 11:33 PM  

Wah ada kampung bintang film Cina rupanya di Aceh.

ikut bersyukur kondisi eks tsunami sudah terehabilitasi dengan baik.

Admin October 21, 2009 at 11:12 AM  

wah.... ada kampung jaky chan,,,,
pengen ni kesana bg...
ternyata aceh punya kampung tiongkok ya....
baru tw ni bg....

YAYAN October 23, 2009 at 12:39 AM  

wah henat dung... ciaaaattttttt

Anonymous,  October 23, 2009 at 11:24 AM  

Ooma...sang payah tajak keunan tajak ngieng...lagak that gampoengnyan

quality web hosting November 11, 2009 at 2:09 AM  

Anyone notice the fact that the commentators confused Jacky Chan as one of the volunteers?

islam indonesia November 12, 2009 at 9:59 AM  

Wah, kok baru dengar sekarang ada kampung Jacky Chan di Aceh. Menarik sekali. Terima kasih infonya.

ichanx November 20, 2009 at 1:39 AM  

indahnya kebersamaan.... meskipun secara budaya apalagi agama, tiongkok sangat berbeda dengan aceh... tapi semangat kebersamaan sebagai sesama umat manusia sangat perlu diapresiasi

Fahrisal Akbar November 21, 2009 at 12:42 AM  

Wah, tengku.... sudah lama kita gk bersua, makin sipp aja ne tulisannya tentang Aceh....

Saya sdh pernah kesana sekali cuma gk sempat foto2 seperti gambar diatas.... :D

manufacturing technology December 22, 2009 at 5:07 PM  

Jacky Chan, one of the most famous and recognisable chinese celebrities was singing on stage in the closing ceremony and the commentators said that it seems that even the volunteers are getting into it.

baby shower December 23, 2009 at 10:45 PM  

Anyone notice the fact that the commentators confused Jacky Chan as one of the volunteers?

baby shower February 17, 2010 at 7:03 PM  

O yes all is looking very nice a good visitors post or a telling about famous place.

bidikcom February 28, 2010 at 7:36 PM  

wow... baru tahu aku sekarang, setelah berkunjung disini

Travelinous March 7, 2010 at 3:16 PM  

wow..
ternyata da kampung persahabatan di aceh
baru tau neh..makasih infonya

Little Business March 13, 2010 at 5:10 PM  

selam kenal.....wow blognya keren buanget nih, ini kunjungan perdana saya di tempat ini........btw, boleh tukeran linknya?

Mac April 24, 2010 at 2:28 PM  

aha.. kirain kampung si Jackie beneran :)

search sites May 7, 2010 at 4:25 PM  

the opposite team will run and chase the other team..in the whole chaos, one player must build the pyramid again..whoever manage to build it without getting chase, that player's team wins!

search sites May 7, 2010 at 4:26 PM  

The next day we are the best of friend and using "Lastik" to shoot stones at anything stationery & moving.Then we go to the "Benteng" or dam at the river mouth to catch crab & siput sedut.

Unknown May 21, 2010 at 7:58 AM  

Kampung Jacky Chan yang megah, bersih dan sangat menarik. Sebuah kepedulian yang nyata dan bermanfaat bagi para korban bencana alam tsunami Aceh. Semoga terjalin hubungan yang semakin erat antara Pemerintah dan masyarakat China dengan Pemerintah dan masyarakat Indonesia.

FONTY July 14, 2010 at 11:55 AM  

Assalamu alaikum...

kalau tidak salah Jacky Chan juga suka menulis blog. Ada disini >> http://jackychan.blogspot.com

salam kenal mas.

search sites July 22, 2010 at 12:33 PM  

Tiba-tiba, Jason telah mendapati dirinya berada di zaman lama China. Rupa-rupanya, tongkat tersebut adalah tongkat sakti yang digunakan oleh Monkey King pada 500 tahun dulu ketika menentang Maharaja Jade dari pasukan Warlord.

MixedRoom July 22, 2010 at 12:46 PM  

Liat foto dan baca deskripsi kawan tentang kampung Jacky Chan, aku bisa bayangkan,, kenyamanan hunian dan indah pemandangan di sana. Ikut bersyukur kawan, sekarang Aceh sdh pulih kembali dan masyarakat yg beraneka budaya bisa hidup rukun. Smoga kondisi ini tetap terjaga dan smoga Aceh smakin maju.. Good luck..

cara-blog July 23, 2010 at 2:02 PM  

good information, thanks and visit back to Download Ebook Gratis :)

search sites July 24, 2010 at 2:28 PM  

Tomie tentang cewe yg ga bisa mati, klo mati bisa idup lagi gitu si intinyaselanjutnya bisa dicari lewat om google

search sites July 27, 2010 at 11:10 AM  

He is my favorite player all-time, and i have seen that work ethic first hand when i went to one of the Timberwolves practices a few years back, the man never rest, its crazy.

search sites July 30, 2010 at 10:46 AM  

Karena, dalam tradisi monarki dimanapun, pernikahan adalah jalan untuk mengikat satu kerajaan dengan keraaan lainnya – sebagai koloni maupun persahabatan diplomasi :)

search sites August 2, 2010 at 12:58 PM  

sama2 bang… semoga bermanfaat penjelasan saya… kalo komplen apa2 sama jogjahost orangnya enak kok. ditanya macam2 juga kasih penjelasan. kalo saya suka ke CS nya namanya mas Danang… kalo dia orangnya sabar…

Download Ebook Gratis | cara-blog | kumpulan bisnis online August 13, 2010 at 1:16 PM  

mantab dan bagus banget nich blognya, kunjungan balik ya bro di download ebook gratis =p

info berita terbaru August 19, 2010 at 8:45 AM  

baru tau klo ada kampung jacky chan :D

info berita terbaru August 19, 2010 at 8:46 AM  

kapan ya bisa mampir kesana :D
pengen tahu juga neh sob

Ibnu Hasyim August 23, 2010 at 7:22 PM  

Menarik Blog tuan.. Boleh dijadikan sumber rujukan sejarah Aceh. Tahniah.as-salamu 'alaikum.

Ibnu Hasyim.com (Malaysia).

search sites August 28, 2010 at 5:21 PM  

Then, it will be a much bigger disaster....Imagine Banda Aceh, Medan, Penang, Langkawi, Phuket could really be distroyed. Kuala Lumpur can be damaged as well while Bangkok and Singapore will probably feel a much stronger tremor....Just can't imagine....and let's hope it won't happen.

advertising company August 30, 2010 at 6:28 PM  

The next day we are the best of friend and using "Lastik" to shoot stones at anything stationery & moving.Then we go to the "Benteng" or dam at the river mouth to catch crab....

search sites September 1, 2010 at 12:02 PM  

He is my favorite player all-time, and i have seen that work ethic first hand when i went to one of the Timberwolves practices a few years back, the man never rest

baby shower September 1, 2010 at 5:40 PM  

Do blogger need knowledge in html codes to make his blog popular?

Website designer lucknow October 5, 2010 at 6:49 PM  

It is really a nice post with have nice sharing with have a good topic.I think it is really a great thought.

tikno October 16, 2010 at 2:47 AM  

Artikel yang Anda tulis sebagian besar menarik. Tapi sayang blognya sudah lama sekali nggak di update.

seo company Newcastle October 23, 2010 at 8:02 PM  

Hi,
this post is really nice with have good collection of nice info & photos.

Liposuction October 28, 2010 at 1:22 AM  

It is really a ultimate thought with have a good sharing.I think it is a nice post on this topic.Keep it up this great thought.

M Sena November 1, 2010 at 9:18 PM  

Saya salut dengan rakyat aceh. kapan ya propinsi lain bisa sekompak aceh. Kunjungi :www.islam-waylife.blogspot.com.isinya mencerdaskan dan mencerahkan.

Hair Loss Treatment November 3, 2010 at 9:23 PM  

What an amazing content is this and surely it makes realize each and everyone who read this. Thanks for providing so fantastic and sweet suggestions ....i really appreciate it.

baby shower November 10, 2010 at 10:37 AM  

The next day we are the best of friend and using "Lastik" to shoot stones at anything stationery & moving.

let's share together November 12, 2010 at 12:13 PM  

jackie chan i like this person.
ACEH semoga segera melupakan tragedi tsunami.
:)

seo services company November 13, 2010 at 7:28 PM  

Thanks for such a nice info with us...

website design gurgaon December 17, 2010 at 11:16 PM  

What an amazing content is this and surely it makes realize each and everyone who read this. Thanks for providing so fantastic and sweet suggestions ....i really appreciate it.

Unknown December 19, 2010 at 10:05 PM  

pat gampong di aceh cut bang

website designer kanpur December 21, 2010 at 7:57 PM  

I can't believe these nice collection of images & info....

anjieya December 24, 2010 at 9:53 AM  

Keren...baru tau ttg kampung Jacky di Aceh. Jadi pengen ke Aceh nih..

Kumpulan Hot Threads Kaskus December 29, 2010 at 2:57 PM  

saya suka jackie chan.
i love jackie chan :*

pulsa murah January 7, 2011 at 7:59 PM  

sekiranya perkampungan seperti ini tidak hanya di aceh,kayaknya bagus juga,bisa lebih mencerminkan persaudaraan dari berbagai etnis

jally gamat January 14, 2011 at 1:56 PM  

wes baru tau aku tentang kampung jacky chan di aceh,,,
terima kasih gan buat infonya

Virtual Forest January 21, 2011 at 1:50 PM  

Ahha ....... Berarti sekarang bisa kungfu dong masyarakat yang tinggal di teritorial itu ;)

p90x February 2, 2011 at 5:12 AM  

Thanks for sharing this with us. Jacky Chan is great in the new movie Karate Kid.

- Robert

Sugianto February 2, 2011 at 1:00 PM  

luar bisa dahsyat negeriku indonesia..

Bankruptcy February 19, 2011 at 6:28 AM  

wah kalo ke aceh bisa mampir kesana ne, liat2 kampungnya jacky chan

naratif.blogspot.com February 22, 2011 at 1:14 PM  

Mantap that nyan bg.
Watee tadong di ateuh leumah pemandangan laut, cukuop that indah.
saleum meuturi.

immigration February 23, 2011 at 7:10 AM  

ternyata ada di aceh kampunya yang mirip kampungnya jacky chan

Watch Mad Men February 25, 2011 at 7:39 AM  

Waah baru tahu ane,, ternyata ada juga ya..!
kapan2 ane akan berwisata kesana

salman February 26, 2011 at 9:22 PM  

mudah-mudahan aceh ini lebih baik dari pada yang lalu..
dengan musibah yang menimpa aceh 2004 semoga orang aceh bisa mengambil hikmah...
kesimpulan kita selalu berdekatkan kepada Allah..

SEO copywriting March 2, 2011 at 8:12 PM  

Informasi bagus, desain yang berharga dan sangat baik, sebagai bahan berbagi yang baik dengan ide-ide yang baik dan konsep, banyak informasi yang besar dan inspirasi, baik dari yang kita semua butuhkan, terima kasih untuk semua antusiasme untuk menawarkan informasi bermanfaat seperti itu di sini.

Anonymous,  March 4, 2011 at 9:59 AM  

br tau saya.. hehe

Business School March 10, 2011 at 3:02 PM  

I have find here a good collection of nice images with a amazing shot...

website designer kanpur March 12, 2011 at 1:07 AM  

We wants more new collection of new topic....

Watch Mad Men Online March 16, 2011 at 10:18 PM  

Punya kampung juga yach jacki chan, baru tau ane

luxury property rentals March 21, 2011 at 6:23 PM  

Jeg er også en stor fan af Jacky Chan og for det meste set alle film af hans.

Anonymous,  April 14, 2011 at 1:05 PM  

Bener-bener sama semua rumah disini dan pemandangannya bener-bener kereeeeen kalo liat ke pantai :) *what amazing word???

happy blogging :)

Toyin O. May 4, 2011 at 5:11 AM  

These are ncie pictures, I love Jackie's chan movies.

Vacation Rental Cannes May 20, 2011 at 5:38 PM  

I have never thought that surfing online can be so much beneficial and having found your blog,I feel happy.I write my short comment on this article . It is awesome. The information in this post is very useful and it is a mind blowing article.

jual kebun sengon May 24, 2011 at 9:43 AM  

Mampir nich ...
menarik sekali blog anda, dan saya sangat suka..
Salam....
oh ya ada sedikit info nich tentang jasa ekspedisi . Semoga bermanfaat...

Ezy-bid May 29, 2011 at 5:16 PM  

Wow, really helpful, this is very inspirational. Thank you for your superb post.

restoran seafood June 1, 2011 at 10:33 AM  

baru denger tuh ada Kampung Jacky Chan

free credit report annual June 2, 2011 at 8:00 PM  

Aku sama benar saya secara profesional dengan rekan kerja saya karena saya keras dengan teman sekamar saya di rumah, tapi satu "sisi" dari saya adalah lebih tepat dalam situasi tertentu daripada kebutuhan another.That untuk memoles lebih dan keras.

free credit report annual June 3, 2011 at 1:18 PM  

I am a big fan of jackey chan. Mostly i watched all the movie of him.

Fotografi Matrimonio June 19, 2011 at 2:21 AM  

Thank you for your great post! It has been very insightful. I hope that you will continue sharing your knowledge with us.

pawan tekchandani June 27, 2011 at 1:10 PM  

I have never thought That surfing online can be so much beneficial and having found your blog, I feel my happy.I write short comment on this article.Your site is awesome for all people. knowledge area on web.
i would like to comment on your blog.

pawan tekchandani July 5, 2011 at 3:46 PM  

That's nice post, such a useful for me.

Website Developer India July 7, 2011 at 3:40 PM  

Wow, really helpful, Thank you for your superb post.

Universitas Islam Indonesia July 15, 2011 at 10:35 AM  

Artikel yang menarik..
Salam dari sahabat di Jogja...^_^

Universitas Islam Indonesia
http://uii.ac.id/
Universitas Swasta Terbaik di Yogyakarta

facebook marketing July 19, 2011 at 7:38 PM  

I have to keep up with it, or the roots (remember my ‘natural’ color is very, very dark brown) look horrible after only a few weeks.

Medicine Of Herbal August 7, 2011 at 11:54 AM  

wew..
sumpah baru tau...
thx buad infonya gan...

http://medicineofherbal.com/

Kang Salman August 16, 2011 at 7:26 AM  

Sama saya juga baru tau..

Suggguh aneh tapi nyata ternyata ada juga ya musium macam ini. keren gan.
oh ya

Metode Bisnis Online Memberikan Bukti Nyata
lalu ini trik untuk Mempercepat Loading Blog bagi teman-teman ternyata tempe itu bergizi loj, coba lihat khasiat tempe berikut.

Follow Us
cara memutihkan kulit | jasa pembuatan blog

indian suppliers August 16, 2011 at 6:40 PM  

Yah Jackie Chan adalah bintang super Besar, im Senang melihat ini Desa Indah, yang terletak di perbukitan Desa Neuheun, Masjid Raya ..
terima kasih untuk meng-upload itu.

SUPER BOWL HOTELS August 23, 2011 at 12:42 AM  

Easily, the publish is really the greatest on this laudable topic. I concur with your conclusions and will thirstily look forward to your future updates. Saying thanks will not just be sufficient, for the fantastic lucidity in your writing. I will instantly grab your rss feed to stay privy of any updates.

eCommerce Solution October 10, 2011 at 6:31 PM  

It's time for all the countries on earth to unite. With all the adversities, it's right that we offer friendship to everyone.

Nature-Pills October 11, 2011 at 5:09 PM  

wow...
keren banget indonesia

Starting a New Business October 25, 2011 at 5:17 PM  

A check from the Aceh authorities show that Jackie Chan did indeed build the village but they would not allow a village to be named after any individual, hence the name of the country.

Web Designer India January 12, 2012 at 2:02 PM  

Very pleased to find this site. I wanted to thank you for this great read!!

Anonymous,  January 22, 2012 at 5:46 PM  

lagu aceh terbaru

cekidot

http://youtu.be/wlAmqxsyTXE

keris pusaka February 8, 2012 at 11:14 PM  

menarik sekali untuk di kunjungi..kapan yah bisa main kesana??

Kucoba.com Tempat Add Bookmark March 26, 2012 at 12:16 AM  

Wah baru tau nih ceritanya kalo di Aceh ternyata ada Pecinan alias China Town juga ! Padahal salah satu saudara ipar saya juga dari Aceh Tengah (Takengon) tuh.. Info menarik, trims

daster hamil August 27, 2012 at 9:46 PM  

xie xie jacky chan , kebaikan dari siapapun layak untuk kita hargai .

Unknown September 12, 2012 at 2:16 PM  

hayeu that info droen peugoet, loet tuan salut that..

Dwi Pragasa Ananda November 2, 2012 at 2:24 AM  

Mantapp


http://sidetek.blogspot.com/

Kondominium Lippo Carita November 21, 2012 at 8:19 PM  

Kalo jacky chan nya ikut pindah ke aceh pasti seru hehehe

Obat Herbal Torch February 6, 2013 at 2:43 PM  

oh gitu yia ,,,makasih buat informasinya,..

Anonymous,  April 17, 2013 at 4:47 AM  

Hello Dear, are you truly visiting this website
daily, if so after that you will without doubt take nice knowledge.


My web blog; mobile porn 3g

old kps1 July 8, 2013 at 4:58 PM  

info yang keren gaan,,
salam kenal yaa,,,, :)

ramdan July 8, 2013 at 5:00 PM  

makasih ya udah share..sangat bermanfaat

kulit belang July 8, 2013 at 5:01 PM  

artikel yang bagus kawan, semoga bermanfaat bagi yang baca.

ogb kps2 July 8, 2013 at 5:03 PM  

artikelnya oke gaan........??? mantaaaaappppp........

amar July 8, 2013 at 5:05 PM  

makasih sob telah berbagi, artikelnya keren

otam July 8, 2013 at 5:06 PM  

makasih banyak atas infonya, sangat brmnfaat skali..

smk n btkl July 12, 2013 at 2:17 PM  

makasih gan atas informasinya semoga bermanfaat buat kita semua salam kenal aja dari aku

vita July 12, 2013 at 2:20 PM  

apa benar tuh gan jecky chan orang aceh ???

cepi xtm btkl July 24, 2013 at 9:47 AM  

ma'ap nih gan baru mampir, biasa sibuk juga ,,,

raka July 24, 2013 at 10:01 AM  

terimakasih banyak sob buat informasinya semoga bermanfaat buat kita semua salam kenal aja dari aku

airlangga July 31, 2013 at 8:29 AM  

Selallu ada harapan dan kesempatan, untuk kita yang mau berusaha

masserano July 31, 2013 at 8:34 AM  

terimakasih atas sharenya, beginilah indahnya saling berbagi satu sama lain

iniesta July 31, 2013 at 8:36 AM  

Thank you so much for the very useful information for me

BTPN August 1, 2013 at 1:31 PM  

berbagai Kata Kata Mutiara cepi gan
Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan.

semoga bermanfaat dan di terima yah :D

Filter Air October 4, 2013 at 3:14 PM  

hebat juga jacky chan punya kampung di aceh

Filter Air October 4, 2013 at 3:17 PM  

iya juga sihhh uang bicara

Filter Penjernih Air October 4, 2013 at 3:18 PM  

jangan kaget dia kan artis terkenal mungkin di setiap negara ada kaliii

Jual Filter Air October 4, 2013 at 3:19 PM  

artis udah lapuk sekarang wkwkwk, becanda shop jangan marahh

cara terbaik menyembuhkan osteoarthritis October 24, 2013 at 1:21 PM  

wah bagus banget yah , trimakasih atas informasinya

Unknown December 9, 2013 at 10:01 AM  

keren sekali Jacky Chan,,, sangat care dengan kesusahan kita

agen pabx panasonic January 12, 2014 at 8:40 PM  

terima om jacky chan,,semoga rejekinya semkain bertambah banyak ya..

genset January 12, 2014 at 8:42 PM  

semoga damai selalu menyertai bumi aceh,,terima kasih untuk anda bung jacky chan

obat herbal asam urat January 20, 2014 at 2:00 PM  

selamat siang , terima kasih atas infonya

Unknown August 23, 2014 at 6:02 PM  

We are the World's Largest Online Football Agent and Trusted. The transaction process is safe, fast and comfortable is our commitment to make our loyal customers even more pleased to recommend our services to their fellow colleagues. Agen Bola Casino Poker Togel Online Terpercaya | Agen Casino Online

obat alergi October 6, 2014 at 3:59 PM  

visit the website selling herbal medicines for all kinds of diseases. thank you

Pengobatan Cacar Air Untuk Anak November 3, 2014 at 3:08 PM  

terimakasih untuk informasi yang menarik :)

Web Development January 8, 2015 at 2:27 PM  

Amazing blog and very interesting stuff you got here! I definitely learned a lot from reading through some of your earlier posts as well and decided to drop a comment on this one!

Cara Mengatasi Kloset Mampet December 17, 2015 at 11:23 AM  

terimakasih gan info nya sangat menarik
terus di update info menarik lain nya

pak muliadi February 16, 2016 at 12:43 AM  

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

satriashop August 7, 2016 at 8:59 PM  

Pengen juga nih berkunjung ke kampung jacky chan. http://reviewklgasli.blogspot.co.id/2016/08/obat-klg-di-aceh.html

Anonymous,  September 2, 2016 at 6:44 PM  

VipMandiriQQ menghadirkan minimal deposit dan withdraw yang sangat rendah loh
minimal deposit Rp15.000
Minimal Withdraw Rp15.000

Kami juga Menyediakan Promo Menarik
Bonus Refferal 10% + 10%
Bonus CashBack 0.3% - 0.5%

dan juga tersedia 2 game menarik lainya :
*Sabung ayam
*Fishing Hunter

Mari di add Pin BBM kami : 2BE55E80

Jennifer Kwenda July 28, 2018 at 4:25 AM  

Serunya main game online yang bisa memberikan hadiah jutaan rupiah disetiap harinya hanya di GADISPOKER
untuk info lebih lanjut silakan hubungi
-LIVE CHAT : www,gadispkr,net
-PIN BBM : D8C893A4
-WHATSAPP +855966624192

KEPUASAN ANDA ADALAH KEBANGGAAN KAMI..!!!
GADISPOKER

gadispoker

Post a Comment

“sekadar meluah rasa, melepas hasrat, melerai ragu. Andai sepi coretan ini, kesepianlah yang sedang bersarang di jiwa.Andai riang coretan ini,kerianganlah yan sedang bertakhta dihati. Mengikut rentak hidupku,musafir dibumi Ilahi. Semoga rahmat-Nya sentiasa memayungi kita bersama”.

Bila artikel ini bermamfaat , tinggalkan komentar kawan

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008 Aceh Blogging

Back to TOP