Wednesday, September 17, 2008

BUAH NANGKA TAK BERKULIT ... di Mekarsari - Bogor



Buah nangka tanpa kulit, belum lama ini hadir di lokasi wisata Taman Buah Mekarsari, Bogor, Jawa Barat. Pohonnya tak berbeda dengan pohon nangka pada umumnya. Jenis nangka ini lebih populer disebut naked jackfruit. Keberadaannya menjadi andalan di lokasi wisata tersebut.

Nangka tanpa kulit sebenarnya amat terkenal di berbagai negara, terutama India. Buah ini pertama kali ditemukan di Bekasi Utara oleh seorang warga bernama Ihsan. Pihak Mekarsari kemudian meneliti nangka tersebut. Dilaporkan jenis nangka tak berkulit itu telah tersebar di sejumlah kota, yakni Pontianak, Kalimantan Barat, dan Bogor serta Cirebon, Jabar.

Salah satu pengunjung asal Tangerang, Purwaningsih, mengatakan sengaja mengunjungi Mekarsari demi menyaksikan bentuk nangka tanpa kulit. Namun, hingga saat ini belum diketahui kualitas rasa buah dari pohon silangan naked jackfruit dan nangka biasa. Manajemen Mekarsari, Catherina Day, mengatakan pohon silangan itu akan terus diperbanyak.

Rencananya, jika buah nangka tanpa kulit sudah matang akan diuji rasa dan khasiatnya. Jika terbukti memiliki rasa yang lebih enak dan bergizi tinggi, pihak Mekarsari akan terus membudidayakan tanaman yang tergolong langka itu.

Sumber : IKA/Budi Santoso Liputan 6 hari ini

Related Posts by Categories



4 comments:

Anonymous,  September 20, 2008 at 12:02 AM  

Oma gawat that lagoe...

Anonymous,  October 3, 2010 at 8:20 AM  

ih aneh banget gambarnya

Post a Comment

“sekadar meluah rasa, melepas hasrat, melerai ragu. Andai sepi coretan ini, kesepianlah yang sedang bersarang di jiwa.Andai riang coretan ini,kerianganlah yan sedang bertakhta dihati. Mengikut rentak hidupku,musafir dibumi Ilahi. Semoga rahmat-Nya sentiasa memayungi kita bersama”.

Bila artikel ini bermamfaat , tinggalkan komentar kawan

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008 Aceh Blogging

Back to TOP