Monday, September 15, 2008

BEBERAPA SITUS INTERNET DI BLOK DI INGGRIS...untuk mencegah remaja bunuh diri

Pemerintah Inggris berupaya untuk memblok sejumlah situs yang dianggap mendorong para remaja Inggris bunuh diri.


Ada orang yang bunuh diri dan menyiarkannya lewat intenet

Walaupun tidak ada yang memastikan apakah memang ada kaitan langsung, atau hubungan sebab akibat antara situs internet dengan bunuh diri.

Bagaimanapun Direktorat Kehakiman Inggris yakin bahwa perlu diambil sebuah langkah untuk menghentikan gelombang bunuh diri remaja Inggris.

Tapi apa memang tinggi aksi bunuh diri di kalangan remaja Inggris? Jika dibandingkan dengan di Jepang, mungkin tidaklah tinggi. Bagaimanapun angka sejauh ini telah mengejutkan masyarakat Inggris, lembaga sosial, dan juga politisi.

Di Bridgbend, Inggris Barat, sudah 17 remaja yang bunuh diri sejak Januari 2007. Itu hanya di satu daerah saja, dan sampai sekarang masih menjadi misteri apa yang sebenarnya membuat para remaja itu seperti terjangkit trend bunuh diri.

Karena internet?


Apakah penyebab bunuh diri ini internet? Pertanyaan ini jelas susah dijawab.

Harian The Independent yang memberitakan upaya pemerintah ini mengutip sebuah lembaga sosial yang menduga internet berperan penting dalam kematian sebagian besar bunuh diri di kalangan remaha Inggris.


17 remaja Bridgend, Wales, bunuh diri sejak Januari 2007

Lembaga sosial yang membantu orang-orang yang putus asa, Samaritan dan Childline, memperkirakan sekitar 30 bunuh diri di Inggris berkaitan dengan situs internet.

Tapi bagaimana kaitannya?

Yang dituding adalah situs sosial yang menjadi ajang komunikasi dari banyak orang di berbagai belahan dunia.

Lewat situs itulah dipajang rincian bagaimana caranya melakukan bunuh diri atau seseorang didorong-dorong untuk bunuh diri.

Dalam satu kasus, seorang pria --yang bukan remaja-- bahkan merekam dirinya sendiri ketika sedang bunuh diri dengan sorak sorai mendukung oleh para pengguna internet lain.


Perlu perlindungan


Di Jepang, yang mencatat puncak bunuh diri pada tahun 2005 dengan 91 kematian, orang masih ingat satu kasus bunuh diri yang melibatkan 6 orang.

Tiga pria dan tiga perempuan yang berkenalan lewat internet kemudian sepakat untuk bunuh diri bersama dengan menghirup C02.


Ada orang-orang yang butuh perlindungan dari pengaruh internet

Mereka masuk ke dalam mobil, menutup pintu dan jendela, lantas membakar arang di dalam mobil. Diduga rencana itu bahas terlebih dahulu di internet.

Tanpa internet, diasumsikan, jalin menjalin komunikasi mereka tidak akan bereskalasi dengan demikian cepat sampai mengambil keputusan; bunuh diri bersama.

Di Inggris sebenarnya jumlah bunuh diri menurun, dengan proporsi 8,3 bunuh diri per 100.000 orang pada Tahun 2005 hingga 2007, dari proporsi 8,5 sebelumnya.

Targetnya pada tahun 2009 hingga 2011 adalah menjadi 7,3 bunuh diri per 100.000 orang.

Dan salah satu caranya adalah mengendalikan agar orang tidak sampai merasa disemangati untuk bunuh diri lewat internet dengan pengawasan secara teratur terhadap isi komunikasi di situs-situs sosial.

Tapi, seperti kata sebuah sumber di Direktorat Kehakiman Inggris, langkah itu masih amat awal.

Jelas pula tak semua orang mempunyai kepribadian yang demikian mudahnya untuk dipengaruhi agar melakukan bunuh diri, namun di dunia modern ini, kata sumber tersebut, ada saja orang-orang yang perlu dilindungi secara khusus dari internet.


Liston P. Siregar-BBC

Related Posts by Categories



0 comments:

Post a Comment

“sekadar meluah rasa, melepas hasrat, melerai ragu. Andai sepi coretan ini, kesepianlah yang sedang bersarang di jiwa.Andai riang coretan ini,kerianganlah yan sedang bertakhta dihati. Mengikut rentak hidupku,musafir dibumi Ilahi. Semoga rahmat-Nya sentiasa memayungi kita bersama”.

Bila artikel ini bermamfaat , tinggalkan komentar kawan

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008 Aceh Blogging

Back to TOP