Sunday, September 14, 2008

AFFILIATE PROGRAM

Affiliate program atau dengan kata lain program afiliasi merupakan suatu bentuk kerjasama dimana kita sebagai pemilik halaman web atau blog selaku penghubung atau reseller antara pemilik program dengan pembeli/customer/klien akan mendapatkan komisi seandainya terjadi transaksi yang dilakukan melalui web atau blog afiliasi kita.

Progarm afiliasi ini cukup direkomendasikan sebagai awal pembelajaran didunia bisnis online dan sangat cocok bagi kita yang baru mengenal bisnis online. Kemudahan-kemudahan dari program afiliasi diantaranya adalah :
1. Tidak ada biaya produksi, karena yang dijual adalah produk orang lain. Anda hanya sebagai penghubung atau reseller.
2. Dapat dikerjakan kapanpun, dan dimanapun anda berada. Tidak terikat waktu dan tempat asalkan ada akses internet.
3. Potensi penghasilan cukup besar dan tidak terbatas. Jika anda melakukannya dengan konsisten, dan pantang menyerah.
4. Anda dapat belajar banyak dari Program Affiliate apa saja produk yang dapat dijual dan bagaimana cara menjual yang efektif.

Ada beberapa tipe Affiliate Program yang bias kita ikuti, masing-masing tipe mempunyai cara kerja tersendiri. Tapi basicnya sama, yakni "Komisi".

1. Pay-Per-Sale, sesuai dengan namanya kita akan mendapatkan komisi sesuai dengan jumlah produk atau layanan yang berhasil kita jual melalui "link khusus" atau "affliate link" kita.

Contoh pertama : Formula bisnis



Komisi Pay-Per-Sale cukup besar, sekitar 50-75% untuk setiap penjualan bahkan bisa lebih, hmm.. lumayan kan.

Contoh kedua :Amazone

Pay-Per-Sale dibagi kedalam 2 program yaitu :
a. Lifetime commission affiliate program, sesuai dengan namanya adalah penghasilan affiliate program anda untuk seumur hidup. Artinya Affiliate Merchant mempunyai suatu "sistem yang sangat pintar" untuk melacak setiap pelanggan atau prospek yang kembali membeli produk/jasa melalui affiliate link yang pertama kali mengenalkan si pelanggan tadi ke Affiliate Merchant.
b. Recurring Affiliate Program, biasanya ini dari merchant produk/jasa yang sifatnya langganan bulanan. Seperti keanggotaan suatu situs, web hosting. Persentase komisi yang didapat memang tidak terlalu besar, tapi continue setiap bulannya selama pelanggan masih berlangganan

2. Pay-Per-Lead, kita akan mendapatkan komisi untuk setiap orang (lead)yang mengisi form (isian), survey, atau sign-up terhadap layanan yang diberikan.

Contoh :goaio.com

3.Two-Tier programPerusahaan akan memberikan komisi dari penjualan langsung dan dari penjualan yang diihasilkan dari afliasi anda rekrut.

Contoh : sitesell.com

4.Bounty Perusahaan akan membayar hadiah ( bounty ) kepada anda sekali setelah pengunjung digiring kesitus perusahaan pengiklan atau pemilik program.namun apabila pengunjung tersebut membeli langsung secara langsung dari situs merchant (perusahaan pengiklan/pemilik program) anda tidak mendapatkan apa-apa.

5. Pay-Per-Click ( PPC ), kita akan mendapatkan komisi sesuai dengan jumlah klik terhadap link refferal yang diberikan oleh merchant kepada kita.

Dan masih banyak lain lagi seperti Cost per visit (CPV), Cos Per Clik (CPC) Ddan Cost per thousand impressions ( CPM )anda tinggal memilih afliasi yang cocok dengan katagori atau situs blog atau web anda.

Related Posts by Categories



4 comments:

Ridho September 14, 2008 at 2:43 PM  

Bener mas, mendingan kalo buat yg masih newbie ikut affiliasi aja dulu , biar gak rugi.

alamat blog saya yg ini ya:

http://masridho.com

Jetty September 14, 2008 at 8:14 PM  

Info yang menarik, tapi saat ini saya belum tertarik melakukan Affiliate.

Baka Kelana September 15, 2008 at 12:50 PM  

Saya juga masih newbie Mas Ridho,jadi coba-coba nulis posting,saya baru iktu formula bisnis ama langkah baru yang lain lagi mikir2.
Thanks dach mampir
Ntar saya masih mampir ketempat anda

Baka Kelana September 15, 2008 at 12:51 PM  

Terima kasih atas commentnya Tgk Rangkeum,saya juga lagi coba-coba

Post a Comment

“sekadar meluah rasa, melepas hasrat, melerai ragu. Andai sepi coretan ini, kesepianlah yang sedang bersarang di jiwa.Andai riang coretan ini,kerianganlah yan sedang bertakhta dihati. Mengikut rentak hidupku,musafir dibumi Ilahi. Semoga rahmat-Nya sentiasa memayungi kita bersama”.

Bila artikel ini bermamfaat , tinggalkan komentar kawan

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008 Aceh Blogging

Back to TOP